Beranda > Artikel > Manfaat Buah Leunca Untuk Asam Urat

Manfaat Buah Leunca Untuk Asam Urat

manfaat buah leunca untuk asam urat

Buah yang berbentuk bulat kecil dan berwarna hijau atau ungu ini merupakan buah yang masuk ke dalam suku terung-terungan. Leunca atau Solanum Nigrum L merupakan buah yang sangat sering dikonsumsi masyarakat Indonesia sebagai sebuah lalapan. Rasanya yang pahit namun segar ini membuat orang-orang sangat menikmatinya. Ternyata buah yang satu ini punya banyak manfaat. Salah satunya untuk asam urat. Yuk, cari tahu apa manfaat buah leunca untuk asam urat.

Mengenal Buah Leunca

Buah yang satu ini ternyata memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan juga vitamin, seperti kandungan Zat besi sebesar 6,1 mg yang hampir setara dengan sayur bayam, Vitamin A sebesar 79 mcg, Vitamin C sebesar 40 mg, Vitamin B1 0,1 mg, Kalsium 210 mg, Seng 0,6 mg, dan Fosfor sebanyak 34 mg. Dalam 100 gram leunca segar juga terdapat kalori sebesar 49 kkal, 8,1 gram karbohidrat, 0,5 gram lemak, dan 4,7 gram protein yang tentunya sangat bagus untuk tubuh Anda.

Manfaat Buah Leunca Untuk Asam Urat

Asam urat adalah produk limbah yang ditemukan dalam darah. Limbah ini muncul ketika tubuh memecah bahan kimia yang disebut purin. Asam urat kebanyakan akan larut dalam darah, melewati ginjal dan keluar dari tubuh melalui urin. Makanan dan minuman yang memiliki kandungan purin yang tinggi juga meningkatkan kadar asam urat. Beberapa bahan makanan tersebut adalah:

  • Makanan laut
  • Daging merah
  • Organ seperti hati
  • Makanan dan minuman dengan sirup jagung fruktosa tinggi, dan alkohol (terutama bir, termasuk bir non-alkohol)

Jika ada banyak asam urat yang tertinggal di dalam tubuh, kondisi hiperurisemia akan terjadi. Hiperurisemia dapat menyebabkan pembentukan kristal asam urat. Kristal ini dapat mengendap di persendian dan menyebabkan asam urat, sejenis artritis yang bisa sangat menyakitkan. Mereka juga bisa mengendap di ginjal dan membentuk batu ginjal.

Namun, buah leunca yang satu ini memiliki beberapa manfaat yang bisa membantu dalam mengatasi asam urat yang berlebih. Salah satunya adalah karena leunca tidak mengandung purin. Karena tidak memiliki kandungan purin, maka akan sangat bagus jika penderita asam urat berlebih mengkonsumsi buah yang satu ini. 

Baca Juga : Makanan yang harus dihindari penderita asam urat

Buah ini juga bermanfaat mengontrol kandungan purin dalam tubuh Anda. Kandungan antioksidan di dalamnya juga mampu menjaga fungsi ginjal Anda. Anda dapat mengkonsumsinya dalam keadaan mentah untuk menjaga kandungan yang ada di dalamnya. Bisa saja karena diolah maka kandungan yang ada di dalamnya dapat berkurang.

Meskipun leunca baik untuk penderita asam urat, bukan berarti tanaman yang satu ini adalah obat yang mampu memberikan kesembuhan secara total. Ada baiknya jika penderita asam urat melakukan pengobatan yang tepat bersama dokter ahlinya.

Manfaat Buah Leunca untuk Tubuh

Ada beberapa manfaat dari buah leunca lainnya untuk tubuh, seperti:

1. Membantu Pencernaan

Buah yang satu ini dapat memasok berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh. Jika setiap hari dalam makanan, buah ini dapat membantu pencernaan makanan dengan mudah.

2. Meredakan Sakit Punggung

Buah ini juga efektif dalam meredakan sakit punggung, pegal, nyeri otot, dan pinggang kaku. Juga bagi yang menderita rematik, buah ini baik untuk menyembuhkan rematik dan gejala-gejalanya.

3. Mencegah sembelit

Kandungan serat yang banyak dari buah ini dapat membantu untuk mencegah sembelit. Serat yang ada pada leunca dapat berperan sebagai obat pencahar alami, mencegah masalah sembelit. 

Nah, itulah manfaat buah leunca untuk asam urat dan berbagai manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh Anda. Selalu perhatikan dan jaga kesehatan Anda serta catat gejala kondisi Anda dengan Apps PHR Carevo. Stay healthy!

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :