Beranda > Artikel > 6 Pilihan Makanan untuk Kesehatan Paru-paru

6 Pilihan Makanan untuk Kesehatan Paru-paru

makanan untuk kesehatan paru-paru

Paru-paru merupakan organ utama untuk mengatur sistem pernapasan manusia. Sebagai salah satu organ vital di dalam tubuh, kesehatan paru-paru sangatlah penting untuk anda jaga, terutama pada masa pandemi COVID-19 ini. Tak hanya untuk mengatur sistem pernapasan, paru-paru juga berfungsi untuk mengatur keseimbangan pH di dalam tubuh, mencegah infeksi, dan bersama jantung mengatur peredaran darah. Paru-paru yang tidak sehat dapat berakibat fatal hingga kematian, sehingga sangatlah penting untuk menjaga kesehatan paru-paru agar tetap berfungsi secara optimal. Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan, banyak sekali cara mudah yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru, salah satunya adalah dengan memodifikasi gaya hidup.

 

Gaya hidup seperti apa yang dapat menjaga kesehatan paru-paru?

Memiliki tubuh yang sehat tentunya merupakan dambaan setiap orang, namun memodifikasi gaya hidup tentunya tidak selalu mudah. Aktivitas seperti jarang berolahraga, merokok, dan mengkonsumsi makanan tinggi lemak jenuh merupakan beberapa faktor yang dapat merusak paru-paru anda. Salah satu cara simple yang bisa mulai  anda lakukan adalah mengkonsumsi diet yang baik untuk paru-paru. Nutrisi yang tepat terbukti dapat melindungi paru-paru anda dan bahkan mengurangi gejala akibat kerusakkan paru-paru.

 

Apa saja makanan yang tepat untuk kesehatan paru-paru?

1. Makanan yang kaya akan lemak baik

Lemak baik, seperti lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda tidak memiliki kandungan kolesterol yang berbahaya bagi kesehatan paru-paru. Lemak tak jenuh dapat berfungsi untuk mengontrol tekanan darah sekaligus mengurangi inflamasi yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, maupun jamur. Pilihan lemak baik dapat anda dapatkan dari kacang-kacangan, telur, minyak zaitun, alpukat, ikan yang kaya omega-3 seperti ikan kembung dan ikan salmon. (1,2,3)

2. Makanan tinggi protein

Seluruh sel dalam tubuh kita membutuhkan asupan protein yang cukup agar dapat menjalankan tugasnya, termasuk juga sel pada paru-paru. Apabila sel dapat berfungsi dengan baik, otomatis sistem imun anda juga dapat bekerja dengan baik. Anda dapat mengkonsumsi daging tanpa lemak, telur, kacang-kacangan, tempe, maupun tahu untuk memenuhi sumber asupan protein harian anda. (1,3)

3. Makanan tinggi vitamin dan antioksidan

Makanan kaya akan antioksidan terbukti dapat menangkal radikal bebas yang dapat mencetuskan inflamasi di dalam tubuh. Buah-buahan seperti apel, tomat, buah bit, buah beri serta sayuran hijau seperti brokoli, bayam, wortel, labu kuning kaya akan antioksidan untuk melindungi paru-paru agar tetap sehat. (1)

4. Makanan yang mengandung potasium

Potasium dapat mengurangi retensi cairan, mengkontrol tekanan darah, dan memperbaiki sistem pencernaan. Berdasarkan penelitian-penelitian yang telah dilakukan, potasium memiliki peranan penting untuk menjaga fungsi paru-paru dengan mengkontrol keseimbangan pH. Diet dengan tinggi potasium juga dapat mengurangi resiko terkena kanker paru-paru. (1,4) Kadar potasium yang rendah dapat menyebabkan kesulitan untuk bernafas, hal ini disebabkan karena potasium berfungsi untuk menstimulasi kerja paru-paru. Oleh sebab itu, penting bagi anda untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung potasium seperti pisang, tomat, sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, serta buah bit.

5. Makanan rendah garam

Garam dapat menyebabkan retensi atau pengumpulan cairan berlebih yang dapat menyebabkan sesak nafas, terutama pada pasien yang memiliki penyakit paru-paru. Memilih makanan yang rendah garam merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan paru-paru anda. Hindari makanan kalengan dan siap saji, dan pilihlah makanan yang segar dan banyak serat. (4)

6. Probiotik

Makanan lainnya yang baik untuk dikonsumsi guna menjaga kesehatan paru-paru adalah probiotik. Probiotik yang paling mudah ditemukan adalah yogurt. Pada penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat mengenai manfaat probiotik untuk penyakit paru-paru, dinyatakan bahwa probiotik memiliki kemampuan untuk meningkatkan imunitas tubuh dan memperbaiki kualitas paru-paru terhadap beberapa penyakit seperti asma, infeksi virus, hingga PPOK. (5)

 

Berikut merupakan pilihan makanan yang bisa anda konsumsi untuk menjaga kesehatan paru-paru. Walaupun asupan nutrisi memegang peranan penting, namun menjaga pola dan aktivitas hidup anda sehari-hari juga tidak kalah penting agar kesehatan anda bisa lebih optimal. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo di https://www.carevo.id/personal-health-record/

 

Referensi:

  1. Scoditti E, Massaro M, Garbarino S, Toraldo DM. Role of diet in chronic obstructive pulmonary disease prevention and treatment. Nutrients. 2019; 11(6): 1357. Diakses dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6627281/
  2. Cornell K, Alam M, Lyden E, Wood L, LeVan TD, Nordgren TM, Bailey K, Hanson C. Saturated fat intake is associated with lung function in individuals with airflow obstruction: refults from NHANES 2007-2012. Nutrients. 2019; 11(2):317. Diakses dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6413158/
  3. Collins PF, Yang IA, Chang YC, Vaughan A. Nutritinoal support in chronic obstructive pulmonary disease (COPD): an evidence update. J Thorac Dis. 2019; 11(supp. 17): S2230-7. Diakses dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6831917/
  4. You D, Zhang M, He W, Wang D, Yu Y, Yu Z, Lange T, et al. Association between dietary sodium, potassium intake and lung cancer risk: evidence from the prostate, lung, colorectal, and ovarian cancer screening trial and Women’s health Initiative. Transl Lund Cancer Res. 2021; 10(1):45-56. Diakses dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7867772/
  5. Mortaz E, Adcock IM, Folkerts G, Barnes PJ, Vos AP, Garssen J. Probiotics in the management of lung diseases. Mediators Inflamm. 2013; 751068. Diakses dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3662166/

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :