Beranda > Artikel > Telemedicine: Solusi Fasilitas Kesehatan Masa Kini

Telemedicine: Solusi Fasilitas Kesehatan Masa Kini

layanan telemedicine

Layanan konsultasi dokter secara daring, atau biasa disebut dengan Telemedicine sudah marak ditemukan saat ini. Hal ini semakin lumrah untuk ditemui, mengingat demand pasar yang meningkat atas layanan tersebut. Terutama di era normal baru dengan pandemi yang sedang kita lalui saat ini. Keterbatasan ruang gerak memaksa kita untuk tetap di rumah maupun membatasi untuk berkunjung ke tempat-tempat publik jika tidak perlu. Lalu bagaimana cara menyiasati problematika ini?

Telemedicine Untuk Kemudahan Akses Pasien

Telemedicine adalah layanan kesehatan berbasis teknologi informasi yang memungkinkan pasien berkonsultasi dengan dokter tanpa bertemu langsung di rumah sakit. Kehadiran telemedicine bisa menjadi jawaban untuk kemudahan mengakses pelayanan kesehatan. Inovasi layanan kesehatan pada era internet tersebut membantu pasien memanfaatkan waktunya lebih efisien karena tidak harus datang ke rumah sakit atau failitas kesehatan untuk berkonsultasi.

Apalagi, di tengah pandemi corona yang belum mereda, para pasien sangat disarankan untuk tidak datang ke rumah sakit, kecuali ada kebutuhan mendesak atau keadaan darurat. Imbauan tersebut muncul untuk mencegah risiko penularan virus corona (Covid-19).

Di beberapa negara dunia, penggunaan teknologi telemdicine sudah dilakukan sejak lama. Namun di Indonesia, teknologi ini baru mulai umum digunakan dalam beberapa tahun terakhir. Dengan berubahnya pola kehidupan pada era digital, banyak sektor mengikuti perkembangan ini, termasuk kesehatan. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), telah memiliki divisi khusus yang berkaitan dengan bidang kesehatan digital.

Awalnya, pengobatan jarak jauh ini dilakukan dengan teknologi sederhana. Misalnya, perawat di fasilitas kesehatan daerah terpencil melakukan konsultasi dengan dokter di rumah sakit di sebuah kota besar melalui telepon atau SMS.

Contoh penggunaan telemedicine yang kini sedang marak di Indonesia adalah fitur chat langsung dengan dokter yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa dengan bebas berdiskusi langsung dengan dokter, kapan saja dan di mana saja mereka berada.

Contoh lainnya adalah dokter dapat memantau kadar gula darah harian pasien diabetes melitus tanpa harus berjumpa dengan pasien tersebut setiap hari.

Manfaat Telemedicine

Semua Pasien Memiliki Kesempatan yang Sama untuk Konsultasi

Sebelum era teknologi sudah maju seperti sekarang, orang yang tinggal di kota kecil atau terpencil lebih sulit untuk mendapatkan akses kesehatan. Setelah ada telemedicine, banyak negara telah menjadikan teknologi ini sebagai salah satu program kesehatan nasional.

Dengan demikian, warga yang tempat tinggalnya jauh dari fasilitas kesehatan dapat ditangani dengan baik dan cepat. Beberapa negara yang telah mempraktikkan hal ini selama puluhan tahun adalah Norwegia, Australia, Kanada, dan Jepang.

Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas

Sebagian besar puskesmas memiliki dokter umum dan perawat sebagai tenaga medis. Namun, kadang konsultasi dengan dokter spesialis tetap dibutuhkan pada kondisi penyakit tertentu. Dulu, pasien harus dirujuk ke kota besar untuk bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis.

Hal ini tentu memakan waktu dan biaya yang besar. Sekarang, kemajuan teknologi komunikasi dan informasi membuat konsultasi bisa dilakukan secara online dari puskesmas setempat. Pasien jadi bisa ditangani dengan lebih cepat dan lebih baik.

Pemantauan Penyakit Kronis Lebih Akurat

Penyakit kronis seperti diabetes melitus dan hipertensi masih menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Dengan memanfaatkan telemedicine, pengidap penyakit tersebut bisa dipantau dengan lebih intensif dan akurat.

Lalu, pemantauan gula darah dan tekanan darah tak hanya dilakukan saat pasien bertatap muka dengan dokter, melainkan dapat dipantau setiap harinya melalui aplikasi tertentu. Hal ini membuat penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi dapat dikendalikan dengan lebih baik.

Mengurangi Biaya Pelayanan Kesehatan

Secara jangka panjang, teknologi pengobatan jarak jauh dapat mengurangi biaya pelayanan kesehatan. Dengan ini, pasien bisa ditangani lebih cepat sehingga risiko komplikasi penyakit lebih rendah. Orang yang sakit tak perlu menempuh perjalanan jauh untuk bertemu dokter, dan biaya transportasi pun akan berkurang.

Telemedicine Adalah Jawaban Yang Tepat Untuk Faskes

Selain pasien dapat mengakses layanan faskes di rumah, layanan ini memiliki beberapa keunggulan lain, seperti:

  1. Memudahkan dokter untuk mengkategorisasikan pasien berdasarkan tingkat keparahan dan urgensi dalam penanganan secare medis;
  2. cost effective karena tidak membutuhkan modal yang banyak;
  3. Di luar layanan telemedicine, dokter hanya membutuhkan internet dan gadget untuk mengakses pasien dalam bentuk chat ataupun video call;
  4. Mengurangi resiko pemaparan COVID-19;
  5. Mudahnya akses pasien ke faskes meningkatkan kepuasan serta pengalaman pasien dalam faskes anda.
 

Carevo, paham kebutuhan faskes atas demand pasien terhadap layanan telemedicine, terutama di masa normal baru yang sedang kita lalui bersama.

Keunggulan Layanan Telemedicine Carevo:

  • Integrasi yang mudah dengan sistem yang sudah ada dari Rumah Sakit atau klinik;
  • Memiliki standar keamanan yang tinggi, mulai dari koneksi, hingga penyimpanan record yang terenkripsi dengan baik;
  • Terintegrasi dengan payment gateway yang langsung terhubung dengan rekening Rumah Sakit;
  • Memiliki fleksibilitas untuk menentukan jadwal dan limit waktu konsultasi per dokter, disertai dengan kualitas kompresi yang baik;
  • Meningkatkan produktivitas dokter dengan menerima informasi terkait gejala yang dirasakan pasien sebelum konsultasi
 

Free Trial Layanan Telemedicine

Dengan segala kemudahan ini, Carevo memberikan free trial untuk faskes yang merasa membutuhkan layanan telemedicine ini.

Anda tidak perlu khawatir. Pembayaran berikutnya akan dikenakan per konsultasi yang sukses dilakukan setiap harinya.

Apakah faskes Anda sudah mulai mempertimbangkan untuk terapkan Telemedicine? Bergabunglah bersama Carevo untuk menciptakan pengalaman terbaik pasien dan mengoptimalkan operasional kesehatan faskes anda sekarang juga. Hubungi kami sekarang!

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :