Beranda > Artikel > Manfaat Kacang Almond Untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi

Manfaat Kacang Almond Untuk Ibu Hamil yang Kaya Nutrisi

manfaat almond untuk ibu hamil

Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang yang banyak dikonsumsi karena selain rasanya yang nikmat, kacang ini juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan Anda. Kacang almond dapat dinimkati dalam berbagai bentuk olahan, seperti dipanggang, di jadikan susu, selai ataupun dikonsumsi secara mentah. Salah satu bentuk olahan kacang almond yang sangat berkhasiat bagi Anda yang sedang hamil maupun menyusui adalah pengolahannya dalam bentuk susu. Susu almond berfungsi sebagai alternatif susu sapi. Minuman nabati yang diperoleh dengan menggiling almond mentah panggang dengan air ini adalah minuman bergizi dan alami yang tidak mengandung warna atau rasa tambahan. Di samping rasanya yang lezat, berikut beberapa manfaat kacang almond bagi para calon ibu:

Meningkatkan produksi dan kualitas ASI

Mengkonsumsi almond dapat meningkatkan sekresi susu, membantu dalam sintesis Vitamin-B, dan juga membantu dalam emulsifikasi butiran. Karena almond adalah sumber yang kaya akan Asam Lemak, Protein, Kalsium, Seng, Besi dan Magnesium dan asam Linolenat dan memiliki emolien dan membantu meningkatkan sekresi ASI. Sebagai ibu menyusui, Anda membutuhkan 1.250 mg kalsium setiap hari. Asam amino dalam almond dapat meningkatkan produksi serotonin, yang merupakan hormon yang diperlukan untuk menyusui. Anda bisa mengonsumsi segenggam almond mentah atau susu almond saat menyusui bayi Anda untuk merasakan manfaat tersebut.

 

Meningkatkan imunitas Anda dan bayi Anda

Manfaat tambahan dari mengkonsumsi almond adalah meningkatkan kekebalan bayi Anda dan kecepatan pemulihan Anda. Susu almond rendah lemak dan kaya akan vitamin E, vitamin D, Vitamin A, dan kalsium. Selain itu juga mengandung sejumlah kecil natrium, zat besi, magnesium, fosfor, dan serat makanan. Semua elemen ini dapat memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang sehat dari bayi Anda yang menyusui.

 

Membantu perkembangan organ pada bayi Anda

Almond merupakan sumber omega 3 yang baik untuk membantu perkembangan jantung, otak, mata, dan organ-organ lain pada bayi Anda terutama pada trimester pertama kehamilanKandungan kalsium dan fosfor susu almond membantu memastikan perkembangan tulang yang lebih kuat dan sehat pada bayi Anda yang sedang tumbuh.

 

Membantu perkembangan otak bayi Anda

Almond adalah sumber yang kaya akan Vitamin B9 (Folat/asam folat). Zat ini merupakan hal yang paling penting dari nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Zat ini dapat membantu perkembangan neurologis janin dan membantu dalam pencegahan banyak cacat lahir.

Baca juga: Manfaat Kacang Almond Panggang dan Anjuran Mengonsumsinya

 

Menutrisi kulit Anda

Persiapan sebagai seorang ibu tentulah tidak mudah. Sebagai seorang ibu baru Anda tentu perlu tetap meluangkan waktu untuk perawatan diri, namun biasanya hal tersebut merupakan hal yang mustahil dilakukan akibat banyaknya persiapan yang diperlukan bagi sang bayi. Jangan khawatir! Tahukah Anda segelas susu almond tidak hanya menjamin kesehatan yang baik tetapi juga memastikan bahwa pujian terus menghampiri Anda! Susu almond kaya akan vitamin A yang membantu melawan stres oksidatif, menghilangkan radikal bebas, mencegah penuaan dan melindungi dari degenerasi makula. Vitamin E di dalamnya dapat memberi Anda kulit bercahaya dan surai berkilau tanpa usaha apa pun! Kacang almond banyak mengandung vitamin E yang dapat membantu menjaga Anda dari radikal bebas. Vitamin ini mencegah proses oksidasi yang dapat merusak sel didalam tubuh Anda. Vitamin tersebut juga berfungsi melembabkan dan menutrisi kuli sehingga tampak lebih berkilau. Anda dapat memenuhi sebesar 37% kebutuhan vitamin E harian Anda.

Baca juga: Manfaat Sayur Kai Ian

 

Sumber:

Lesser M, Sawrey‐Kubicek L, Mauldin K, King J. The Effect of Almond Consumption on Postprandial Metabolic Response in High‐Risk Pregnant Women. The FASEB Journal. 2015;29(S1).

Gignac F, Romaguera D, Fernández-Barrés S, Phillipat C, Garcia Esteban R, López-Vicente M et al. Maternal nut intake in pregnancy and child neuropsychological development up to 8 years old: a population-based cohort study in Spain. European Journal of Epidemiology. 2019;34(7):661-673.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :