Beranda > Artikel > Ketahui Manfaat Wortel untuk Kesuburan Wanita

Ketahui Manfaat Wortel untuk Kesuburan Wanita

Manfaat mengonsumsi sayuran

Nutrisi yang baik memberikan manfaat yang baik, yaitu menjaga keseimbangan tubuh sehingga tubuh dapat bekerja secara optimal. Salah satu jenis makanan yang disarankan untuk menjaga tubuh adalah sayuran. Sayuran adalah semua bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan mulai dari daun, akar, buah ataupun biji-bijian. Karena sayuran memiliki kalori yang rendah, banyak ahli menyarankan untuk mengonsumsi sayur-sayuran setiap hari dalam jumlah tertentu. Selain itu berikut ini manfaat-manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi sayur-sayuran secara teratur, yaitu:

  1. Meningkatkan fungsi saluran cerna

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa serat membantu saluran cerna kita untuk menyerap berbagai vitamin dan mineral, sehingga tubuh dapat memanfaatkan nya secara maksimal.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Sayuran memiliki kadar mineral yang tinggi, salah satunya adalah kadar kalium. Kalium mampu mengontrol tekanan darah pada manusia.

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Sayuran memiliki kandungan nutrisi yang mampu mencegah terjadinya penumpukan plak dalam pembuluh darah. Plak ini berisiko menjadi penyakit jantung atau penyakit pembuluh darah lain nya. Konsumsi sayuran secara rutin mampu mencegah terjadinya penyakit tersebut dengan memanfaatkan mineral yang dikandungnya.

  1. Mengontrol kadar gula darah

Sayuran memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga setelah makan, kadar gula tidak segera melonjak naik.

 

Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat popular. Dalam Bahasa Latin wortel disebut Daucus carota. Sayuran yang berwarna cerah ini bisa diolah menjadi berbagai olahan masakan dan jus. Wortel memiliki rasa manis, tetapi tahukah Anda apa saja kandungan yang dimiliki oleh wortel? Inilah kandungan yang dimiliki oleh wortel:

  1. Kaya akan vitamin

Wortel memiliki kandungan beta karoten yang bisa berubah menjadi vitamin A yang mempunyai khasiat baik untuk kesehatan mata dan daya tahan tubuh. Selain itu wortel memiliki kandungan vitamin K yang berperan menjaga kesehatan tulang dan menjaga agar tubuh tidak mudah mengalami perdarahan.

  1. Antioksidan

Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh wortel bisa menjaga daya tahan tubuh sehingga terbebas dari bahaya radikal bebas dan berbagai penyakit. Komponen antioksidan yang dimaksud adalah beta karoten.

  1. Serat

Tahukah Anda bahwa serat memiliki khasiat luar biasa dalam menjaga tubuh Anda agar tidak terserang berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, kencing manis. Selain itu serat berperan dalam menjaga kesehatan usus besar serta melancarkan buang air besar.

  1. Rendah kalori

Sayuran memiliki jumlah kalori yang rendah sehingga dapat dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sesering mungkin. Rekomendasi dari banyak ahli bahwa konsumsi sayur-sayuran dilakukan sesering mungkin karena mempertimbangkan berbagai manfaat yang diperoleh.

 

Khasiat wortel untuk kesuburan wanita

Permasalahan kesuburan baik pada pria ataupun wanita merupakan suatu topik yang menarik dibahas. Apalagi di jaman yang semakin maju ini paparan terhadap oksigen bebas (radikal bebas) semakin berbahaya bagi kesehatan seseorang. Paparan radikal bebas juga berbahaya bagi kesuburan seorang wanita. Salah satu sayuran yang dapat menjaga kesuburan wanita adalah wortel. Seperti yang sudah disebutkan di atas, khasiat beta karoten yang dimiliki oleh wortel memiliki fungsi sebagai antioksidan. Dalam sebuah penelitian antioksidan berperan dalam mempercepat proses kehamilan. Beta karoten terbukti memiliki antioksidan yang poten. Beta karoten berperan dalam proses menjaga produksi sel-sel telur (ovum) pada wanita.

Di penelitian lain konsumsi harian makanan yang mengandung beta karoten terbukti meningkatkan produki sel-sel telur yang matang dan siap untuk dibuahi (Ovulasi). Selain itu beta karoten yang dimiliki wortel membantu dalam merangsang produksi hormon yang berperan dalam proses pematangan sel-sel telur sehingga di akhir terjadilah peningkatan kesuburan pada seorang wanita.

Konsumsi beta karoten berbeda-beda pada setiap orang, oleh karena itu tetap diperlukan konsultasi dengan para ahli agar mendapatkan keterangan dan rekomendasi yang lebih jelas dan didapatkan hasil yang diinginkan.

 

Referensi:

  • Health benefits of vegetables. Diakses pada: 2021, April 13 dari: webmd.com/diet/health-benefits-vegetables#1
  • Megan W. What are the health benefits of carrots? (2019). Diakses pada: 15 April 2021. Dari: https://www.medicalnewstoday.com/articles/270191
  • Adda B. Carrots 101: nutrition facts and health benefits (2019). Diakses pada: 15 April 2021. Dari: https://www.healthline.com/nutrition/foods/carrots
  • Elizabeth H.R, Terryl J.H., Richard H.R, Marlene B.G. Female dietary antioxidant intake and time to pregnancy among couples treated for unexplained infertility. Fertil Steril. 2014 Mar; 101(3): 759–766. DOI: 1016/j.fertnstert.2013.11.008
  • Cesar A.M., et al. Betacarotene supplementation increases ovulation rate without an increment in LH secretion in secretion in cyclic goats. Reproductive biology 13 (2013) 51 – 57

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :