Beranda > Artikel > Berbagai Manfaat Biji Jarak yang Perlu Anda Ketahui

Berbagai Manfaat Biji Jarak yang Perlu Anda Ketahui

manfaat biji jarak

Masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa ada begitu banyak manfaat dari biji jarak untuk kesehatan manusia. Namun, apakah Anda tahu seperti apa bentuk tumbuhan jarak ini?

Melalui artikel ini, Carevo akan memberikan informasi lengkap seputar tumbuhan jarak yang memiliki berbagai khasiat, khususnya pada bijinya yang dapat diolah menjadi minyak untuk dikonsumsi oleh manusia. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Pohon Jarak?

Tumbuhan jarak atau pohon jarak termasuk ke dalam tanaman liar dan termasuk ke dalam famili Euphorbiaceae. Pohon jarak ini merupakan salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber minyak nabati.

Bagian dari tanaman jarak yang dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi minyak nabati adalah bagian bijinya. Biji dari tanaman jarak dapat diolah menjadi bahan baku dari castor oil.

Pada dasarnya, minyak dari biji jarak ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal seperti dijadikan sebagai bahan campuran cat, pembuatan kulit sintetis, hingga dapat digunakan untuk pembuatan bahan tekstil. Selain itu, minyak dari olahan biji jarak juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan manusia. 

Apa Saja Kandungan dalam Biji Jarak?

Biji jarak memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan manusia. Hal ini dikarenakan kayanya kandungan yang terdapat dalam tanaman jarak.

Tanaman jarak memiliki kandungan asam risinoleat dan trigliserida yang dapat menjadi menjadi sumber cadangan lemak dalam tubuh. Ketika sumber energi dalam tubuh (glukosa) sudah habis, maka kandungan-kandungan di atas akan berperan sebagai sumber energi cadangan.

10 Manfaat Daun Jarak dan Biji Jarak

Setelah Anda mengetahui apa itu tanaman jarak serta kandungan apa yang ada di dalamnya, berikut ini ada 10 manfaat daun jarak dan biji jarak yang perlu diketahui, yaitu:

1. Menyembuhkan Penyakit Rematik

Manfaat pertama dari biji jarak yaitu dapat menyembuhkan penyakit rematik. Hal ini dikarenakan dalam kandungan asam lemak biji jarak, terdapat asam oleat, asam risinoleat, asam linoleat, dan banyak lagi kandungan asam lemak lainnya yang dapat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit rematik.

2. Mengatasi Jerawat

Minyak biji jarak juga dapat bermanfaat untuk bidang kecantikan. Kandungan asam lemak dalam biji jarak ini dapat membantu mengatasi jerawat dengan membersihkan seluruh pori-pori wajah yang tersumbat sekaligus membersihkan seluruh bakteri penyebab jerawat.

Baca Juga: Cara Mengobati Tenggorokan Sakit

3. Melembapkan Kulit

Selain dapat digunakan untuk mengatasi jerawat, minyak biji jarak juga sangat bagus untuk melembapkan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan trigliserida pada biji jarak dapat membantu menjaga kulit agar tetap terhidrasi sehingga dapat terjaga kelembapannya.

Personal Health Record

4. Mengurangi Nyeri Menstruasi

Bagi kaum hawa, mengonsumsi minyak biji jarak secara rutin dapat membantu mengurangi rasa nyeri ketika masa menstruasi tiba. Anda perlu tahu bahwa dlam minyak biji jarak, terdapat kandungan emmenagogue asam risinoleat yang dapat membuka aliran menstruasi yang tersumbat sehingga rasa nyeri dapat berkurang.

5. Meningkatkan Produksi ASI

Manfaat minyak biji jarak yang terakhir adalah dapat meningkatkan produksi ASI. Asam lemak yang ada di dalam kandungan minyak biji jarak dapat membantu proses laktasi yang dapat meningkatkan jumlah produksi ASI. 

Baca Juga: Manfaat Lengkuas Bagi Pria Dewasa

6. Anti Bakteri

Setelah mengetahui manfaat dari biji jarak, Anda juga harus tahu mengenai manfaat daun jarak. Manfaat daun jarak yang pertama adalah sebagai anti bakteri. Daun jarak dikenal dari dulu karena kemampuannya untuk melawan bakteri dalam tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan menemukan bahwa daun jarak memiliki sifat anti bakteri yang ampuh untuk melawan bakteri dermatopik dan patogenik, seperti E-Coli, S aereus, K pneumonia, dan bakteri lain berjenis Strep.

7. Menjaga Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Selain menjadi anti bakteri, daun jarak juga bermanfaat bagi para penderita gula darah rendah. Daun jarak memiliki manfaat untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Anda bisa meminum air rebusan daun jarak secara rutin untuk menaikkan kadar gula darah dalam tubuh agar bisa normal kembali. Selain itu bagi para penderita diabetes, daun jarak juga memiliki manfaat untuk mencegah naiknya kadar gula darah dalam tubuh.

Baca Juga: Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan Seluruh Tubuh

8. Mengobati Kerusakan Hati

Daun jarak memiliki manfaat juga untuk memperbaiki dan mengobati kerusakan yang terjadi pada organ hati atau liver. Hal ini dibuktikan dari penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan yang membuktikan bahwa daun jarak yang telah diekstrak dapat digunakan untuk mengobati dan memperbaiki kerusakan pada organ hati, terutama yang disebabkan oleh galactosamine.

9. Menghasilkan Minyak untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Pada tumbuhan jarak, terutama pada bagian daun jarak, mengandung getah yang biasa kita kenal sebagai ricin yang menjadi alasan kenapa tanaman jarak ini memiliki nama latin sebagai Ricinus Communis. Getah pada daun jarak yang disebut ricin ternyata dapat menghasilkan minyak jarak yang bisa digunakan sebagai bahan bakar untuk kebutuhan rumah tangga.

Minyak jarak yang dihasilkan dari getah ricin yang terdapat pada jaun jarak ini ternyata telah digunakan oleh masyarakat dalam waktu yang cukup lama. Saat ini minyak jarak sudah dikenal sebagai salah satu sumber energi alternatif. Selain itu, minyak jarak juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi anosmia.

10. Mengatasi sakit gigi

Kandungan senyawa aktif yang ada pada daun jarak, yang biasa disebut sebagai Alkaloid ternyata memiliki manfaat yang baik. Kandungan senyawa aktif yang ada pada daun jarak ini bisa kita dapatkan dari daun jarak yang sudah diekstrak menjadi salah satu jenis minyak jarak. Minyak jarak ini ampuh untuk mengatasi sakit gigi.

Jadi, itulah berbagai manfaat dari daun dan biji jarak yang perlu Anda ketahui. Anda bisa mengonsumsi minyak biji jarak dengan berbagai cara baik penggunaan luar tubuh maupun dalam tubuh (oral).

Sekian informasi yang dapat Carevo berikan untuk Anda mengenai berbagai manfaat dari biji jarak. Selalu jaga kesehatan Anda dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :