Beranda > Artikel > 7 Makanan Yang Mengandung Melatonin untuk Kebutuhan Tidur

7 Makanan Yang Mengandung Melatonin untuk Kebutuhan Tidur

makanan yang mengandung melatonin

Kurang tidur tidak semata-mata muncul karena gaya hidup yang tidak benar. Hormon melatonin yang berkurang pun menjadi salah satu penyebabnya. Solusinya, Anda harus rajin mengonsumsi varian makanan yang mengandung melatonin di artikel Carevo ini.

Memahami Hormon Melatonin dan Manfaatnya

Hormon melatonin dihasilkan oleh kelenjar pineal yang terletak di bagian tengah otak. Melatonin dihasilkan dari asam amino triptofan yang diubah menjadi hormon serotonin. Selain kelenjar pineal, hormon ini juga berasal dari usus dan sel tubuh lainnya.

Hormon melatonin meningkat sejak matahari terbenam dan menurun kembali kala fajar menyingsing. Fungsi utamanya adalah membantu manusia agar bisa tidur di malam hari, sehingga kerap disebut sebagai hormon tidur. Melatonin dari kelenjar pineal mengatur ritme sirkadian tubuh, sehingga berpengaruh pada siklus tidur manusia.

Manfaat melatonin tidak sekedar untuk membantu mengatasi masalah kurang tidur. Meski belum cukup terbukti mengobati insomnia akut, melatonin setidaknya bisa membantu manusia supaya mendapatkan pola tidur yang normal, terutama saat mengalami jet lag. Melatonin pun membantu pasien untuk tidur cukup sebelum melakukan operasi.

Adapun manfaat kesehatan lainnya dari hormon melatonin adalah:

1. Menjaga Pola Tidur Anak

Anak dengan kondisi tertentu sering mengalami susah tidur, seperti penderita asma, dermatitis, ADHD, dan gangguan spektrum autis (ASD). Mereka membutuhkan hormon melatonin agar bisa tidur lelap, tapi bukan berarti konsumsi suplemen melatonin bisa dilakukan tanpa persetujuan dokter.

Baca Juga: Mengapa Musim Pancaroba Membuat Kita Lebih Rentan Terkena Penyakit?

2. Menjaga Kesehatan Otak

Seiring bertambahnya usia, kadar hormon melatonin dalam tubuh pun berkurang. Orang dewasa membutuhkan suplemen melatonin agar terhindar dari gangguan otak di masa uzur. Hormon melatonin akan mengurangi risiko penyakit otak, seperti Alzheimer dan Parkinson.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Kadar melatonin yang menurun pun berpengaruh pula pada degenerasi makula di mata. Akibatnya, penglihatan pun berkurang seiring bertambahnya usia.

Personal Health Record

Daftar Makanan yang Mengandung Melatonin

Penderita kurang tidur tidak harus memakan suplemen melatonin untuk mengatasi masalah tersebut. Faktanya, banyak sekali makanan yang menjadi sumber melatonin dan baik untuk tubuh. Apa saja?

1. Susu

Minuman ini merupakan sumber melatonin terbanyak, jadi sering dikonsumsi anak-anak menjelang tidur. Susu juga mengandung asam amino triptofan yang meningkatkan hormon melatonin dan serotonin secara bersamaan. Tidak heran jika minum susu mampu membuat Anda tidur lebih cepat dan nyenyak.

2. Kacang Pistachio

Semua kacang mengandung kadar melatonin yang cukup, tapi kacang badam (almond) dan pistachio memiliki kadar tertinggi. Kacang pistachio sendiri mengandung vitamin B6, fungsinya untuk mengubah asam amino triptofan menjadi melatonin. Kacang-kacangan juga kaya antioksidan, mineral, dan lemak omega 3.

Baca Juga: 7 Manfaat Tanaman Patah Tulang yang Perlu Anda Ketahui

3. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna tidak hanya kaya melatonin, tapi juga gizi lainnya. Vitamin B6, asam lemak omega 3, seng, dan vitamin D terkandung di dalamnya, sehingga produksi serotonin pun meningkat. Anda akan mendapatkan pola tidur yang lebih sehat saat menyantap ikan ini, sehingga mampu beraktivitas lebih segar di siang hari.

4. Nasi

Dibandingkan jenis karbohidrat lainnya, nasi tidak akan memengaruhi pola tidur Anda. Karbohidrat dalam nasi berbeda, karena bisa membantu manusia tidur lebih lelap. Jangan lupakan pula kandungan melatonin dan triptofan di dalamnya. Agar lebih sehat, konsumsilah nasi dalam jumlah yang wajar.

5. Telur

Di antara produk hewani lainnya, hanya telur yang memiliki kadar melatonin tinggi. Anda pun mendapatkan gizi lain dari telur, seperti protein dan zat besi.

Baca Juga: Perhatian! Hindari Konsumsi Makanan Penyebab Nyeri Sendi Ini

6. Pisang

Rekomendasi buah kaya melatonin adalah pisang. Buah ini juga kaya gizi yang membantu pola tidur kita, seperti seng, tritptofan dan vitamin B6. Anda tidak hanya tidur lelap di malam hari, tapi juga beraktivitas lebih semangat di siang hari karena karbohidrat di buah ini.

7. Jagung

Jika Anda ingin mengudap, pilihlah jagung yang kaya akan melatonin. Vitamin C, antioksidan, seng, dan serat juga merupakan kandungan gizi yang terdapat dalam jagung.

Konsumsilah makanan yang mengandung melatonin di atas agar kebutuhan tidur Anda terpenuhi. Selalu jaga kesehatan anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

Sumber:

https://thesleepdoctor.com/2021/11/26/melatonin-rich-foods/ 

https://www.webmd.com/diet/foods-high-in-melatonin 

https://www.normon.es/articulo-blog/melatonina-que-es 

 

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics