Beranda > Artikel > Manfaat Daun Afrika Untuk Pria yang Jarang Diketahui

Manfaat Daun Afrika Untuk Pria yang Jarang Diketahui

Manfaat Daun Afrika untuk Pria

Daun afrika berasal dari Nigeria yang sering digunakan sebagai sayuran hijau atau sebagai bumbu makanan, terutama sup daun pahit yang populer. Daun yang baru dipanen akan dimaserasi dengan air dingin atau panas untuk mengurangi kepahitan daun ke tingkat yang diinginkan, kemudian ditambahkan dengan bumbu lain untuk sup. Daunnya dapat diambil sebagai makanan pembuka sementara ekstrak air dapat diambil sebagai herbal untuk mencegah penyakit tertentu. Daun ini juga sering dikonsumsi oleh wanita Hausa dengan keyakinan bahwa itu membuat mereka lebih menarik secara seksual. Namun ternyata daun afrika juga memiliki banyak manfaat bagi pria, berikut beberapa manfaat daun afrika bagi pria.

 

Peningkat stamina

Di Nigeria Utara, daun afrika kerap kali ditambahkan ke pakan kuda sebagai penguatan stamina atau penggemukan yang disebut ‘Chusar Doki’ di Hausa. Protein yang tinggi dalam daun ini dapat meningkatkan stamina serta kebugaran seseorang khususnya pada pria.

Baca juga: Inilah Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Pria

 

Meningkatkan kesuburan

Seorang ahli gizi melaporkan bahwa daun afrika dapat meningkatkan kesuburan karena kemampuannya untuk meningkatkan fungsi sistem reproduksi dan menyeimbangkan hormon. Konsumsi daun afrika dapat meningkatkan metabolisme glukosa, mendorong terciptanya piruvat yang dikenal sebagai substrat favorit untuk pergerakan dan kelangsungan hidup sel sperma. Fungsi antioksidan dalam zat flavonoid dan nutrisi dalam konsentrat daun afrika dapat menjaga morfologi sperma, kelangsungan hidup sperma serta fungsinya. Dalam penelitian ini, hewan yang diobati dengan daun afrika menunjukkan peningkatan motilitas sperma, morfologi normal dan jumlah sel sperma hidup. Temuan ini juga di dukung oleh temuan-temuan lainnya oleh beberapa meneliti yang juga menunjukkan menunjukkan peningkatan kualitas sperma dengan pemberian ekstrak daun afrika.

Baca juga: Manfaat Lengkuas Bagi Pria Dewasa

 

Hal yang perlu diperhatikan dalam konsumsi daun afrika

Meskipun banyak penelitian yang mengemukakan hasil positif daun afrika pada kesuburan pria, menurut sebuah penelitian lainnya pemberian ekstrak daun afrika dengan dosis yang tinggi untuk jangka waktu yang lama justru memicu berbagai tingkat degenerasi testis mulai dari penurunan yang signifikan dalam konsentrasi dan motilitas sperma hingga morfologi abnormal sel sperma pada tikus jantan.

Penelitian ini menguji pengaruh ekstrak daun afrika pada pemberian oral selama 30 hari dengan variasi dosis antara lain 50, 100, 200 mg/kg. Penelitian ini juga menilai efeknya pada 60 hari pemberian oral dengan dosis 200 mg/kg ekstrak pada beberapa indeks kesuburan pada tikus jantan. Pada pemberian 30 hari, ekstrak menghasilkan peningkatan yang signifikan yang meningkat seiring dengan peningkatan dosis pada konsentrasi sperma, persentase motilitas, morfologi dan persentase sperma hidup. Meskipun hasil penelitian tidak menunjukkan peningkatan pada beberapa hormon pria. Selanjutnya, ternyata pemberian ekstrak daun afrika pada dosis yang lebih tinggi (200 mg/kg) dan durasi 60 hari memicu berbagai tingkat degenerasi testis mulai dari penurunan yang signifikan dalam konsentrasi sperma, motilitas, persentase morfologi normal, persentase jumlah sperma hidup hingga penurunan yang signifikan dan peningkatan jumlah persentase sperma abnormal. Bukti tersebut menunjukkan bahwa dosis yang lebih tinggi dari ekstrak daun afrika yang diberikan untuk durasi yang lebih lama dapat merusak testis.

Berdasarkan penelitian-penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ekstrak daun afrika dalam dosis rendah (<200 mg/kg) dapat memiliki efek yang menunjang kesuburan bila hanya diberikan sekitar 30 hari saja. Namun, sebaliknya ekstrak daun afrika dapat menimbulkan penurunan kesuburan pria bila dikonsumsi secara berlebih (dosis yang tinggi dalam jangka waktu yang lama). Beberapa penelitian juga menghubungkan pengaruh daun afrika terhadap interaksinya dengan beberapa obat-obatan. Sebaiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi hal ini karena secara keseluruhan efeknya terhadap manusia masih belum terbukti penuh secara ilmiah.

Baca juga: Jangan Lewatkan Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan Ini

 

Sumber:

L.C. Saalu, G.G. Akunna and J.O. Ajayi, 2013. Modulating Role of Bitter Leaf on Spermatogenic and Steroidogenesis Functions of the Rat Testis. American Journal of Biochemistry and Molecular Biology, 3: 314-321.

Ekenjoku, John & Airaodion, Augustine & Okoroukwu, Victor & Ogbuagu, Emmanuel & Ogbuagu, Uloaku. (2019). Oral Administration of Ethanolic Leaf Extract of Vernonia amygdalina May Impact Negatively on Fertility in Male Wistar Rats. 1-8.

 

Pantau kesehatanmu secara rutin dengan aplikasi Carevo. Download Carevo di sini.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :