Beranda > Artikel > Jangan Lewatkan Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan Ini

Jangan Lewatkan Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan Ini

manfaat daun afrika atau daun pahit

Dau Afrika, atau daun dengan tananman yang memiliki nama latin Vernonia amygdalina, umumnya dikenal sebagai daun pahit. . Rasa pahit ini disebabkan oleh faktor anti nutrisi seperti alkaloid, saponin, tanin, dan glikosida. Daun ini adalah semak yang tumbuh hingga tinngi 3 meter di daerah tropis Afrika dan bagian lain Afrika, khususnya, Nigeria, Kamerun dan Zimbabawe. Tumbuhan ini terkenal memiliki beberapa manfaat kesehatan dan banyak digunakan dalam pengobatan tradisional diberbagai negara. Daunnya digunakan sebagai sayuran berdaun hijau dan dapat dikonsumsi baik sebagai sayuran (daun dimaserasi dalam sup) atau ekstrak airnya digunakan sebagai herbal untuk pengobatan berbagai penyakit. Berikut beberapa manfaat daun afrika bagi kesehatan:

 

Antioksidan

Beberapa penelitian melaporkan aktivitas antioksidan dan sitoprotektif ekstrak rebus, dingin, dan metanol dari ekstrak daun afrika. Efek antioksidan yang kuat diduga didapatkan dari zat flavonoid yang tinggal dalam ekstrak daun mudanya. Zat ini diduga dapat melindungi dan memperbaiki fungsi hati. Penelitian terhadap tikus menunjukkan bahwa ekstrak daun afrika dapat memperbaiki fungsi hati yang rusak akibat obat-obatan karena efek antioksidannya yang kuat tersebut.

 

Melindungi sel saraf

Keuntungan lain dari sifat antioksidan ini juga dinyatakan bermanfaat untuk melindungi sel saraf. Flavonoid pada daun afrika dapat melintasi sawar darah otak dan memberikan nutrisi serta efek proteksi terhadap sel-sel safat. Beberapa penelitian juga sedang dikembangkan untuk mengaitkan konsumsi esktrak daun afrik terhadap penyakit-penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer.

 

Mencegah kanker

Beberapa penelitian melaporkan bahwa ekstrak air merupakan penghambat kuat pertumbuhan sel tumor payudara manusia yang dikultur secara laboratoris. Hal ini mungkin menyiratkan stabilisasi tumor atau efek pencegahan pertumbuhan sel kanker tersebut secara nyata dalam tubuh manusia. Ekstrak daun afrika merupakan agen anti-kanker yang merusak DNA melawan kanker payudara dan mekanisme kerjanya berfungsi melalui sifat toksisitas zat ini terhadap sel tumor. Efek ini mungkin terjadi karena zat epivernodalol didalamnya yang bertindak sebagai penghambat pertumbuhan. Selain itu, zat tersebut juga dinyatakan memiliki efek yang sama dalam aktivitasnya melawan kanker kulit manusia.

Baca juga: Manfaat Lengkuas Merah yang Luar Biasa bagi Kesehatan

 

Obat cacing alami

Daun afrika sejak masa lampau sudah digunakan sebagai obat cacing tradisional. Ekstrak dauin ini dapat menyebabkan kelumpuhan cacing, gangguan pembangkitan energi dan gangguan penyerapan nutrisi, motilitas, dan reproduksi cacing. Efek samping dari daun ini dinyatakan ringan dan memiliki efektifitas yang memadai. Hal ini dapat membuat ekstrak daun afrika sebagai obat alternatif yang baik bagi kecacingan.

 

Merangsang kontraksi rahim

Jauh sebelum praktik medis lanjutan dan obat-obatan tersedia, daun afrika adalah salah satu ramuan yang digunakan untuk membantu wanita melahirkan, terutama jika kesulitan sedang dihadapi. Ekstrak daun ini memiliki sifat stimulasi rahim yang membantu untuk mendorong anak sepanjang rahim dan kemudian saluran vagina. Daun ini juga dinyatakan dapat membantu mengeluarkan plasenta (setelah lahir).

 

Menurunkan berat badan

Daun afrika sering pula digunakan untuk menurunkan berat badan. Hal tesrbut dikarenakan efeknya yang dapat membantu menekan nafsu makan Anda, yang setara dengan pengurangan asupan kalori sepanjang hari. Efek lain dari daun ini juga dapat membantu dalam manajemen glukosa darah yang memfasilitasi peningkatan pemanfaatan lemak.

Baca juga: Alasan Memiliki Diari Makanan dapat Menurunkan Berat Badan

 

Menurunkan tekanan darah

Daun afrika mengandung potasium sebagai mineral elektrolit yang berperan dalam menyeimbangkan konsentrasi garam dan air dalam darah dan cairan ekstraseluler serta juga memiliki sifat vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah). Hal ini dapat membantu mengatur fleksibilitas pembuluh darah sebagai respons terhadap perubahan volume darah sehingga berpengaruh pada penurunan tekanan darah.

 

Meningkatkan detoksifikasi

Daun ini dapat membantu dalam detoksifikasi ginjal dan hati, organ utama yang memfasilitasi pembuangan bahan limbah oleh tubuh. Dalam kondisi stres, enzim yang diproduksi oleh organ-organ ini dapat menjadi meningkat dan dapat menyebabkan proses inflamasi. Daun afrika membantu homeostasis (keseimbangan kinerja) organ-organ ini dan dapat mendukung fungsi optimalnya. Ekstrak daun ini juga telah digunakan secara tradisional untuk pengelolaan batu ginjal karena meningkatkan aliran urin. Fungsi lain dari daun ini juga dapat mencegah perkembangan penyakit hati berlemak.

 

 

Sumber:

Farombi EO, Owoeye O. Antioxidative and chemopreventive properties of Vernonia amygdalina and Garcinia biflavonoid. Int J Environ Res Public Health. 2011;8(6):2533-2555. doi:10.3390/ijerph8062533

Oyeyemi I, Akinlabi A, Adewumi A, Aleshinloye A, Oyeyemi O. Vernonia amygdalina : A folkloric herb with anthelminthic properties. Beni-Suef University Journal of Basic and Applied Sciences. 2018;7(1):43-49.

 

Pantau kesehatanmu secara rutin dengan aplikasi Carevo. Download Carevo di sini.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :