Beranda > Artikel > 5 Manfaat Beras Kencur, Tidak Hanya untuk Wanita saat Haid

5 Manfaat Beras Kencur, Tidak Hanya untuk Wanita saat Haid

manfaat beras kencur

Banyak orang mengira bahwa manfaat beras kencur hanya baik bagi wanita yang sedang mengalami haid. Padahal, beras kencur memiliki manfaat yang begitu banyaknya sehingga dapat menjaga tubuh dari berbagai penyakit kronis dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Apakah Anda ingin tahu apa saja manfaat beras kencur dan kandungan yang ada di dalamnya? Melalui artikel ini, Carevo akan memberikan informasi lengkap seputar apa itu beras kencur dan manfaatnya yang berguna bagi kesehatan tubuh kita.

Apa Itu Beras Kencur?

Beras kencur merupakan salah satu jenis jamu yang sering dijadikan sebagai pengobatan tradisional di Indonesia. Jamu beras kencur ini sudah ada di Indonesia sejak zaman dahulu kala dan banyak orang mempercayai khasiat yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh.

Beras kencur berasal dari tanaman kencur yang kemudian diolah menjadi minuman jamu. Tanaman kencur ini dapat dikonsumsi dengan berbagai cara seperti dijadikan sebagai bumbu penyedap makanan atau dikonsumsi begitu saja.

Bentuk fisik kencur membuat sebagian besar orang bingung bagaimana caranya membedakan kencur dengan jahe, kunyit, dan lengkuas. Bumbu-bumbu dapur tersebut memiliki kulit luar yang terlihat mirip karena warnanya cokelat muda.

Untuk dapat membedakan kencur, Anda dapat mencium aromanya yang khas dan tentu berbeda dengan aroma bumbu dapur lainnya. Selain itu, kencur memiliki daging buah yang berwarna putih dan bentuknya secara keseluruhan kecil-kecil seperti jari tangan.

Personal Health Record

Apa Saja Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan?

Beras kencur sangat baik untuk dikonsumsi oleh wanita karena dapat membantu mengurangi rasa nyeri saat haid. Namun, ada juga 5 manfaat lainnya dari beras kencur yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Melawan Radikal Bebas

Manfaat pertama dari beras kencur adalah dapat membantu melawan radikal bebas. Tanaman kencur memiliki kandungan etil p-metoksisinamat yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh manusia.

Kandungan antioksidan ini dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kanker yang diakibatkan oleh radikal bebas. Oleh karena itu, orang yang mengonsumsi jamu beras kencur akan memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena kanker.

Baca Juga: Manfaat Daun Afrika Untuk Pria yang Jarang Diketahui

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan minyak atsiri di dalam beras kencur mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan ini juga dapat membantu menyembuhkan sariawan dan membersihkan tubuh dari bakteri lainnya.

3. Mengobati Penyakit Diabetes

Penderita diabetes harus menjaga kadar asupan gula dan mengontrol berat badannya agar tidak memicu terjadinya komplikasi. Dengan demikian, beras kencur dapat menjadi salah satu pengobatan tradisional yang dapat membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh serta mencegah terjadinya kerusakan pada pankreas penderita diabetes.

Baca Juga: Inilah Manfaat Daun Katuk untuk Wajah Anda

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Di dalam beras kencur, terdapat zat sitotoksik dan antibakteri. Kandungan tersebut dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan menyembuhkan diare.

Sifat antibakteri dalam beras kencur dapat membantu pembunuhan bakteri dalam tubuh sehingga diare dapat cepat teratasi. Selain itu, mengonsumsi jamu beras kencur secara rutin dapat memberikan asupan cairan ke dalam tubuh yang dapat melancarkan sistem pencernaan dan juga mengisi cairan yang hilang ketika seseorang terkena diare.

5. Melegakan Tenggorokan

Manfaat terakhir dari beras kencur adalah jamu ini dapat membantu melegakan tenggorokan dan mengatasi batuk. Jamu beras kencur dapat membantu mendorong dahak keluar dengan cepat dan oleh karena itu, banyak penyanyi Indonesia yang sering mengonsumsinya sebelum mereka harus tampil di atas panggung.

Baca Juga: Manfaat Saffron bagi Kesehatan

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat beras kencur yang perlu Anda ketahui. Selalu jaga kesehatan anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

 

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :