Beranda > Artikel > Jarang Diketahui, Inilah Berbagai Manfaat Biji Teratai

Jarang Diketahui, Inilah Berbagai Manfaat Biji Teratai

manfaat biji teratai

Selain dinikmati sebagai camilan, ternyata ada berbagai manfaat biji teratai yang jarang orang ketahui, bahkan Anda bisa jadi belum pernah mengetahuinya juga. Memangnya, apa manfaat dari biji teratai tersebut?

Biji teratai memiliki berbagai kandungan seperti serat dan antioksidan yang dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan dalam tubuh. Tidak hanya masalah kesehatan saja, namun mengonsumsi biji teratai juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah terjadinya beberapa penyakit berbahaya.

Untuk itu, melalui artikel ini, Carevo akan menjelaskan kepada Anda apa saja manfaat dari biji teratai tersebut. Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

5 Manfaat Biji Teratai

Di bawah ini, Carevo telah menyiapkan informasi seputar 5 manfaat biji teratai yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Biji teratai memiliki kandungan yang kaya akan serat dan karbohidrat kompleks. Dengan demikian, jika Anda mengonsumsi biji teratai secara rutin, maka kadar gula dan kolesterol dalam darah akan dapat lebih dikontrol.

Kadar gula dan kolesterol yang terlalu tinggi akan berpotensi untuk memicu penyakit jantung. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi biji teratai ini dengan rutin untuk menjaga kesehatan jantung.

Baca juga: Banyak Khasiatnya, Inilah Manfaat Biji Kelor untuk Kesehatan

2. Mengurangi Terjadinya Peradangan

Kandungan antioksidan dalam biji teratai dapat membantu mengurangi terjadinya peradangan dalam tubuh. Kandungan dalam biji teratai yang memiliki antioksidan adalah senyawa polisakarida yang juga dapat berfungsi sebagai antiradang.

Peradangan dalam tubuh manusia dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti diabetes, jantung, bahkan hingga kanker. Untuk itulah, biji teratai sangat baik untuk dikonsumsi agar peradangan dalam tubuh dapat diatasi serta mencegah timbulnya penyakit kronis.

3. Mengurangi Risiko Terjadinya Pertumbuhan Sel Kanker

Melanjutkan informasi pada poin sebelumnya, biji teratai dapat mengurangi risiko terjadinya pertumbuhan sel kanker, khususnya sel kanker paru-paru. Hal ini dikarenakan adanya kandungan neferine dalam biji bunga teratai yang dapat menghambat pertumbuhan serta penyebaran sel kanker paru-paru.

Personal Health Record

4. Mengatasi Insomnia

Apakah Anda memiliki gejala insomnia atau sulit tidur? Jika demikian, kami merekomendasikan kepada Anda agar dapat mengonsumsi biji teratai secara rutin.

Biji teratai dapat membantu menenangkan seluruh saraf dan otot tubuh agar dapat membuat Anda menjadi lebih rileks dan dapat tidur dengan nyenyak. Selain itu, efek rileks yang diberikan dari biji teratai mampu mengatasi penyebab insomnia seperti stres atau rasa gelisah yang berlebih.

Baca juga: 7 Manfaat Jambu Biji Putih untuk Tubuh Manusia

5. Menurunkan Kadar Gula darah

Manfaat terakhir dari biji teratai yang juga baik bagi para penderita diabetes adalah biji teratai dapat menurunkan akdar gula darah. Kandungan serat yang tinggi serta rendah kalori dalam biji teratai sangat cocok untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Dengan mengonsumsi biji teratai, maka para penderita diabetes dapat mengontrol kadar gula darahnya agar tidak melonjak tinggi. Anda bahkan dapat menjadikan biji teratai ini sebagai camilan sehat tanpa harus khawatir bahwa kadar gula akan meningkat.

Biji teratai merupakan panganan sehat yang dapat dijadikan sebagai camilan atau bahkan Anda sering menemukannya dalam makanan tradisi China yaitu kue bulan. Anda dapat mengonsumsi biji teratai ini secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh sesuai dengan berbagai manfaat yang telah dijelaskan di atas.

Sekian informasi yang dapat Carevo sampaikan untuk Anda mengenai berbagai manfaat biji teratai yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Selalu jaga kesehatan Anda dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :