Beranda > Artikel > Inilah Manfaat Daun Katuk untuk Wajah Anda

Inilah Manfaat Daun Katuk untuk Wajah Anda

manfaat daun katuk untuk wajah

Menjaga kesehatan wajah bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Mulai dari menjaga konsumsi makanan hingga menggunakan produk kecantikan. Namun, kita juga bisa menjaga kualitas kulit wajah melalui konsumsi makanan dari bahan alami yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah daun katuk yang juga kaya akan manfaat bagi wanita hamil dan menyusui. Yuk, mari kita cari tahu manfaat daun katuk untuk wajah Anda hanya di Carevo.

Manfaat Daun Katuk untuk Wajah Anda

Daun katuk sudah banyak dikonsumsi di berbagai negara. Sayuran ini merupakan tanaman yang sangat mudah ditemukan di Asia Tenggara. Daun katuk termasuk dalam suku phyllanthaceae, dan berkerabat dengan tumbuhan menteng, berry, serta cermai. Tanaman katuk juga termasuk dalam tibus phyllanteae dan subtibus flueggeinae. Daun katuk mengandung banyak sekali manfaat sayuran yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tanaman ini akan memiliki tinggi 2-3 cm ketika dewasa. Daunnya akan tumbuh dan berbentuk seperti lonjong dengan ujung yang meruncing, tulang menyirip, tepi daun rata, dan gagang tumpul. Warna daun akan sangat hijau ketika masih muda, namun menjadi coklat kehijauan saat sudah tua.

Nutrisi dari daun katuk adalah:

  • 8% protein
  • Serat hingga 20%
  • Kaya akan vitamin K
  • Pro vitamin A (beta-karoten)
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Kalsium, kalium, besi, kalium, fosfor, dan magnesium
  • Klorofil yang melimpah di daun katuk

Peneliti juga menemukan bahwa daun katuk mengandung efedrin yang sangat efektif untuk mengobati influenza. Klorofil, vitamin, dan mineral pada daun katuk dapat membantu mencerahkan kulit. Bahkan daun yang satu ini juga bisa menghilangkan flek hitam pada wajah Anda.

Personal Health Record

Mengaplikasikan Daun Katuk

Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, salah satu pengaplikasian yang bisa Anda lakukan adalah menjadikan daun katuk sebagai masker.  Tumbuk beberapa helai daun katuk yang sudah dibersihkan. Berikan tambahkan satu sendok teh madu. Aplikasikan secara merata pada seluruh wajah, diamkan 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Proses masker ini bisa dilakukan beberapa hari sekali. Penggunaan yang konsisten akan bisa memberikan hasil yang maksimal.

Kegunaan Lain Daun Katuk

Selain bagus untuk ibu hamil dan perawatan wajah, ada beberapa manfaat lainnya yang bisa didapatkan melalui tumbuhan ini. Beberapa di antaranya adalah:

1. Mencegah Osteoporosis

Kalsium yang terkandung di dalam daun ini sangatlah bagus, cocok bila dikonsumsi oleh wanita dalam usaha mencegah osteoporosis. Anda juga bisa mendapatkan 2,8% kalsium dan kalium besi. Hampir serupa dengan sayuran seperti bayam.

2. Pengobatan Influenza dan Anemia

Seperti yang sudah disampaikan di atas, daun ini juga mengandung efedrin yang sangat baik untuk penderita influenza. Bahkan kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalamnya dapat mengatasi gejala penyakit seperti anemia.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Dengan adanya vitamin C, vitamin A, vitamin k, dan sifat antioksidan pada daun katuk, maka akan sangat baik jika mengkonsumsi daun ini demi menjaga daya tahan tubuh. Apalagi disaat kondisi lingkungan dan cuaca yang tidak menentu. Beberapa riset juga menunjukkan jika daun katuk memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang tentunya sangat bagus untuk tubuh manusia.

Itulah manfaat daun katuk untuk wajah dan berbagai macam hal baik lainnya. Semoga informasi ini bisa membantu Anda. Selalu jaga kesehatan Anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :