Beranda > Artikel > Manfaat Daging Kambing untuk Pria

Manfaat Daging Kambing untuk Pria

Manfaat Daging Kambing untuk Pria

Daging kambing (Capra hircus) merupakan salah satu daging merah yang mudah dijumpai di Indonesia, meskipun jumlah konsumsi nya tidak sebanyak daging sapi maupun ayam. Selain daging yang dapat dikonsumsi, susu kambing juga mengandung beragam manfaat bila dikonsumsi.

Dalam 100 gram daging kambing mengandung lemak total 3 gram dan kolestrol 75 mg. Untuk perbandingan, daging sapi dengan berat yang sama memiliki kandungan lemak total 9,2 gram dan kolestrol yang sama, 85 mg. Keduanya merupakan sumber protein hewani yang baik, yaitu 27 gram. Namun daging kambing memiliki kalori total yang lebih rendah dibandingkan daging sapi, yaitu 143 kcal per 100 gram nya untuk daging kambing dan 209 kcal per 100 gram daging sapi. Selain itu, daging kambing juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh.

 

Manfaat daging kambing untuk pria

Daging kambing yang dikonsumsi tidak dalam jumlah yang berlebihan dapat memberikan manfaat kesehatan:

1. Mengurangi risiko timbulnya anemia

Penyebab anemia yang paling sering adalah kekurangan zat besi, sehingga membuat tubuh mudah lelah, lesu, dan hilang minat. Konsumsi daging kambing yang kaya zat besi dapat membantu mencukupi kebutuhan zat besi harian untuk mencegah anemia.

 

2. Menjaga massa otot

Kandungan protein dalam daging kambing diperlukan tubuh untuk metabolisme otot. Jumlah kadar protein yang relatif sama dengan daging sapi membuat daging kambing menjadi alternatif pilihan untuk mempertahankan atau menambah massa otot.

 

3. Menjaga daya tahan tubuh

Vitamin dan mineral dalam daging kambing seperti vitamin B dan zinc merupakan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan tubuh dari pengaruh radikal bebas.

 

4. Membantu memperbaiki disfungsi ereksi

Zinc di dalam daging kambing dipercaya dapat membantu pemulihan penderita disfungsi ereksi. Karena zinc merupakan salah satu mineral kunci dalam proses pembentukan hormon testosteron pada pria.

 

5. Meningkatkan gairah seksual pria

Produksi hormon testosteron yang kurang dapat menyebabkan turunnya gairah seksual. Seperti telah disebutkan, zinc sangat dibutuhkan dalam produksi hormon tersebut sehingga konsumsi daging kambing yang kaya zinc dapat membantu meningkatkan gairah seksual.

 

6. Memberikan sensasi rasa hangat

Daging kambing memiliki efek termogenik, menghasilkan panas, yang tinggi. Sehingga dapat memberikan rasa hangat setelah dikonsumsi.

 

Meskipun memiliki banyak manfaat, konsumsi daging kambing berlebihan justru dapat menimbulkan masalah kesehatan, terkait dengan kadar kolestrol. Daging kambing yang merupakan daging merah dapat meningkatkan kadar kolestrol dalam darah. Hal ini merupakan pemicu timbulnya penyakit-penyakit seperti penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit pembuluh darah lainnya. Selain itu, konsumsi daging kambing yang tinggi zinc, juga berpotensi menimbulkan kelebihan zinc di dalam tubuh, hingga dapat menimbulkan gejala seperti diare, muntah, atau gangguan perut lainnya.

Baca juga: Berbagai Manfaat Biji Jarak yang Perlu Anda Ketahui

 

Cara mengolah daging kambing

Daging kambing tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari, karena dapat menimbulkan hiperkolestrolemia (kelebihan kolestrol dalam darah). Pemilihan daging juga harus yang segar dan bersih. Sebaiknya juga dihindari mengolah daging dengan digoreng, karena minyak goreng akan semakin menambah kadar lemak dalam daging.

Lemak (gajih) yang menempel di daging kambing harus dibuang, kemudian daging dapat diolah lebih lanjut, dengan dibakar, direbus menjadi gulai, atau dipanggang. Pengolahan daging kambing yang tidak benar-benar matang dapat meningkatkan risiko infeksi toxoplasma pada manusia dan infeksi bakteri-bakteri yang kebal antibiotik.

 

Referensi:

Ivanovic, S., Pavlovic, I., & Pisinov, B. (2016). The quality of goat meat and it’s impact on human health. Biotechnology in Animal Husbandry, 32(2), 114–115.

Mazmanyan, V. (2020, November 29). Goat vs Lamb and mutton – Health impact and Nutrition Comparison. Foodstruct. https://foodstruct.com/compare/goat-vs-lamb

Case-Lo, C. (2020, July 24). The Link Between Zinc and Erectile Dysfunction. Healthline. https://www.healthline.com/health/erectile-dysfunction/zinc

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :