Beranda > Artikel > Manfaat Bunga Kenop

Manfaat Bunga Kenop

Manfaat Bunga Kenop

Bunga kenop (Gompherna globosa) atau yang dikenal dengan Globe amaranth merupakan tanaman yang indah dan cantik. Dengan bunga yang berwarna ungu terang, putih atau merah yang menyerupai globe membuat tanaman ini banyak diperjualbelikan sebagai tanaman hias. Globe amaranth berasal dari Amerika Tengah dan menyebar ke banyak daerah. Di Indonesia sendiri tanaman ini cukup mudah ditemukan. Namun tidak hanya cantik dan digunakan sebagai tanaman hias, bunga kenop juga memiliki manfaat kesehatan yang cukup banyak, dan dapat diseduh menjadi teh (Globe amaranth tea).

 

Manfaat teh bunga kenop

Tanaman ini mengandung cukup banyak nutrisi penting bagi tubuh, seperti:

  • Protein: 9,3 gram
  • Karbohidrat: 46 gram
  • Lemak: 5,2 gram
  • Vitamin dan mineral

Bunga kenop mengandung banyak vitamin A, B6, dan vitamin C, serta vitamin K. Selain itu juga ada asam folat yang merupakan mineral esensial untuk tubuh dan perkembangan sistem syaraf. Mineral-mineral seperti zat besi, kalium, kalsium, magnesium, dan mangan juga dimiliki oleh tanaman ini.

  • Serat dan asam amino

 

Banyaknya kandungan nutrisi tersebut membuat teh bunga kenop memiliki beragam manfaat kesehatan:

 

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang rendah membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit. Kandungan vitamin C dalam teh bunga kenop dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dalam menghadapi serangan kuman.

 

2. Dapat berfungsi sebagai antioksidan

Bunga kenop mempunyai fungsi sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas yang terbentuk maupun yang masuk ke dalam tubuh kita. Radikal bebas ini dapat membawa efek negatif untuk kesehatan, seperti meningkatkan risiko timbulnya penyakit jantung dan stroke, serta penuaan dini.

 

3. Menurunkan kadar kolesterol darah

Kolesterol yang tinggi dalam darah juga merupakan salah satu faktor risiko munculnya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit yang menyerang pembuluh darah lainnya. Dengan kadar kolesterol yang rendah dapat menjaga kesehatan pembuluh darah untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut.

 

4. Menjaga kadar gula darah

Kandungan mikro nutrien dalam bunga kenop memiliki kemampuan untuk membantu tubuh dalam mengatur keseimbangan gula darah, di mana apabila gula darah terlalu tinggi (apalagi bila sudah menderita penyakit diabetes atau kencing manis) dapat menyebabkan kerusakan di pembuluh darah semakin parah. Apabila menyerang pembuluh darah besar dapat mengakibatkan penyakit jantung, stroke, bahkan kebutaan karena gangguan pembuluh darah di mata.

 

5. Memiliki efek antibakteria

Dalam suatu studi, ekstrak bunga kenop menunjukan hasil yang baik dalam menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga dapat digunakan sebagai tambahan terapi dalam pengobatan infeksi bakteri.

 

6. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Kandungan serat dan mikronutrien dalam bunga kenop berperan untuk mengatur gerak usus dan perkembangan bakteri baik di dalam saluran pencernaan, sehingga dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan kita.

 

7. Menjaga keseimbangan tekanan darah

Banyak faktor yang mengakibatkan tekanan darah menjadi tinggi, di mana pola hidup tidak sehat dan radikal bebas memegang peranan penting. Konsumsi teh bunga kenop yang mengandung kalium dan mikronutrien esensial lainnya dapat membantu mengatur tingkat tekanan darah seseorang yang pada akhirnya dapat membantu menjaga kesehatan organ-organ vital lainnya.

 

8. Membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut

Teh atau seduhan bunga kenop yang dioleskan di kulit dapat membantu menjaga kelembaban dan kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu mencegah efek negatif paparan radikal bebas di kulit, dan mengurangi timbulnya rambut putih.

Untuk membuat teh bunga kenop cukup mudah. Setelah merebus air hingga mendidih, dapat mencampurkan bunga kenop segar atau yang telah dikeringkan dan tunggu beberapa menit.

Baca juga: Jarang Diketahui, Inilah Berbagai Manfaat Biji Teratai

 

Referensi:

Dr Heben’s team. (2021). Health Benefits of Globe Amaranth Flower Tea – Powerful Herbal Tea. DrHealthBenefits.Com. https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/beverages/tea/health-benefits-of-globe-amaranth-flower-tea

Globe Amaranth Tea: Top Benefits and Ways to Brew. (2021). Tea Reviews. https://teareviews.co.uk/globe-amaranth/

WildTurmeric. (2017, April 11). 5 TOP MEDICINAL USES OF GOMPHRENA GLOBOSA. Wild Turmeric. https://www.wildturmeric.net/gomphrena-globosa-globe-amaranth-medicinal-uses/

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics