Beranda > Artikel > Ketahui Manfaat Wortel untuk Kesuburan Pria

Ketahui Manfaat Wortel untuk Kesuburan Pria

Manfaat mengonsumsi sayuran

Sayuran adalah semua bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan mulai dari daun, akar, buah ataupun biji-bijian. Karena sayuran memiliki kalori yang rendah, banyak ahli menyarankan untuk mengonsumsi sayur-sayuran setiap hari dalam jumlah tertentu. Selain itu berikut ini manfaat-manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi sayur-sayuran secara teratur, yaitu:

  1. Meningkatkan fungsi saluran cerna

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa serat membantu saluran cerna kita untuk menyerap berbagai vitamin dan mineral, sehingga tubuh dapat memanfaatkan nya secara maksimal.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Sayuran memiliki kadar mineral yang tinggi, salah satunya adalah kadar kalium. Kalium mampu mengontrol tekanan darah pada manusia.

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Sayuran memiliki kandungan nutrisi yang mampu mencegah terjadinya penumpukan plak dalam pembuluh darah. Plak ini berisiko menjadi penyakit jantung atau penyakit pembuluh darah lain nya. Konsumsi sayuran secara rutin mampu mencegah terjadinya penyakit tersebut dengan memanfaatkan mineral yang dikandungnya.

  1. Mengontrol kadar gula darah

Sayuran memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga setelah makan, kadar gula tidak segera melonjak naik.

 

Anjuran Mengonsumsi Sayuran

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) memberikan anjuran untuk mengonsumsi sebanyak sekitar 400 gram atau sekitar lima porsi sayuran disertai dengan buah-buahan, mampu membantu menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit kronis. Agar tidak mudah bosan, WHO memberikan kisi-kisi berupa:

  • Konsumsi sayuran setiap kali makan
  • Konsumsi sayur-sayuran sebagai camilan
  • Variasi kan sayur-sayuran yang dikonsumsi

 

Khasiat wortel untuk kesuburan pria

Infertilitas pada pria terjadi dikarenakan kematian sperma-sperma akibat paparan kepada oksigen bebas dan adanya senyawa atau zat yang merusak dalam jangka panjang. Konsumsi rokok menjadi salah satu faktor risiko seseorang pria mengalami kemandulan atau infertilitas karena rokok menghasilkan oksigen bebas. Lalu apakah dampak yang ditimbulkan dari paparan oksigen bebas itu? Pergerakan (motilitas) sperma akan menjadi rendah, selain itu juga disertai dengan penurunan jumlah sperma yang dihasilkan.

Wortel memiliki kandungan senyawa karotenoid atau beta karoten yang kaya akan manfaat. Warna cerah yang dimiliki wortel juga berasal dari senyawa ini. Salah satu fungsi karotenoid adalah meningkatkan kualitas dan motilitas sperma. Peneliti menemukan bahwa motilitas sperma meningkat hingga 6,5% sampai 8%. Pada penelitian lain, wortel memiliki senyawa antioksidan yang dapat menangkal berbagai macam kerusakan yang dihasilkan oleh radikal bebas. Antioksidan yang dimiliki dapat menjaga kesehatan sperma pria.

Dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2012, konsumsi antioksidan memberikan efek yang positif dalam mejaga kualitas semen. Sperma yang dimiliki pria sangat rentan rusak oleh karena paparan terhadap oksigen bebas. Penelitian ini mengatakan konsumsi makanan yang mengandung antioksidan secara teratur juga terbukti mampu meningkatkan jumlah semen yang nantinya akan berdampak pada jumlah sperma yang dimiliki oleh seorang pria. 

Bagi seorang pria mengonsumsi sayur-sayuran mampu memberikan perlindungan dan meningkatkan kualitas dari sperma yang dimilikinya. Wortel menjadi salah satu contoh sayuran yang kaya akan antioksidan karena kandungan beta karoten yang tinggi, sehingga mampu membantu menjaga agar seorang pria memiliki konsentrasi sperma yang tinggi dan meningkatkan pergerakan nya. Agar memperoleh hasil yang sesuai, maka disarankan sambil berdiskusi dengan dokter atau para ahli, sehingga Anda mendapatkan masukkan.        

 

Referensi:

  • Health benefits of vegetables. Diakses pada: 2021, April 13 dari: webmd.com/diet/health-benefits-vegetables#1
  • Healthy diet. Diakses pada: 2021, April 13 dari: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/healthy-diet
  • Marengo K. 8 penis-friendly foods to boost T-levels, sperm count, and more. Diakses pada: 13 April 2021. Dari: https://www.healthline.com/health/mens-health/foods-for-penis
  • Nouri, M, Khaki A, Azar F.F, Rashidi M-R. The protective effects of carrot seed extract on spermatogenesis and cauda epididymal sperm reserves in gentamicin treated rats. (2009). Tabriz University of Medical Tabriz, Iran.
  • Piotr Z, et al. Semen quality in relation to antioxidant intake in a healthy male population. (October 02, 2013). Diakses dari: https://www.fertstert.org/article/S0015-0282(13)02998-1/fulltext. DOI: https://doi.org/10.1016/j.fertnstert.2013.08.032
  • Lidia M-A, et al. Dietary intake of antioxidant nutrients is associated with semen quality in young university students. (29 June 2012). Human Reproduction, Volume 27, Issue 9, September 2012, Pages 2807–2814 Diakses dari: https://academic.oup.com/humrep/article/27/9/2807/628667. DOI: https://doi.org/10.1093/humrep/des247

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :