Beranda > Artikel > Ketahui Manfaat Daun Katuk Bagi Pria Dewasa

Ketahui Manfaat Daun Katuk Bagi Pria Dewasa

manfaat daun katuk bagi pria

Daun katuk adalah salah satu bahan alami yang banyak digunakan oleh ibu menyusui agar ASI mereka bisa sehat dan lancar. Namun, manfaatnya tidak hanya sampai itu saja. Daun yang satu ini ternyata juga memiliki manfaat baik jika dikonsumsi oleh pria. Yuk, mari kita cari tahu apa saja manfaat daun katuk bagi pria dewasa hanya di Carevo.

Manfaat Daun Katuk Bagi Pria 

Dikonsumsi sebagai lalap atau campuran masakan, daun Sauropus androgynus ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Tumbuhan ini pada umumnya memiliki memiliki bentuk perdu dan bisa mencapai tinggi 2-3 meter, dengan cabang-cabang yang cukup lunak. Katuk adalah tanaman dengan kandungan nutrisi yang bervariasi. Untuk 100 gram daun katuk, terkandung sekitar 35 kalori dan beragam nutrisi, yaitu:

  1. 5–7 gram protein
  2. 1 gram lemak
  3. 1,8–2 gram serat
  4. 250 miligram vitamin C
  5. 190 miligram folat
  6. 1 miligram zinc
  7. 45 miligram kalium
  8. 120 miligram magnesium
  9. 170 miligram kalsium
  10. 2,7 miligram zat besi

 

Dalam daun ini juga tidak ketinggalan berbagai macam kandungan baik lainnya, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, dan beragam antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, lutein, dan zeaxanthin.

Dalam beberapa jurnal penelitian, daun yang satu ini diyakini memiliki sifat aphrodisiac/afrodisiak yang bisa merangsang gairah seksual dan juga libido pada tubuh pria. Masalah libido rendah banyak dialami oleh para pria, yang secara tidak langsung akan bisa mempengaruhi kualitas hidup. Daun katuk yang memiliki sifat seperti yang disebutkan di atas, akan bisa ditemukan pada suplemen-suplemen kesehatan pria.

Daun katuk memiliki beberapa kandungan senyawa aktif yang dapat meningkatkan gairah seksual. Senyawa-senyawa tersebut adalah saponin, flavonoid, dan alkaloid. Senyawa ini memiliki mekanisme kerja untuk meningkatkan kadar testosteron yang berhubungan dengan peningkatan gairah seksual, sehingga daun katuk dapat digunakan sebagai afrodisiak. 

Personal Health Record

Manfaat Lainnya dari Daun Katuk

Selain berfungsi dalam meningkatkan vitalitas pria, daun ini juga memiliki berbagai macam manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Mencegah Obesitas

Berat badan berlebih juga sering dialami oleh pria dewasa karena pola hidup dan makan yang tidak teratur. Hal ini menyebabkan peningkatan berat badan dan kandungan lemak dalam tubuh yang nantinya akan bisa berbahaya. Konsumsi ekstrak daun katuk dipercaya dapat mengurangi pembentukan jaringan lemak, sehingga baik untuk mencegah obesitas. 

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan begitu banyak kandungan di dalamnya seperti vitamin C, vitamin A, dan antioksidan, maka daun yang satu ini dinilai sangat baik untuk memperkuat daya tahan tubuh. Tak hanya itu, beberapa riset juga menunjukkan bahwa ekstrak daun katuk memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

3. Mengatasi Peradangan

Kandungan zat anti-inflamasi yang terdapat dalam daun ini bisa mengurangi peradangan. Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera dan akan membaik dengan sendirinya. 

4. Mengatasi Flu dan Anemia

Daun katuk memiliki kandungan efedrin yang baik untuk mengatasi flu. Penyakit seperti anemia juga bisa diatasi karena kandungan zat besi yang cukup tinggi pada daun ini.

Itulah berbagai macam manfaat daun katuk bagi pria dewasa dan juga hal baik lainnya. Bahan alami masih bisa menjadi solusi apabila diolah dengan benar. Sehingga jangan pernah ragu memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita. Pastikan juga kita memiliki informasi yang cukup. Selalu jaga kesehatan Anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

 

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :