Beranda > Artikel > 5 Manfaat Akar Bajakah untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Akar Bajakah untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Kayu Bajakah

Salah satu tanaman yang berasal dari hutan tropis di Indonesia adalah akar bajakah (Spatholobus littoralis Hassk). Tanaman ini merupakan tanaman merambat pada pohon kayu Karl dengan ketinggian kurang lebih 50 meter dan memiliki 29 spesies. Habitat aslinya adalah di pedalaman Kalimantan Tengah dan sudah digunakan sebagai pengobatan tradisional oleh suku Dayak. Popularitas tanaman ini mencapai puncaknya saat siswa di Indonesia memenangkan medali emas di Seoul tentang uji klinisnya terhadap pertumbuhan kanker pada mencit dengan menggunakan ekstrak bajakah. Setelah itu, tanaman ini diburu oleh banyak orang dari penjuru Indonesia dan meningkatkan harga jual tanaman ini.

Terdapat kandungan penting dalam ekstrak tanaman ini, yaitu kandungan antioksidan serperti :

  1. Tannin
  2. Saponin
  3. Flavonoid
  4. Fenolik
  5. Terpenoid
  6. Fitonutrien

Karena kandungan ini, maka diharapkan terdapat berbagai manfaat untuk tubuh kita jika mengkonsumsinya. Berikut adalah beberapa manfaat akar bajakah yang dapat diperoleh dan baik untuk kesehatan tubuh :

 

1. Mencegah obesitas

Obesitas dapat terjadi karena pola hidup yang tidak sehat seperti kurangnya aktifitas fisik, asupan kalori yang dikonsumsi lebih besar dibandingkan yang dikeluarkan, pola makan yang tidak sehat dan juga karena stress oksidatif. Dari penelitian yang sudah ada, dibuktikan ekstrak dari akar bajakah dapat menurunkan kadar lemak visceral dan juga menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini tentu sangat berbanfaat untuk mengurangi berat tubuh dan mencapai berat ideal.

Obesitas juga merupakan akar dari berbagai penyakit kronik lain seperti hipertensi, diabetes dan penyakit kardiovaskular lain. Jadi dengan mencegah obesitas, penyakit komplikasi lain pun dapat terhindar.

Baca juga: 5 Manfaat Tanaman Porang sebagai Menu Diet Anda

 

2. Efek antiinflamasi

Kandungan zat aktif seperti fitonutrien dan lainnya memiliki kandungan antioksidan yang berperan untuk mengurangi efek antiinflamasi dalam tubuh. Penekanan reaksi inflamasi tentu saja bermanfaat untuk berbagai hal seperti mencegah timbulnya penyakit kronik seperti diabetes dan darah tinggi. Selain itu juga dapat mencegah munculnya infeksi pada tubuh.

 

3. Menghindari penuaan dini

Radikal bebas merupakan salah satu penyebab kerusakan dan kematian sel dalam tubuh manusia. Kandungan tannin, saponin dan flavonoid yang tinggi akan antioksidan dapat mencegah pembentukan radikal bebas dalam tubuh. Sehingga sel-sel tubuh diperlambat untuk rusak dan mati. Hal ini dapat mencegah penuaan dini pada manusia.

Baca juga: Manfaat Lengkuas untuk Kulit dan Kecantikan Wajah

 

4. Mempercpat penyembuhan luka

Saponin telah terbukti efeknya untuk mempercepat proses koagulasi atau penghentian darah jika ada yang terluka, selain itu kandungan tannin juga daoat memoercepat revaskularisasi atau pembentukan pembuluh darah baru untuk menggantikan yang sebelumnya telah rusak baik karena trauma ataupun hal lainnya. Selain itu, pertumbuhan kolagen dan juga pembentukan epitel baru juga dipercepat dengan adanya antioksidan. Kombinasi hal tersebut dapat membuat kulit yang luka lebih cepat untuk sembuh dan menutup.

 

5. Modulasi imunorespon

Imunorespon merupakan salah satu respon tubuh kita untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit, infeksi dan benda asing lainnya. Antioksidan seperti flavonoid dan saponin dapat merangsang produski sel imun untuk proteksi tubuh terhadap serangan dari luar dan mencegah timbulnya penyakit.

 

Hal-hal diatas merupakan manfaat yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi akar bajakah. Namun, penelitian mengenai manfaat dan efek sampingnya perlu dilakukan lebih mendalam karena masih sangat terbatas. Konsumsi diperbolehkan dan sebaiknya hanya untuk tindakan pencegahan saja. Selain itu, tetap terapkan pola hidup sehat untuk mencegah berbagai penyakit. Jika anda sakit, sebaiknya tetap memeriksakan diri ke dokter dan mengkonsumsi obat yang telah terbukti manfaatnya melalui uji klinis.

 

Referensi

  1. Novanty V, Pangkahila W, Dewi NNA. Administration of ethanol extract of Bajakah tampala (Spatholobus littoralis Hassk) stem decreased reactive oxygen species, visceral fat and body weight of obese rats. 1. 2021 Mar 31;4(1):32–6.
  2. Yuniarti L, Kharisma Y, Respati T, Tejasari M. Halal Critical Point Analysis of Bajakah Wood ( Spatholobus littoralis Hassk.) Nano Particle as Anticancer Agent. Global Medical and Health Communication. 2021 Aug 29;9(2):81–7.
  3. What are Flavonoids? [Internet]. News-Medical.net. 2010. Available from: https://www.news-medical.net/health/What-are-Flavonoids.aspx
  4. Chung KT, Wong TY, Wei CI, Huang YW, Lin Y. Tannins and human health: a review. Crit Rev Food Sci Nutr. 1998 Aug;38(6):421–64.
  5. Marrelli M, Conforti F, Araniti F, Statti GA. Effects of Saponins on Lipid Metabolism: A Review of Potential Health Benefits in the Treatment of Obesity. Molecules. 2016 Oct;21(10):1404.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :