Beranda > Artikel > Mengenal Manfaat Buah Kenari untuk Kesehatan

Mengenal Manfaat Buah Kenari untuk Kesehatan

manfaat buah kenari

Tahukah Anda, ternyata ada begitu banyak manfaat buah kenari untuk kesehatan. Buah kenari tidak hanya lezat untuk disantap, namun dari segi medis, buah kenari dapat bermanfaat bagi tubuh Anda apabila dikonsumsi secara rutin.

Melalui artikel ini, Carevo akan memberikan informasi lengkap yang perlu Anda ketahui mengenai manfaat buah kenari. Namun, sebelum masuk ke dalam manfaatnya, silakan simak pembahasan mengenai apa itu buah kenari dan kandungannya yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

 

Pengertian Buah Kenari

Buah kenari atau walnut memiliki bentuk yang sangat unik yaitu menyerupai otak manusia dalam ukuran kecil. Kulit dari buah kenari ini berbentuk seperti cangkang yang sangat tebal dan keras.

Untuk membuka buah kenari tersebut, Anda harus menggunakan alat khusus seperti penjepit. Kemudian, isi dari buah kenari tersebut yang dapat dikonsumsi dan diolah menjadi beberapa hidangan yang melezatkan dan tentu saja menyehatkan.

Buah kenari ini termasuk ke dalam golongan kacang-kacangan yang sangat kaya akan nutrisi. Di dalam buah kenari ini, terdapat kandungan karbohidrat, gula, serat, protein, lemak, serta kalsium dan seluruh nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tubuh.

Selain kandungan di atas, masih ada sederet nutrisi lainnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia seperti fosfor, magnesium, mangan, zat besi, asam lemak omega-3, hingga vitamin B6. Mari kita simak apa saja manfaat dari kandungan-kandungan tersebut untuk kesehatan pada poin pembahasan berikutnya.

6 Manfaat Buah Kenari untuk Kesehatan

Di bawah ini, Anda akan menemukan 6 manfaat dari buah kenari yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia, yaitu:

1. Mengontrol Nafsu Makan

Manfaat pertama dari buah kenari adalah untuk mengontrol nafsu makan. Buah kenari ini sangat cocok untuk dikonsumsi bagi yang ingin atau sedang melaksanakan program penurunan berat badan.

Seperti yang telah Anda lihat sebelumnya, ada begitu banyak nutrisi penting dalam buah kenari yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Nutrisi-nutrisi tersebut yang membuat tubuh akan merasa cepat kenyang dan akhirnya nafsu makan dapat lebih mudah untuk dikontrol.

Baca Juga: 10 Tips Menjaga Imunitas Tubuh dengan Baik

2. Meningkatkan Kesuburan Sistem Reproduksi Pria

Menurut sebuah studi yang dimasukkan dalam jurnal Nutrients di tahun 2019 menunjukkan bahwa buah kenari dapat membantu meningkatkan kesuburan sistem reproduksi pria. Penelitian ini dilakukan selama 14 minggu dengan memantau perkembangan beberapa pria yang mengonsumsi buah kenari secara rutin.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Meniran untuk Daya Tahan Tubuh

3. Meningkatkan Proses Berpikir

Buah kenari memiliki kandungan polifenol dan vitamin E yang dapat membuat proses berpikir manusia menjadi lebih baik. Oleh karena itu, buah kenari sangat baik untuk dikonsumsi bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan juga lansia.

Personal Health Record

4. Mencegah Radikal Bebas

Senyawa polifenol dalam buah kenari juga dapat membantu tubuh untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas dalam tubuh dapat berkembang menjadi berbagai macam penyakit berbahaya seperti jantung, kanker, peradangan dalam tubuh, dan banyak lagi.

Baca Juga: 5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Diabetes

5. Mencegah Osteoporosis

Di dalam buah kenari, terdapat kandungan fosfor dan magnesium yang dibutuhkan oleh tulang. Dengan mengonsumsi buah kenari ini, Anda dapat terhindar dari risiko osteoporosis dan bahkan memperkuat tulang-tulang.

6. Menjaga Kadar Gula

Manfaat terakhir dari mengonsumsi buah kenari adalah dapat membantu menjaga kadar gula. Buah kenari bisa menjadi camilan sehat bagi penderita diabetes untuk mencegah peningkatan kadar gula.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat buat kenari untuk kesehatan. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan Anda dan catat kondisinya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

Article Source:

https://www.healthline.com/nutrition/foods/walnuts

https://www.health.com/nutrition/walnut-benefits

https://www.medicalnewstoday.com/articles/309834#health_benefits

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :