Beranda > Artikel > Manfaat Buah Jambu Biji Merah

Manfaat Buah Jambu Biji Merah

Buah jambu (Psidium guajava) merupakan buah yang umum ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Buah ini memiliki keragaman bentuk dan rasa yang diperkirakan mencapai sekitar 22 jenis buah jambu yang dapat ditemui di Indonesia. Salah satu jenis yang memiliki nutrisi terbanyak ialah jambu biji merah. Buah ini memiliki bentuk bulat atau oval dengan warna kulit hijau kekuningan dan mengandung banyak biji kecil di dalamnya.

Selain rasanya yang menyegarkan serta tekstur yang unik, ternyata buah ini memiliki banyak kandungan yang menguntungkan bagi kesehatan Anda! Buah ini memiliki banyak kandungan bermanfaat seperti vitamin A, B, C, D, E, K , serta mineral seperti kalsium, kalium, zat besi, zinc, dan sebagainya.

Kandungan vitamin dan mineral dari jambu biji merah dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  1. Meningkatkan daya fungsi otak

Jambu biji merah mengandung vitamin B6 dan B3 yang dapat meningkatkan kesehatan kognitif Anda. Vitamin B6 serta magnesium yang terkandung didalam buah ini juga dinyatakan dapat mengurangi resiko terjadinya dimensia, penurunan kognitif, serta depresi. Kandungan asam folat yang ada juga tidak kalah penting dalam penyokong daya fungsi saraf terutama pada saat kehamilan.

  1. Menjaga kesehatan mata

Satu porsi jambu biji mengandung 1030 IU vitamin A yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata Anda. Konsumsi buah ini dinyatakan dapat mengurangi resiko terjadinya katarak maupun penyakit mata lainnya terutama menjelang usia paruh baya. Vitamin C yang tinggi didalamnya juga membantu dalam proses ini.

  1. Mencegah penuaan dini

Radikal bebas merupakan zat berbahaya yang dapat terbentuk dalam tubuh kita akibat adanya radiasi, polusi, rokok, maupun interaksi dari bahan kimia lain yang ada dalam tubuh kita. Hal ini dapat merangsang penuaan pada sel-sel tubuh kita. Jambu biji merah mengandung 2 kali lipat lebih banyak vitamin C dari jeruk yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Kandungan vitamin dan mineral lainnya juga terbukti dapat berperan dalam menjaga kekencangan kulit serta mencegah kerutan.

  1. Mengurangi resiko kanker

Adanya peradangan yang terus-menerus akibat stres oksidatif yang tertimbun dalam tubuh berperan besar dalam proses pembentukkan kanker. Kandungan mineral dan vitamin dalam jambu biji merah dapat membantu menurunkan reaksi peradangan akibat stres oksidatif tersebut dan menurunkan kemungkinan kejadian kanker. Kandungan lycopene yang ada juga merupakan zat yang sangat kuat dalam mengatasi kanker prostat dan payudara

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Serat yang terkandung dalam jambu biji merah menyumbang 12% (3 gram) kebutuhan serat harian Anda. . Buah ini juga mengandung antimikroba yang membantu mencegah perkembangan bakteri buruk dalam usus, serta membantu mengurangi kram pencernaan. Hal tersebut membantu pegerakan usus dan membuat kotoran terolah dengan baik sehingga dapat membantu memperlancar buang air besar Anda

  1. Menjaga kesehatan jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 120 orang yang mengkonsumsi jambu biji merah  selama 12 minggu berturut-turut dapat menurunkan tekanan darah, serta kolestrol total sebesar 9,9%. Didapatkan pula peningkatan HDL atau yang sering disebut sebagai kolestrol baik. Secara langsung hal ini berperan dalam pembersihan plak di pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung maupun strok.

  1. Meningkatkan sistem imun

Kandungan vitamin C serta antimikroba pada jambu biji merah dapat meningkatkan kinerja sistem imun kita. Banyak studi yang menyatakan konsumsi buah ini secara reguler dapat menurunkan kejadian flu.

  1. Membantu menjaga berat badan ideal

Jambu biji merah mengandung banyak air dan serat dengan kandungan lemak dan kalori yang rendah. Selain mengenyangkan dalam waktu lama, konsumsi secara rutin juga dapat membantu kinerja enzim dalam proses metabolisme tubuh sehingga dapat membantu menjaga berat badan ideal.

 

Referensi

  • Singh R, Rastogi S, Singh R, Ghosh S, Niaz M. Effects of guava intake on serum total and high-density lipoprotein cholesterol levels and on systemic blood pressure. The American Journal of Cardiology. 1992;70(15):1287-1291.
  • Kennedy DO. B Vitamins and the Brain: Mechanisms, Dose and Efficacy–A Review. Nutrients. 2016;8(2):68. Published 2016 Jan 27. doi:10.3390/nu8020068
  • Khoo HE, Ng HS, Yap WS, Goh HJH, Yim HS. Nutrients for Prevention of Macular Degeneration and Eye-Related Diseases. Antioxidants (Basel). 2019;8(4):85. Published 2019 Apr 2. doi:10.3390/antiox8040085
  • Mézes M, Erdélyi M. Az élelmiszerek rosttartalmának antioxidáns hatása. Orvosi Hetilap. 2018;159(18):709-712.

Bagikan ke orang terdekat anda

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics