Beranda > Artikel > Banyak Khasiatnya, Inilah Manfaat Biji Kelor untuk Kesehatan

Banyak Khasiatnya, Inilah Manfaat Biji Kelor untuk Kesehatan

manfaat biji kelor

Anda pasti tahu apa itu tanaman kelor, bukan? Tapi apakah Anda tahu bahwa ada berbagai manfaat biji kelor yang ternyata baik untuk kesehatan tubuh?

Meskipun tanaman kelor biasanya dimanfaatkan pada bagian daunnya untuk dijadikan sebagai sayur, namun biji kelor ternyata juga tidak kalah baiknya dengan manfaat yang ada dalam daun kelor. 

Ingin tahu apa saja manfaat biji kelor? Silakan simak pembahasan di bawah ini karena Carevo akan memberikan informasi lengkap seputar tanaman kelor serta apa saja manfaat yang ada di dalam biji kelor.

Apa Itu Kelor?

Tanaman kelor merupakan tanaman yang dikenal sebagai pohon obat karena hampir setiap bagiannya memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Bagian-bagian tersebut adalah daun, bunga, hinggi biji kelor.

Pohon kelor ini sering digunakan oleh masyarakat untuk pengobatan alami, khususnya pada bagian bijinya. Nantinya, biji kelor dapat dikonsumsi seperti panganan kacang atau bahkan direbus untuk diminumkan sebagai obat.

Apa Saja Kandungan dalam Biji Kelor?

Biji kelor memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Di dalam biji kelor ini, terdapat kandungan kalsium, zat besi, vitamin, hingga asam amino esensial.

Vitamin yang ada di dalam biji kelor ini juga sangatlah lengkap. Kandungan vitamin tersebut terdiri dari vitamin A, vitamin C, dan juga vitamin B.

Melihat banyaknya kandungan yang ada dalam biji kelor, tidak heran apabila biji kelor ini dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan bahkan dapat digunakan untuk kepentingan lain seperti perawatan kecantikan kulit.

Personal Health Record

Apa Manfaat Biji Kelor?

Berikut ini, Anda dapat menemukan 5 manfaat dari biji kelor, yaitu:

1. Mengatasi Darah Tinggi

Manfaat pertama dari biji kelor seperti yang telah disampaikan sebelumnya adalah biji kelor dapat digunakan untuk mengatasi darah tinggi. Bagi orang yang memiliki kondisi darah tinggi, kondisi tersebut harus cepat ditangani agar tidak menyebabkan penyakit yang lebih serius seperti stroke  dan serangan jantung.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki kondisi darah tinggi, maka ada baiknya untuk mengonsumsi biji kelor secara rutin untuk dapat menurunkan tekanan darah tersebut. Anda dapat mengonsumsinya dengan cara merebus biji kelor dan meminumnya setiap hari.

2. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan dalam biji kelor ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kulit wajah. Anda dapat menggunakan biji kelor yang telah diekstrak menjadi minyak untuk digunakan sebagai pelembap alami untuk mencegah penuaan dini.

3. Meredakan Nyeri Sendi

Semakin tua usia seseorang, maka kemungkinan mereka untuk mengalami nyeri sendi akan semakin tinggi. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi biji kelor, nyeri sendi dapat diatasi karena kandungan sifat anti radang yang ada di dalamnya dapat berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri sendi.

4. Mengatasi Asma

Bagi para penderita asma bronkial, mengonsumsi biji kelor secara rutin dapat membantu mengatasi penyakit asma. Hal ini dikarenakan sifat antispasmodic dalam biji kelor mampu mengurangi serangan asma.

5. Membuat Tubuh Lebih Rileks

Manfaat terakhir dari biji kelor untuk kesehatan adalah dapat membuat tubuh lebih rileks. Biji kelor sangat baik untuk dikonsumsi bagi orang yang mengalami insomnia ataupun susah tidur di malam hari karena dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan dapat memiliki tidur yang berkualitas. 

Itulah beberapa manfaat biji kelor yang perlu Anda ketahui. Selalu jaga kesehatan Anda dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :