Beranda > Artikel > Makanan dan Minuman Penyebab Amandel Yang Harus Dihindari

Senyuman yang sempurna tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun jika Anda memiliki gigi yang tidak lurus, maka hal ini akan sulit dicapai. Belakangan ini viral sebuah cara merapikan gigi dengan sendok kayu. Kebenaran mengenai cara ini masih sangat diragukan keberhasilannya. Kali ini kita akan coba sedikit membahas mengenai mitos yang satu ini dan juga bagaimana caranya merapikan gigi dengan benar.

Hindari Cara Merapikan Gigi dengan Sendok Kayu

Sebaiknya Anda menghindari cara yang satu ini. Sudah banyak dokter yang berbicara di berbagai forum mengenai kebenaran cara yang satu ini karena belum ada penelitian yang membuktikan bahwa sendok kayu dapat digunakan untuk merapikan gigi. Prosedur dari tahapan perawatan ortodontik tentu saja standar operasional yang harus diikuti oleh dokter gigi sehingga kegiatan merapikan gigi bisa berjalan dengan aman. Jadi sebisa mungkin hindari berbagai “how-to” atau “cara alternatif” merapikan gigi yang biasa Anda temui di Internet.

Merapikan gigi sendiri menggunakan berbagai benda yang seharusnya tidak digunakan seperti karet gelang, klip kertas, sendok kayu, peralatan buatan sendiri, atau pengobatan DIY(Do it Yourself) lainnya tidak mungkin berhasil karena malah bisa menimbulkan bahaya yang bisa merugikan Anda.

Gigi memiliki akar yang dikelilingi oleh ligamen yang berfungsi untuk menahan gigi Anda dengan kuat ke gusi Anda. Ketika mencoba meluruskan gigi sendiri, Anda dapat membebani akar dan ligamen tersebut. Hal ini bisa menyebabkan akar putus atau mendorong ligamen terlalu kuat, sehingga kemungkinan gigi akan mati. Berbagai efek samping lainnya yang bisa terjadi adalah:

  • Kerusakan gigi
  • Gigi retak
  • Email gigi yang melemah
  • Luka di gusi Anda
  • Infeksi mulut
  • Gigi yang rontok
  • Maloklusi

Baca juga: Cara Menenangkan Saraf Gigi yang Sakit

Kegiatan Merapikan Gigi yang Benar

Gigi yang tidak sejajar akan memiliki celah besar di antara keduanya serta garis rahang yang tidak menutup satu sama lain. Untuk bisa terlihat sejajar akan dibutuhkan kegiatan merapikan gigi. Meluruskan atau merapikan gigi adalah proses menyelaraskan dan menggerakkan gigi ke posisi yang benar sesuai dengan gigitan seseorang menggunakan kekuatan dan tekanan dari luar dari waktu ke waktu. Sehingga jika Anda memiliki gigi yang bengkok, tidak sejajar, atau salah tempat, gigi tersebut dapat disejajarkan kembali dengan benar.

Personal Health Record

Beberapa bentuk atau cara merapikan gigi yang benar adalah sebagai berikut ini.

1. Kawat Gigi

Kawat gigi adalah perangkat gigi yang menggunakan tekanan dan kontrol untuk menggeser dan meluruskan gigi secara bertahap. Alat yang satu ini memungkinkan perawatan yang fleksibel dan bisa disesuaikan dengan cara gigi Anda merespons alignment yang dilakukan. Kawat gigi juga memiliki keuntungan karena hanya akan menyebabkan sedikit ketidaknyamanan sesaat dan juga tidak memerlukan waktu pemulihan selama Anda dalam perawatan. Karena alasan ini, kawat gigi telah lama menjadi pilihan populer untuk merawat atau merapikan gigi dan rahang yang tidak sejajar.

2. Retainer

Retainer” mengacu pada perangkat gigi berbasis kawat yang akan digunakan semalaman untuk menjaga gigi Anda tetap sejajar setelah Anda memasang kawat gigi. Anda tidak bisa begitu saja menggunakan atau meminjam retainer orang lain untuk merapikan gigi Anda tanpa kawat gigi.

Jika gigi Anda hanya sedikit bengkok, dokter gigi mungkin merekomendasikan fixed retainer daripada kawat gigi. Dalam beberapa kasus, Anda bahkan dapat menggunakan retainer yang dapat dilepas sebagai bagian dari perawatan untuk gigi yang sangat dempet. Rencana perawatan ini hanya boleh diikuti di bawah pengawasan ketat dari ortodontis yang telah meresepkannya.

3. Palatal Expander

Terkadang mulut anak terlalu kecil untuk mengakomodasi ukuran gigi mereka yang sedang tumbuh. Hal ini dapat menyebabkan apa yang terkadang disebut sebagai “gigi sobek” atau gigitan silang. Alat yang disebut Palatal expander akan dimasukkan di antara lengkungan atas gigi untuk memperbaiki kondisi ini. Perangkat ini dengan lembut mendorong gigi terlepas dan memperluas ruang yang tersedia untuk gigi dewasa. Jenis perawatan ini biasanya direkomendasikan untuk anak-anak dan dewasa muda saat rahang mereka masih tumbuh.

4. Kosmetik Gigi (Veneer, Contouring, dan Whitening)

Perawatan gigi kosmetik seperti veneer atau ikatan gigi dapat menciptakan ilusi gigi lurus untuk gigi yang memiliki celah besar di antara mereka atau terkelupas. Veneer juga dapat dipasang secara strategis untuk membuat gigi tampak lebih lurus. Memutihkan gigi tidak akan membuatnya lebih lurus, tetapi akan membuatnya lebih cerah dan mengurangi dampak visual dari gigi yang tidak sejajar dengan sempurna.

Itulah mitos dari cara merapikan gigi dengan sendok kayu serta berbagai cara yang benar dalam melakukannya, selalu perhatikan kesehatan dari mulut dan gigi Anda. Selalu jaga kesehatan Anda, dan catat gejalanya dengan Apps PHR Carevo. Stay healthy!

Baca juga :