Beranda > Artikel > Kutil Kelamin, Bahayakah?

Kutil Kelamin, Bahayakah?

kutil kelamin

Kutil kelamin adalah benjolan kecil di area kelamin dan anus yang timbul akibat infeksi HPV (human papillomavirus). HPV ini biasanya ditularkan melalui hubungan seksual baik secara vaginal, anal ataupun oral. Penggunaan alat bantu seks bersama juga dapat menjadi sarana penularan infeksi HPV. Terdapat lebih dari 180 jenis virus HPV dan perlu diketahui bahwa jenis virus HPV penyebab kutil kelamin berbeda dengan jenis virus HPV penyebab kanker. Virus HPV penyebab kutil kelamin ialah HPV tipe 6 dan 11 sedangkan virus HPV penyebab kanker ialah virus HPV risiko tinggi seperti tipe 16, 18, 31, 35.

Diagnosis kutil kelamin

Benjolan yang ditimbulkan penyakit kutil kelamin biasanya tidak disertai nyeri namun dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, gatal hingga berdarah saat berhubungan seksual. Untuk dapat mendiagnosis penyakit kutil kelamin, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan menanyakan gejala serta riwayat aktivitas seksual. Setelah itu dokter akan memastikan benjolan kutil yang ada pada kelamin. Apabila benjolan tidak terlihat secara kasat mata karena berada di dalam vagina atau anus, maka dokter akan melakukan pemeriksaan dalam menggunakan jari untuk mengetahui lokasi benjolan dalam vagina dan anus. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan lainnya seperti

Pap smear

Pemeriksaan pap smear dilakukan untuk memastikan tidak ada lesi prekanker yang timbul akibat infeksi virus HPV. Pemeriksaan ini mengambil sampel sel serviks untuk diperiksa di laboratorium.

Kolposkopi

Kolposkopi dilakukan untuk menilai keadaan serviks/mulut rahim sebagai tindak lanjut dari hasil pap smear yang tidak normal. Prosedur ini menggunakan kolposkop yang bentuknya seperti teropong bercahaya untuk melihat sel serviks. Apabila terdapat sel serviks yang terlihat tidak normal, maka akan dilakukan pengambilan jaringan untuk biopsi atau pemeriksaan lebih lanjut. 

Pemeriksaan DNA HPV

Pemeriksaan DNA dari virus HPV di sini bukan untuk mendiagnosis infeksi virus HPV risiko rendah namun untuk memastikan tidak adanya infeksi bersamaan dari virus HPV yang berisiko tinggi

Cara mengobati kutil kelamin

Kutil kelamin dapat hilang dengan sendirinya namun perlu diingat bahwa meski kutil kelamin hilang namun virus HPV tetap ada pada tubuh Anda dan Anda dapat menularkan pada orang lain. Banyak metode pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi kutil kelamin tergantung dari lokasi dan besar kutil. Oleh karena itu sebaiknya Anda perlu berdiskusi dengan dokter dengan cara booking dokter Anda di sini untuk menentukan mana solusi terbaik untuk Anda.

Beberapa pengobatan yang dapat dilakukan untuk kutil kelamin ialah

  • Pengolesan cairan yang menghancurkan jaringan kutil seperti podofilotoksin, TCA (trichloroacetic acid)
  • Pemberian krim untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi virus seperti krim imiquimod
  • Pembedahan biasanya diindikasikan untuk ukuran kutil kelamin yang besar. Pilihan prosedur pembedahan yang digunakan dapat berupa krioterapi, elektrokauterisasi, eksisi bedah, atau laser.

Jika anda memiliki gejala di atas, segera hubungi dokter spesialis kulit dan kelamin. Booking di Carevo segera, ya.

  1.  Yanofsky, V. R., Patel, R. V., & Goldenberg, G. (2012). Genital warts: a comprehensive review. The Journal of clinical and aesthetic dermatology, 5(6), 25–36.
  2. Dixit, R., Bhavsar, C., & Marfatia, Y. S. (2011). Laboratory diagnosis of human papillomavirus virus infection in female genital tract. Indian journal of sexually transmitted diseases and AIDS, 32(1), 50–52. https://doi.org/10.4103/0253-7184.81257
  3. Leslie, S.W., Sajjad, H., Kumar, S. (2020 August 8) Genital Warts. StatPearls. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK441884/

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :