Beranda > Artikel > Manfaat Buah Bit untuk Meningkatkan Hb

Manfaat Buah Bit untuk Meningkatkan Hb

Manfaat Buah Bit

Buah bit pada dasarnya merupakan golongan sayuran. Namun bentuk dan warna yang terang sering dianggap menyerupai buah. Bit mudah ditemukan di Indonesia maupun negara Asia lainnya. Tanaman ini juga mengandung banyak nutrisi dan sering dimanfaatkan sebagai salah satu obat tradisional.

Apa saja kandungan nutrisi dalam bit?

Bit mengandung nutrisi yang esensial bagi tubuh, per 100 gram jus bit mengandung:

  • Kalori : 44
  • Protein : 1,7 gram
  • Lemak : 0,2 gram
  • Serat : 2 gram
  • Vitamin dan mineral : vitamin B6, asam folat, vitamin C, kalium, magnesium, mangan, fosfat, dan zat besi
  • Nitrat inorganik dan pigmen alami

Salah satu kandungan bit yaitu zat besi merupakan bahan dasar pembuatan heme yaitu protein yang membentuk hemoglobin (Hb), di mana Hb ini sangat dibutuhkan tubuh untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh untuk menghasilkan energi. Hemoglobin ini merupakan komponen utama sel darah merah. Kekurangan Hb, yang disebut anemia, dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan dan gejala-gejala yang menganggu aktivitas sehari-hari.

Anemia dapat disebabkan baik karena gangguan pembentukan sel darah merah dan Hb maupun karena penghancuran sel darah merah yang berlebihan. Contoh gangguan pembentukan adalah kekurangan zat besi, kekurangan vitamin B12, dan gangguan pada sumsung tulang (tempat membentuk sel-sel darah, termasuk sel darah merah); sedangkan untuk penghancuran yang berlebihan dapat dijumpai pada pasien kanker darah atau leukemia maupun penyakit hati dan limpa. Dari begitu banyaknya sebab anemia, yang paling sering ditemukan terutama di negara berkembang adalah anemia karena kekurangan zat besi.

Anemia karena kekurangan zat besi apabila dialami oleh ibu hamil dapat mengakibatkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan janin dalam rahim, sedangkan bila dialami anak-anak dapat menyebabkan keterlambatan pertumbuhan. Kekurangan zat besi diakibatkan oleh beberapa hal, yaitu:

1. Kurangnya asupan zat besi

Makan makanan yang kurang mengandung zat besi menyebabkan tubuh tidak memiliki kadar besi yang cukup untuk membuat Hb.

2. Kehilangan darah

Kehilangan darah yang banyak, perdarahan, membuat tubuh kehilangan sel darah merah dan Hb dalam jumlah besar dan dalam waktu yang relatif singkat. Beberapa penyakit, terutama kanker, juga mengakibatkan anemia.

3. Tubuh tidak mampu menyerap zat besi

Gangguan pada saluran pencernaan dapat menghalangi usus untuk menyerap zat besi dan menyebabkan anemia.

 

Gejala anemia karena kekurangan zat besi kadang kala tidak dirasakan hingga sudah mencapai kadar Hb yang terlalu rendah (di bawah 10 g/dL), dan dapat mengakibatkan gejala-gejala seperti mudah lelah, lemah, pucat, sesak napas, pusing, dan bahkan bila Hb sudah sangat rendah dapat mengakibatkan gangguan pada jantung.

Kandungan zat besi dalam bit, merupakan salah satu bahan alami untuk meningkatkan kadar hemoglobin (Hb). Selain itu, bit sendiri juga dapat memperbaiki fungsi dan kinerja sel darah merah. Di samping zat besi, bit juga mengandung vitamin C yang menunjang proses penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Bit dapat diolah menjadi berbagai macam masakan. Namun perlu diingat bahwa membuat jus bit segar lebih disarankan karena pada pemanasan (saat memasak) dapat menghilangkan kandungan nutrisi di dalam sayuran ini. Jus bit dapat dibuat dari bit segar saja maupun ditambahkan buah-buahan lain dan yogurt untuk menambah variasi rasanya. Tidak disarankan untuk mengkonsumsi bit dalam jumlah terlalu banyak, karena bit juga mengandung oksalat, penyebab timbulnya batu ginjal.

Baca juga: Manfaat Jus Buah Bit untuk Kesehatan

 

Referensi:

Coyle, D. (2017, May 26). 9 Impressive Health Benefits of Beets. Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-beets

G, Pushpaanjali., M.P, B., & S, L. R. (2020). Effect of Beetroot Juice on Anaemic Patients -an Analytical Study. Bioscience Biotechnology Research Communications, 13(8), 77–80. https://doi.org/10.21786/bbrc/13.8/113

Nora, M. A. (2018). Effect of red beetroot (Beta vulgaris L.) intake on the level of some hematological tests in a group of female volunteers. ISABB Journal of Food and Agricultural Sciences, 8(2), 10–17. https://doi.org/10.5897/isabb-jfas2017.0070

Pletcher, P. (2017, October 12). 14 Must-Try Beet Recipes. Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/must-try-beet-recipes

Sanyal, S. (2020, August 3). Iron Deficiency Anemia. Healthline. https://www.healthline.com/health/iron-deficiency-anemia

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :