Beranda > Artikel > Manfaat Daun Keji Beling

Manfaat Daun Keji Beling

Manfaat Daun Keji Beling

Keji beling (Strobilantes crispus) merupakan tanaman yang mudah ditemukan di Indonesia, namun banyak yang belum mengetahui manfaat kesehatan dari tanaman ini. Karakteristik tanaman ini berupa batang yang lurus-lurus dan berwarna ungu, dengan daun sedikit kasar dan terdapat rambut halus di permukaan daun. Keji beling dapat tumbuh di daerah dengan ketinggian hingga 1000 meter di atas permukaan laut.

Nutrisi yang terkandung di dalam daun keji beling sangat beragam, seperti asam fenolat yang merupakan antioksidan alami, beberapa mineral penting seperti natrium, kalium, dan kalsium, serta beberapa vitamin yaitu vitamin B dan C, dan zat gizi lainnya. Kandungan zat-zat tersebut membuat daun keji beling memiliki beberapa manfaat kesehatan, antara lain:

 

1. Membantu mengendalikan kadar gula darah

Ekstrak daun keji beling dapat menurunkan kadar gula darah pada percobaan menggunakan tikus. Pada pengamatan studi ini menunjukan penurunan bermakna gula darah pada hari ke-21 setelah mendapatkan ekstrak keji beling baik yang difermentasi maupun tidak. Hal ini merupakan dasar yang baik untuk penelitian lanjutan pada manusia.

 

2. Mempercepat proses pembekuan darah pada luka

Kandungan kalsium dalam daun keji beling memiliki peranan pada sistem pembekuan darah, di mana kalsium merupakan salah satu faktornya. Konsumsi daun keji beling dapat membantu mempercepat penutupan luka.

 

3. Membantu mengatur kadar kolesterol dalam darah

Kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan munculnya plak-plak lemak di pembuluh darah. Sebagaimana diketahui bahwa aliran darah membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh dan adanya plak ini dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit dan mengakibatkan berkurangnya pasokan oksigen dan nutrisi tersebut. Hal ini berakibat fatal apabila penyempitan tersebut terjadi di jantung, dapat menyebabkan serangan jantung, dan otak, dapat menyebabkan stroke. Daun keji beling dapat membantu tubuh dalam menurunkan kolesterol yang berlebih di dalam darah, berkat kandungan zat gizi dan mikronutrien di dalamnya.

 

4. Sebagai antioksidan yang baik

Paparan radikal bebas yang sangat banyak dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan, mulai dari gangguan kulit, penuaan dini, hingga penyakit-penyakit katastropik seperti jantung dan kanker. Konsumsi antioksidan yang cukup dapat membantu menetralisisasi efek negatif dari radikal bebas tersebut.

 

5. Membantu mengurangi risiko dan menghancurkan batu ginjal

Batu ginjal terbentuk dari penumpukan zat berlebih di ginjal dan juga diperburuk dengan kurang konsumsi air putih. Kandungan zat dan antioksidan di dalam daun keji beling seperti alkaloid, tanin, saponin dan beberapa zat lain mempunyai efek untuk menghancurkan batu ginjal ini, dan dapat menjaga kesehatan ginjal.

 

6. Mengurangi rasa gatal karena serangga

Serangga yang menempel di kulit dapat menimbulkan rasa gatal dan iritasi yang mengganggu, bahkan dapat menimbulkan luka, baik karena racun yang dikeluarkan maupun rangsangan dari kulit serangga tersebut. Daun keji beling yang dioleskan di sekitar daerah tersebut dapat membantu mengurangi rasa gatal yang mengganggu. Namun tidak disarankan digunakan pada luka dalam yang terbuka.

 

7. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Kandungan mineral dalam daun keji beling, khususnya kalium, merupakan mineral penting untuk menunjang kinerja usus dan saluran pencernaan. Konsumsi eksktrak daun keji beling dapat membantu mencukupi kebutuhan kalium.

 

Meskipun memiliki banyak manfaat, konsumsi daun keji beling ini tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui terkait keterbatasan penelitian.

Baca juga: Manfaat Daun Keji Beling untuk Penyakit Batu Ginjal

 

Referensi:

Fadzelly, A. B., Asmah, R., & Fauziah, O. (2006). Effects of Strobilanthes crispus tea aqueous extracts on glucose and lipid profile in normal and streptozotocin-induced hyperglycemic rats. Plant foods for human nutrition (Dordrecht, Netherlands), 61(1), 7–12. https://doi.org/10.1007/s11130-006-0002-z

Dr Heben’s Team. (2021). 10 Proven Health Benefits of Strobilanthes Crispus. DrHealthBenefits.Com. https://drhealthbenefits.com/herbal/herbal-plant/health-benefits-of-strobilanthes-crispus

Gul, M. T., Dheyab, A. S., Muhammad, N., Tayyab Gul, M., Shaker, E. K., & Pauzi, A. N. (2020). In vitro evaluation of anti-urolithiatic properties of Strobilanthes crispus extracted using different solvents. Research Journal of Chemistry and Environmentl (Vol. 24, Issue 1). https://www.researchgate.net/publication/338169582

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :