Beranda > Artikel > 7 Manfaat Daun Meniran untuk Daya Tahan Tubuh

7 Manfaat Daun Meniran untuk Daya Tahan Tubuh

Manfaat Daun Meniran

Daun meniran atau yang dikenal dengan bahasa inggis Chanca piedra atau nama latin Phyllantus niruri merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang ada di Indonesia. Mungkin nama tanaman ini cukup asing dan belum begitu dikenal, namun ckup banyak dijumpai di hutan tropis di penjuru Indonesia. Daun ini tumbuh pada batang berbentuk bulat dengan tinggi maksimal 61 cm dan memiliki bentuk mirip dengan putri malu, namun tidak akan tertutup jika disentuh. Tanaman ini pun memiliki bunga yang dapat tumbuh menghadap ke bawah. Daun ini memiliki kandungan fitokimia yang memiliki manfaat untuk daya tahan dan kesehatan tubuh.

Berikut adalah manfaat konsumsi daun meniran untuk tubuh, antara lain :

1. Mencegah pembentukan batu ginjal

Manfaat pengobatan batu ginjal adalah yang paling populer dari daun meniran. Hal ini dikarenakan kandungan basa atau alkali dari daun ini dapat mencegah pembentukan batu ginjal yang bersifat asam. Harganya yang lebih murah dibandingkan obat yang dijual di apotek juga menyebabkan banyak yang tertarik untuk mencobanya. Selain itu, produksi urin juga bertambah dengan mengkonsumsi daun meniran.

2. Mencegah tukak lambung

Konsumsi ekstrak dari daun meniran dapat membunuh bakteri penyebab tukak lambung seperti Helicobacter pylori. Namun, pada penelitian digunakan kadar yang tinggi, sehingga tidak diketahui efeknnya jika dikonsumsi dalam dosis rendah

3. Menurunkan kadar gula darah

Kandungan antioksidan dalam daun meniran dapat menurunkan kadar gula darah puasa, namun mekanismenya masih belum jelas.

4. Mencegah pembentukan batu empedu

Kandungan alkali dari daun meniran juga dapat mencegah pembentukan batu empedu. Pada praktek medis tradisional, daun ini masih sering diresepkan. Namun, belum ada data klinis untuk mendukungnya

5. Menurunkan kadar asam urat

Serangan asam urat akut biasanya terjadi seacara mendadak karena adanya tumpukan asam urat jumlah tinggi dalam darah. Kandungan dalam daun meniran dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah dan membuat darah menjadi lebih basa, sehingga mencegah serangan asam urat.

6. Menurunkan tekanan darah

Mekanisme penurunan tekanan darah daun meniran adalah dengan membuat pelebaran pembuluh darah, sehingga jantung tidak bekerja terlalu berat untuk memompa darah keseluruh tubuh.

7. Meningkatkan fungsi hati

Karena kandungan antioksidan dalam daun meniran, dapat menjaga hati dari kerusakan seluler dikarenakan radikal bebas. Selain itu, terdapat juga efek antiviral terhadap hepatitis B.

Baca juga: Manfaat Daun Tempuyung untuk Kesehatan

 

Walaupun banyak manfaat yang didapatkan dari konsumsi daun meniran. Asupan tetap harus dibatasi dan berhati-hari dalam konsumsinya karena dapat menimbulkan interaksi dengan beberapa jenis obat seperti :

  • Lithium à dapat mempengeruhi ekskresi atau pembuangan zat sisa metabolisme lithium dalam urin
  • Obat untuk darah tinggi à daun meniran dapat menurunkan tekanan darah yang membuat seseorang menjadi hipotensi dan dapat memiliki gejala seperti pusing, lemas, berdebar-debar dan terasa ingin pingsan
  • Obat untuk gula darah à daun meniran juga dapat menurunkan kadar gula darah, sehingga jika sudah mengkonsumsi obat oral ataupun suntikan dapat menyebabkan penurunan gula darah signifikan dan menyeebabkan kondisi hipoglikemia. Gejala yang dapat muncul paling berat adalah tidak sadarkan diri
  • Obat pengencer darah à daun meniran memiliki efek mencegah pembekuan darah, sehingga pada orang yang telah mengkonsumsi obat pengencer darah dapat menyebabkan resiko perdarahan yang tinggi.

 

Referensi

  1. Chanca Piedra: Benefits, Dosage, Side Effects, and More. Healthline. 2020 . Available from: https://www.healthline.com/nutrition/chanca-piedra
  2. Handayani V, Nurfadillah N. Kajian Farmakognostik Herba Meniran Hijau (Phyllanthus Niruri L.) Dan Herba Meniran Merah (Phyllanthus Urinaria L.). Jurnal Fitofarmaka Indonesia. 2014;1(1):259599.
  3. Health Benefits of Chanca Piedra. WebMD. Available from: https://www.webmd.com/ diet/health-benefits-chanca-piedra
  4. Widiadnyani NKE, Astawa INM, Sukrama IDM. Phytochemical test and identification of active compounds with LC-MS/MS in green meniran leaf (Phyllanthus niruri Linn). Bali Medical Journal. :5.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :