Beranda > Artikel > Penting, Inilah Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Penting, Inilah Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Hamil dan Menyusui

manfaat daun katuk untuk ibu hamil

Menyusui adalah kegiatan yang penting agar anak bisa tumbuh dengan sehat nantinya. ASI memiliki berbagai macam nutrisi baik yang dibutuhkan dalam tumbuh kembang anak. Untuk bisa melancarkan keluarnya ASI, maka seorang ibu bisa menggunakan bahan alami yang satu ini. Daun katuk dipercaya memiliki banyak manfaat baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Kira-kira apa saja yang menjadi manfaat daun katuk untuk ibu hamil dan menyusui?

Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Daun katuk atau Sauropus androgynus ini banyak tumbuh di Asia Tenggara. Daun katuk dianggap baik untuk ibu hamil dan ibu menyusui karena kemampuannya untuk memperlancar ASI. Sehingga ada banyak produk untuk ibu menyusui yang memiliki kandungan daun katuk. Daun katuk termasuk dalam perdu dan bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 2-3 cm. Daunnya akan tumbuh secara acak di batang. Bentuk daun seperti lonjong dengan ujung yang meruncing, tulang daun menyirip, tepi daun rata, dan gagang tumpul. Warna daun sangat hijau saat tanaman masih muda, namun menjadi coklat kehijauan saat sudah tua dan bunga berwarna ungu.

Untuk 100 gram daun katuk, terkandung sekitar 35 kalori dan beragam nutrisi, yaitu:

  1. 5–7 gram protein
  2. 1 gram lemak
  3. 1,8–2 gram serat
  4. 250 miligram vitamin C
  5. 190 miligram folat
  6. 1 miligram zinc
  7. 45 miligram kalium
  8. 120 miligram magnesium
  9. 170 miligram kalsium
  10. 2,7 miligram zat besi

 

Ditambah juga dengan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin K, dan beragam antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, lutein, dan zeaxanthin. Seperti inilah manfaat daun  katuk untuk kehamilan dan menyusui.

Personal Health Record

1. Baik untuk Ibu Hamil

Daun katuk memiliki senyawa kimia, fitokimia yang memiliki sifat pengobatan yang baik. Ada tujuh senyawa kimia di dalamnya yang merangsang pertumbuhan hormon steroid (progesteron, testosteron, estradiol, glukokortiroid) dan senyawa eicosanoid. Jika wanita mengonsumsi daun ini maka senyawa aktifnya akan merangsang munculnya hormon wanita yang baik untuk ibu hamil.

2. Perawatan Kecantikan

Secara alami daun ini juga baik bagi kulit selama kehamilan. Kulit menjadi lebih halus dan rambut menjadi sehat. Mengkonsumsi daun katuk bisa menjadi trik terbaik untuk menjaga kecantikan dan kesehatan di masa kehamilan.

3. Meningkatkan Produksi ASI

Kandungan sterol dalam daun katuk yang memiliki sifat estrogenik akan bisa memberikan efek hormonal yang memicu produksi ASI sehingga menjadi melimpah volumenya. Efektif untuk melancarkan ASI bagi ibu yang sedang menyusui. Senyawa minyak atsiri (saponin, flavonoid, tanin, triterpenoid) sejumlah asam amino, vitamin a, b, dan c, mineral (kalsium, fosfor, besi) serta tujuh senyawa aktif lainnya juga membantu dalam hal ini

4. Untuk Hormon

Mengkonsumsi daun katuk sangat dianjurkan bagi pasangan yang ingin memiliki anak, terutama bagi para pria. Mengkonsumsi daun katuk setiap hari akan mempercepat peningkatan kualitas dan kuantitas sperma. 

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C, vitamin A, dan antioksidan, membuat daun yang satu ini dinilai bagus untuk memperkuat daya tahan tubuh. Tak hanya itu, beberapa riset juga menunjukkan bahwa ekstrak daun katuk memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

Itulah berbagai macam manfaat dari daun katuk yang baik untuk ibu hamil dan juga menyusui. Ada banyak kandungan baik yang akan sangat membantu. Jangan takut mengkonsumsi tanaman herbal karena ada banyak manfaat baik yang akan bisa dirasakan nantinya. Selalu jaga kesehatan Anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

 

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :