Beranda > Artikel > Mengenal Macam-Macam Eating Disorder yang Perlu Anda Tahu!

Mengenal Macam-Macam Eating Disorder yang Perlu Anda Tahu!

macam macam eating disorder

Makan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Namun, siapa sangka bahwa kegiatan umum seperti makan ternyata dapat menimbulkan gangguan pada kesehatan mental dengan macam-macam eating disorder. Eating disorder dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh baik secara fisik maupun secara mental. 

Eating disorder banyak ditemukan pada usia remaja dan dewasa karena adanya standar bentuk tubuh tertentu yang diciptakan oleh lingkungan sekitar. Untuk mencegah dan mengetahui lebih lanjut, simak informasinya di bawah ini.

Apa Itu Eating Disorder?

Eating disorder adalah sebuah gangguan kesehatan mental di mana seseorang memberikan kontrol sepenuhnya pada perilaku makan berdasarkan perasaan dan kondisi yang ada di sekitar. Kondisi ini dapat berupa kebiasaan jumlah makan yang terlalu banyak atau terlalu sedikit. Umumnya, eating disorder disebabkan oleh kecemasan bentuk dan berat badan. 

Kebiasaan perilaku makan ini juga dapat menyebabkan menurunnya kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi yang tepat. Apabila nutrisi yang diterima tubuh berkurang, maka akan membahayakan organ-organ tubuh seperti jantung, sistem pencernaan, tulang, gigi dan mulut, dan masih banyak lagi.

Apa Saja Gejala dari Eating Disorder?

Sama halnya dengan berbagai gangguan lainnya, eating disorder memiliki gejala yang dapat Anda temukan pada penderitanya. Adapun gejala dari eating disorder adalah:

1. Terlalu Mengkhawatirkan Berat Badan

Orang dengan eating disorder sering kali mengkhawatirkan berat badan dan bentuk tubuh. Hal tersebut akan mengakibatkan terjadinya penurunan berat badan yang drastis. Kondisi ini juga akan menyebabkan seseorang menyalahkan diri sendiri dan merasa jijik atau marah setelah makan karena mencemaskan berat badan. 

2. Tanda-Tanda Fisik

Eating disorder dapat menyebabkan gejala pada fisik seperti lebih mudah lelah, nyeri kepala, denyut jantung yang lebih kencang, dan permasalahan pada sistem pencernaan. Selain itu, eating disorder juga menimbulkan gejala berupa kulit yang kering, kuku mudah patah, rambut rontok, dan otot yang melemah. 

3. Sistem Menstruasi yang Tidak Teratur

Pada dasarnya eating disorder mengubah pola pikir seseorang dan memengaruhi kesehatan mental penderitanya. Tak jarang membuat stres dan bagi wanita akan berdampak pada sistem menstruasi. Para wanita dengan eating disorder kerap kali mengalami keterlambatan siklus menstruasi. Bahkan pada beberapa kasus, siklus menstruasi kerap terlewat. 

Baca Juga: Polakisuria: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

4. Perubahan Perilaku

Perubahan perilaku yang dapat langsung disoroti pada penderita eating disorder adalah malu atau menutupi rasa lapar dan kebiasaan makan. Eating disorder juga dapat menyebabkan seseorang menjadi cenderung takut untuk makan dan merasa bersalah. Karena perilaku tersebut, tubuh akan menerima sedikit nutrisi dan menjadikan seseorang lebih sulit untuk fokus dan konsentrasi saat melakukan sesuatu. 

Personal Health Record Carevo

Apa Penyebab dari Eating Disorder?

Sebetulnya, tidak dapat dipastikan secara tepat penyebab dari eating disorder, karena penyebab munculnya eating disorder dapat berbeda-beda di setiap individu. Namun, sebagian besar kasus eating disorder terjadi akibat beberapa hal di bawah ini:

1. Genetika

Penyebab utama dari munculnya eating disorder adalah genetika. Riwayat pada keluarga dapat menjadi faktor yang menyebabkan tingginya risiko mengalami eating disorder pada seseorang.  Perilaku eating disorder dalam keluarga tidak hanya berasal dari pola makan yang buruk, melainkan gangguan kesehatan mental dan penyalahgunaan obat-obatan. 

2. Penerimaan Kritik Secara Terus-Menerus

Tidak setiap orang memiliki ketahanan mental yang kuat ketika menerima kritik secara terus-menerus, terutama yang berkaitan dengan fisik. Penyampaian kritik yang mengandung kalimat kebencian tentu dapat memengaruhi mental seseorang. Hal ini yang kemungkinan besar menyebabkan eating disorder terjadi dan muncul perasaan bersalah saat setelah makan. 

3. Gangguan Kesehatan Psikologis 

Penyebab lain dari eating disorder adalah gangguan kesehatan psikologis dan kestabilan emosi. Eating disorder membuat individu menjadi pribadi yang selalu merasa tidak memiliki harga diri, memiliki kepribadian yang obsesif, perilaku impulsif, hingga gangguan kecemasan yang berlebih.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Peredaran Darah

Apa Saja Macam-Macam Eating Disorder?

Terdapat macam-macam eating disorder dengan penyebab dan gejala yang berbeda. Berikut merupakan macam-macam eating disorder yang harus Anda ketahui:

1. Anoreksia 

Anoreksia adalah jenis eating disorder yang berpotensi tinggi mengancam nyawa penderitanya. Hal ini dikarenakan, individu dengan anoreksia akan menekan dirinya sendiri untuk melakukan pengontrolan makan yang cukup ekstrem agar mencapai berat badan yang ideal dan stabil. 

Kontrol makan yang dilakukan adalah dengan membatasi kalori dengan jumlah yang sangat sedikit. Sebagai contoh, penggunaan obat pencahar setelah makan, olahraga yang berlebihan dan tidak sesuai dengan kemampuan, atau bahkan memuntahkan makanan. Anoreksia dapat ditandai dengan berat badan yang berada di bawah normal. 

2. Binge 

Berkebalikan dengan anoreksia, binge eating disorder adalah kondisi di mana seseorang tidak memiliki kontrol makan sama sekali dan jumlah makanan yang berlebihan. Seseorang dengan binge eating disorder memiliki kebiasaan makan secara terus-menerus, meskipun tidak dalam kondisi lapar. Kebiasaan ini dapat menyebabkan obesitas dan gangguan kesehatan lainnya. 

Seringkali, penderita binge eating disorder menyalahkan diri sendiri dan merasa malu dengan diri sendiri. Tetapi munculnya perasaan tersebut tidak diikuti dengan perilaku hidup seimbang dengan mengontrol porsi dan jumlah makan serta melakukan olahraga. 

3. Rumination Disorder

Jenis eating disorder berupa rumination adalah kondisi di mana seseorang akan selalu memuntahkan makanan yang dikonsumsi secara paksa agar dapat makan secara terus-menerus. Perilaku mengeluarkan makanan secara paksa akan menyebabkan malnutrisi sebab tubuh belum menyerap nutrisi makanan secara sempurna. 

4. Bulimia 

Bulimia adalah salah satu jenis eating disorder yang cukup banyak terjadi. Orang dengan eating disorder jenis bulimia akan makan dalam jumlah yang cukup banyak tetapi pada waktu tertentu saja, sebagai contoh pada acara keluarga, pesta pernikahan, atau acara ulang tahun. Perilaku tersebut dilakukan untuk menjaga berat dan bentuk badan. 

Namun kemudian, orang dengan bulimia akan menghilangkan rasa bersalah karena jumlah makan yang besar sebelumnya dengan memaksa makanan untuk keluar. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan obat pencahar yang berlebihan, menyakiti diri dengan muntah paksa, olahraga berlebihan, atau bahkan melakukan semuanya dalam satu waktu yang sama.

Baca Juga: Osteosarcoma: Gejala, Penyebab, Cara Mencegah, dan Cara Mengobatinya

Bagaimana Cara Mengatasi Eating Disorder?

Bagi Anda yang mengalami masalah eating disorder, tidak perlu panik. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi kondisi gangguan makan. Adapun cara yang dapat dilakukan adalah:

1. Konsultasi Rutin

Eating disorder merupakan salah satu gangguan pada kesehatan mental. Maka dari itu, untuk mengatasi eating disorder harus dengan melakukan konsultasi rutin dengan dokter maupun psikolog. Bantuan medis ini akan membantu Anda melihat sejauh mana kondisi yang dialami dan menemukan jalan keluarnya. Apabila diperlukan konsumsi obat, dokter atau psikolog juga dapat memberikannya secara langsung dengan pengawasan dan dosis yang tepat. 

2. Hidup Sehat

Mulai hidup sehat lebih awal ketika mengetahui gejala eating disorder terjadi pada Anda. Usahakan untuk makan 3 kali dalam sehari, olahraga yang cukup, istirahat yang cukup, bersosialisasi pada lingkungan yang sehat, konsumsi vitamin, dan mencoba mencintai diri sendiri. Selama masih dalam batas normal dan tidak mengganggu pergerakan maupun kesehatan, setiap tubuh adalah dalam keadaan ideal. 

Berdasarkan ulasan yang disampaikan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa eating disorder merupakan gangguan pada kesehatan mental yang berkaitan dengan pola dan jumlah makan. Sebagian besar kasus eating disorder disebabkan oleh kritikan dan tuntutan lingkungan mengenai standar kecantikan tertentu.   

Demikian informasi mengenai macam-macam eating disorder. Selalu jaga kesehatan anda, dan catat gejalanya dengan Aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

Article Reviewed by:

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics