Beranda > Artikel > Mengenal Manfaat Alpukat untuk Diet yang Baik

Mengenal Manfaat Alpukat untuk Diet yang Baik

Dari topping untuk es teler hingga makanan penutup dan jus, alpukat sering disebut-sebut sebagai makanan kesehatan. Buah ini juga bisa menjadi pilihan nutrisi Anda ketika menjalankan diet. Alpukat memang tinggi akan kalori, dengan 234 kalori untuk alpukat sedang. Alpukat juga tinggi lemak baik, dengan 21 gram atau sekitar sepertiga dari tunjangan harian yang direkomendasikan. Tapi hanya karena alpukat mengandung lemak, bukan berarti akan membuat Anda gemuk. Mari kita pelajari manfaat alpukat untuk diet Anda.

Manfaat Alpukat untuk Diet

Alpukat sangat terkenal karena teksturnya yang lembut, kaya, dan rasanya yang ringan. Persea Americana adalah buah yang termasuk dalam famili lauraceae; kelompok yang juga mencakup anggota seperti kayu manis dan laurel. Ada puluhan jenis alpukat, yang dibedakan mulai dari ukuran, warna, dan teksturnya. Semuanya berasal dari iklim tropis dan ketika dipanen, dagingnya akan melunak menjadi tekstur mirip mentega. Sangat populer dalam segala hal mulai dari makanan sampingan, saus, hingga makanan penutup. Berikut ini adalah manfaat alpukat dalam diet yang akan Anda rasakan.

Baca Juga: Pantangan Makanan Kolesterol Tinggi

1. Makan Alpukat Bisa Membuat Anda Lebih Kenyang

Makan alpukat ternyata bisa membuat Anda kenyang selama enam jam sesudahnya. Penekanan rasa lapar ini bisa didapatkan dari kombinasi sempurna antara lemak dan serat dalam buah utuh. 

Alpukat adalah kombinasi sempurna dari lemak, serat, dan karbohidrat nabati yang memberi sinyal pada tubuh Anda untuk membakar lebih banyak lemak. Proses alami ini mencegah tubuh menyimpan lebih banyak lemak. Sebaliknya, tubuh masuk ke mode pembakaran lemak. Alpukat yang merupakan “keto alami,” sangat cocok untuk diet keto karena membantu tubuh memasuki ketosis.

Baca Juga: Pantangan Makanan Penderita Sakit Maag

2. Alpukat Mengandung Banyak Potasium 

Dibandingkan pisang, akan lebih baik makan alpukat untuk potasium karena 900 gram alpukat memiliki 708 miligram potasium atau 14% dari tunjangan harian yang direkomendasikan. Mengonsumsi makanan tinggi kalium membantu mendukung tingkat tekanan darah yang sehat dan retensi air dalam tubuh.

Personal Health Record

3. Alpukat Mengandung 20 Vitamin dan Mineral yang Berbeda

Alpukat adalah buah dengan nutrisi dan vitamin yang sangat baik. Dalam satu buah alpukat berukuran rata-rata, yaitu kira-kira 100 gram, terdapat 20 vitamin dan mineral yang berbeda. Berikut adalah yang paling menonjol:

  • Vitamin K: 26% dari daily value (DV)/Nilai harian
  • Vitamin B9, alias Folat 20% dari DV
  • Vitamin C: 17% dari DV
  • Vitamin B5: 14% dari DV
  • Vitamin B6: 13% dari DV
  • Vitamin E: 10% dari DV
  • Kalium: 14% dari DV

4. Alpukat Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol

Minyak yang dipasok oleh alpukat termasuk asam oleat dan asam linoleat. Lemak tak jenuh ini sangat direkomendasikan sebagai bagian dari diet seimbang untuk membantu mengelola kolesterol.

Baca Juga: Berbagai Pilihan Makanan Untuk Penderita TBC yang Aman

5. Alpukat Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Alpukat kaya akan nutrisi dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan organ vital dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Alpukat juga menjadi sumber vitamin E yang baik. Vitamin E dapat membantu meningkatkan respon imun selama penuaan, dapat mengurangi kerusakan oksidatif penyebab kanker. Vitamin E juga dapat membantu meringankan gejala asma serta membantu tubuh Anda pulih setelah sesi latihan yang berat ketika berolahraga selama diet.

Nah itulah dia berbagai manfaat alpukat untuk diet yang Anda jalani. Mengonsumsi buah ini akan sangat membantu Anda karena mengandung banyak lemak baik, vitamin, serta mineral. Selalu jaga kesehatan anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :