Beranda > Artikel > 5 Manfaat Buah Menteng yang Berkhasiat

5 Manfaat Buah Menteng yang Berkhasiat

manfaat buah menteng

Ada berbagai manfaat buah menteng bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Tahukah Anda apa itu buah menteng?

Melalui artikel ini, Carevo akan memberikan informasi penting kepada Anda mengenai buah menteng dan juga manfaatnya yang sangat baik bagi kesehatan. Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Benarkah Antibiotik Membuat Tubuh Menjadi Kebal Obat?

Apa Itu Buah Menteng?

Buah menteng adalah buah yang muncul dari tumbuhan berbunga bernama Baccaurea Racemosa. Tumbuhan tersebut masuk ke dalam keluarga Phyllanthaceae.

Apabila Anda pernah melihat buah menteng, bentuk buah ini mirip seperti buah duku hanya saja ukurannya jauh lebih besar. Kira-kira, ukuran buah menteng memiliki diameter sekitar 2 hingga 7 cm. 

Buah menteng memiliki kulit luar yang berwarna kuning dan isi daging yang berbeda-beda. Isi daging dari buah ini ada yang berwarna putih, merah, bahkan bening.

Rasa dari buah ini asam, namun menyegarkan. Selain itu, ada banyak kandungan di dalamnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia seperti vitamin C, kalsium, fosfor, dan lainnya.

Sebagai informasi tambahan, nama buah menteng diambil dari salah satu tempat di Jakarta dengan nama yang sama karena konon katanya buah ini sering ditemukan di daerah tersebut. Di tempat lain, buah ini dikenal dengan nama buah kepundung dan keberadaannya sudah semakin langka dan jarang ditemukan di pasar.

Personal Health Record

Apa Saja Manfaat Buah Menteng?

Kandungan dalam buah menteng memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. Berikut ini, ada 5 manfaat dari buah menteng yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat pertama dari buah menteng adalah buah ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan juga menyembuhkan diare. Di dalam buah menteng, terdapat kandungan asam galat yang berfungsi sebagai antibakteri sehingga dapat mengatasi berbagai infeksi yang terjadi di dalam sistem pencernaan manusia.

2. Mencegah Terjadinya Peradangan

Buah menteng memiliki berbagai kandungan seperti flavonoid, fenol, dan terpenoid. Ketiga kandungan tersebut termasuk ke dalam senyawa antioksidan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya peradangan ataupun radikal bebas.

Dengan mengonsumsi buah menteng secara rutin, Anda dapat memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena beberapa penyakit berbahaya seperti penyakit jantung atau kanker. Uniknya, kandungan antioksidan tersebut tidak hanya ditemukan dalam daging buah menteng saja namun juga kulitnya yang dapat Anda konsumsi sebagai obat.

Baca Juga: Apa Itu Obat Anestesi? Ini Dia Kandungan dan Manfaatnya

3. Memperkuat Tulang 

Di dalam buah menteng, terdapat kandungan kalsium yang dapat membantu menguatkan tulang Anda. Kandungan kalsium tidak hanya dibutuhkan oleh anak-anak saja namun juga untuk orang dewasa untuk mencegah terjadinya pengapuran ketika sudah menginjak usia lanjut usia.

Kandungan kalsium ini juga sangat bagus untuk perkembangan bayi selama masih berada di dalam kandungan. Jadi, ibu hamil dapat mengonsumsi buah menteng untuk menguatkan pertumbuhan tulang bayi selama masa kehamilan.

Baca Juga: Manfaat Saffron bagi Kesehatan

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C merupakan kandungan utama yang ada di dalam buah menteng. Hampir sebagian besar kandungan di dalam buah ini didominasi oleh vitamin C.

Tubuh manusia membutuhkan vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar dapat terhindar dari serangan virus atau bakteri penyebab penyakit. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tersebut, Anda cukup mengonsumsi 1 buah menteng setiap harinya.

5. Mengatasi Anemia

Manfaat terakhir dari buah menteng adalah buah ini memiliki kandungan zat besi yang dapat mengatasi anemia. Kandungan zat besi ini dapat membantu meningkatkan jumlah hemoglobin yang berfungsi untuk menyalurkan oksigen ke seluruh jaringan dan organ tubuh.

Sekian informasi yang dapat Carevo berikan mengenai 5 manfaat buah menteng yang berkhasiat. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan Anda dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

 

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :