Beranda > Artikel > Manfaat Air Putih untuk Diet

Manfaat Air Putih untuk Diet

Berat badan yang berlebihan atau disebut sebagai obesitas merupakan salah satu risiko penyakit-penyakit yang mengancam nyawa manusia. Obesitas meningkatkan risiko berbagai jenis penyakit, diantaranya yaitu penyakit jantung koroner, stroke, diabetes melitus tipe 2, sleep apnea, kanker, osteoartritis (penipisan tulang rawan sendi), serta risiko-risiko penyakit lainnya yang dapat menyebabkan perburukan penyakit fisik dan mental. Obesitas merupakan salah satu isu kesehatan global yang sedang meningkat sehingga perlu penatalaksanaan penyakit obesitas secara paripurna untuk mencegah komplikasi dan menurunkan risiko penyakit yang dapat terjadi akibat obesitas. Peningkatan prevalensi obesitas dikaitkan dengan peningkatan pola hidup sedenter pada zaman ini yang minim akan aktivitas fisik. Individu zaman sekarang cenderung tidak banyak beraktivitas fisik dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk menonton televisi ataupun sibuk dengan telepon genggam. Perkembangan industri makanan juga memperkenalkan beragam makanan tinggi kalori diselingi dengan minuman tinggi kadar gula, yang menggeser kebiasaan baik meminum segelas air putih sehabis makan. Oleh sebab itu, salah satu terapi penting dalam obesitas adalah dengan perubahan gaya hidup dengan peningkatan aktivitas fisik dan olahraga, hingga menjaga pola makan agar nutrisi yang seimbang.

 

Banyak studi mendukung teori bahwa meminum air putih dapat membantu proses pengurangan berat badan. Hidrasi juga merupakan kunci penting dalam mengurangi berat badan, membantu saluran cerna hingga meningkatkan fungsi otot.

Beberapa fungsi air putih dalam diet adalah:

  1. Air putih berperan sebagai pencipta rasa kenyang. Ketika lambung merasakan bahwa isinya sudah penuh, lambung akan mengirimkan sinyal kepada otak untuk berhenti makan. Air putih dapat menyebabkan lambung terasa penuh sehingga mengurangi rasa lapar. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum 500 mL air 30 menit sebelum makan dapat mengurangi konsumsi makanan sehari-hari sehingga berpotensi menurunkan berat badan.
  2. Air putih meningkatkan pembakaran kalori. Sebuah studi menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pembakaran kalori lebih dari biasanya setelah mengonsumsi air putih. Air putih juga dapat meningkatkan penggunaan kalori pada saat istirahat. Mengonsumsi air putih dingin juga meningkatkan pembakaran kalori akibat tubuh yang harus bekerja untuk menghangatkan air putih yang diminum.
  3. Air putih membantu pembuangan zat hasil metabolisme dari tubuh. Ketika tubuh dalam kondisi dehidrasi, maka tubuh tidak akan mampu membuang zat tersebut dari tubuh melalui urin maupun feses dengan baik. Air putih juga membantu ginjal untuk membersihkan racun dan menyerap elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh. Dehidrasi juga menyebabkan feses menjadi keras sehingga menyebabkan konstipasi. Air berperan penting dalam melancarkan proses defekasi.
  4. Meminum air putih dapat mengurangi kalori dari cairan. Kebutuhan cairan sangat gampang terpenuhi, yaitu dari air putih hingga minuman berkarbonasi dan minuman beralkohol. Minuman tersebut mengandung kalori yang tinggi sehingga menggantinya dengan air putih dapat menurunkan pemasukkan kalori dari minuman lain.
  5. Air putih dapat membantu pembakaran lemak. Air berfungsi membantu tubuh untuk mencerna lemak dan karbohidrat. Proses metabolisme yang disebut lipolisis membutuhkan air yang cukup dalam tubuh sehingga proses pembakaran lemak akan berjalan lebih maksimal.
  6. Air membantu aktivitas fisik dan olahraga. Salah satu komponen penting dalam menurunkan berat badan adalah aktivitas fisik dan olahraga. Air membantu otot, jaringan ikat dalam tubuh dan sendi agar dapat bergerak dengan lebih efisien. Air juga membantu kerja paru-paru, jantung dan organ tubuh lain agar bekerja lebih efektif ketika tubuh sedang dalam kondisi berolahraga. Konsumsi air saat olahraga juga dibutuhkan agar tidak terjadi dehidrasi pada saat olahraga.

 

Referensi

  • Fruh SM. Obesity: Risk factors, complications, and strategies for sustainable long-term weight management. J Am Assoc Nurse Pract. 2017;29(S1):S3-S14. doi:10.1002/2327-6924.12510
  • How Drinking More Water Can Help You Lose Weight [Internet]. Healthline. 2020. Available from: https://www.healthline.com/nutrition/drinking-water-helps-with-weight-loss
  • 6 reasons why drinking water can help you to lose weight [Internet]. 2018. Available from: https://www.medicalnewstoday.com/articles/322296

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :