Beranda > Artikel > Manfaat Blockchain untuk Industri Kesehatan

Manfaat Blockchain untuk Industri Kesehatan

blockchain untuk kesehatan

Beberapa dari Anda barangkali sudah tidak asing lagi dengan istilah blockchain. Inovasi teknologi ini tidak hanya diadaptasi di bidang keuangan atau perusahaan saja, tetapi juga dipakai dalam sektor kesehatan. Blockchain dalam sektor kesehatan dianggap sangat berpengaruh terhadap kualitas pelayanan kesehatan masa kini. Agar Anda dapat mengetahui lebih banyak tentang inovasi yang satu ini, termasuk manfaat blockchain dalam dunia kesehatan, Anda dapat membaca ulasan ini lebih jauh. 

Inovasi teknologi untuk Sektor kesehatan

Sebagai pengantar, Anda perlu tahu dulu sebenarnya apa itu blockchain dan bagaimana inovasi teknologi ini bekerja. Blockchain sendiri adalah inovasi pengolahan data dan pertukaran data dengan memanfaatkan teknologi berjejaring. Sistem yang dimiliki oleh blockchain memungkinkan data dapat diolah dan dianalisis dengan lebih mudah, termasuk memungkinkan data diakses kapan saja, di mana saja, dan dari mana saja.

Karena tingkat keamanan dari blockchain yang sangat tinggi, tidak heran jika sistem ini juga dapat diadaptasi dalam bidang kesehatan. Blockchain bisa memberikan keuntungan terutama untuk pengolahan dan kemudahan pendataan itu sendiri. Teknologi ini bahkan bisa dimanfaatkan sampai tahap pengembangan di dalam bidang kesehatan sendiri. Ini dikarenakan teknologi blockchain pun masih akan berkembang kedepannya.

Apakah Blockchain Aman?

Seperti yang kita ketahui, data merupakan hal yang sangat penting dalam berbagai macam bentuk industri, begitu juga untuk dunia kesehatan. Data pasien menjadi elemen penting yang harus dijaga dengan baik. Blockchain menawarkan keamanan yang dibutuhkan. Berbeda dengan penyimpanan data dulu yang tersentralisasi dalam satu server, blockchain menggunakan sistem server yang tersebar atau terdesentralisasi dalam sebuah bentuk jaringan antar server yang hanya bisa diakses dengan kode khusus. Setiap sistem tervalidasi, sehingga apabila ada oknum tidak bertanggung jawab yang mencoba mencuri data ini, maka mereka harus menaklukan banyak server agar usaha mereka bisa berhasil. Ini adalah solusi rumah sakit dan menjadi teknologi yang sangat bermanfaat.

Manfaat Teknologi Blockchain di Industri Kesehatan

Blockchain untuk bidang kesehatan memberikan banyak keuntungan yang memudahkan praktik dalam industri ini. Beberapa keuntungan blockchain ini ada yang sudah mulai diterapkan juga penggunaannya di bidang kesehatan Indonesia.

1. Keamanan pendataan dan akses rekam medis di rumah sakit

Manfaat blockchain pada sektor kesehatan yang pertama adalah memberikan dan meningkatkan keamanan pada proses pendataan serta akses rekam medis orang-orang. Ini dikarenakan data-data penting ini dihimpun dan disimpan secara digital. Dengan penyimpanan data yang teratur rapi, klinik, puskesmas, rumah sakit, bahkan penyedia asuransi kesehatan dapat mengakses informasi pasien atau tenaga medis dengan lebih cepat, akurat, serta aman.

Dalam sistem ini, dapat diatur siapa-siapa saja yang berhak mendapatkan akses terhadap informasi  medis tersebut. Tujuannya untuk memastikan data ini tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu karena sejatinya data  rekam medis pasien seharusnya bersifat rahasia.

2. Efisiensi penelusuran rantai distribusi obat dan alat medis

Tidak hanya rekam medis yang dapat didata, manfaat blockchain lainnya juga dapat digunakan untuk efisiensi penelusuran rantai distribusi obat dan alat medis. Pendataan ini biasanya dibuat dengan sistem berjejaring. Ini nantinya akan memudahkan pihak-pihak berwenang untuk mengetahui status persediaan obat serta alat medis tersebut. Termasuk juga ketersedian sumber daya manusia yakni tenaga medis atau dokter.

Dengan adanya sistem seperti ini, jika terjadi kondisi darurat seperti pandemi, akan lebih mudah mengakses informasi vital ini. Terlebih dalam mengarahkan solusi serta tindakan lanjutan untuk memanfaatkan sumber daya tersebut.

3. Kontrol data kesehatan masyarakat

Seperti yang sudah disebutkan di awal, sistem yang berbasis blockchain pada sektor kesehatan juga memungkinkan rekam medis masyarakat tersimpan secara digital. Dengan begini, akan lebih mudah juga bagi instansi kesehatan yang bertanggung jawab untuk mengontrol dan mengawasi data kesehatan masyarakat itu sendiri.

Ini bisa jadi sangat berguna saat akan menghadapi penularan penyakit atau kondisi pandemi seperti saat ini karena data kondisi fisik dan kesehatan masyarakat dapat dipetakan dan diketahui dengan akurat. Melacak penyebaran penyakit serta sumbernya akan menjadi lebih mudah, apalagi jika akan dilakukan penanganan atau vaksinasi pada masyarakat.

4. Pengarsipan tulisan ilmiah untuk kontribusi medis

Tidak hanya ketiga hal di atas saja, penggunaan teknologi blockchain untuk kesehatan juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan pengarsipan atau menyimpan tulisan ilmiah yang memiliki kontribusi untuk bidang medis, termasuk sektor kesehatan. Pengarsipan ini fungsinya agar ada satu sumber kurasi terpercaya yang menyajikan informasi kesehatan yang akurat dan bisa diakses secara publik juga.

Dengan begini, wawasan tentang bidang kesehatan tidak hanya diketahui oleh akademisi atau tenaga ahli saja, tetapi juga masyarakat yang hendak mencari tahu informasi tertentu, baik itu tentang penyakit, penanganan penyakit, metode operasi, atau seterusnya. Semua bisa dimungkinkan dengan adanya teknologi pengarsipan ini.

Teknologi blockchain untuk kesehatan ini juga sudah diadaptasi oleh Carevo dalam sistem aplikasinya. Dengan menerapkan sistem keamanan yang tinggi untuk menjaga data medis Anda, Carevo siap melayani Anda dengan berbagai ketersediaan layanan kesehatan. Aplikasi kesehatan ini sudah bisa diunduh di Google Play dan juga App Store. Mari jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan bantuan aplikasi Carevo.

  1. https://theconversation.com/mencatat-riwayat-pendidikan-dokter-hingga-pengumpulan-data-kasus-covid-19-manfaat-teknologi-blockchain-untuk-sektor-kesehatan-139234
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6517629/
  3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6068317/

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :