Beranda > Artikel > Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan

Di era sekarang ini, penelitian mengenai tanaman yang dapat digunakan untuk obat herbal semakin berkembang di seluruh dunia. Tanaman pegagan (Centella asiatica), yang juga dikenal dengan sebutan Gotu kola, merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia dan mulai terkenal di dunia Barat karena khasiatnya. Tanaman ini banyak dikonsumsi dalam bentuk jus atau teh.

Pegagan dapat tumbuh di daerah dengan ketinggian hingga 1800 meter di atas permukaan laut dan menjadikan tanaman ini mudah dijumpai di daerah tropis maupun subtropis. Tanaman yang tidak berbau dan tidak berasa ini memiliki daun berwarna hijau dan berbentuk seperti kipas, dengan bunga berwarna putih atau ungu muda sampai merah muda dan buah kecil berbentuk oval.

 

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan

Daun pegagan mengandung banyak nutrisi yang penting untuk kesehatan, seperti saponin, asam lemak tak jenuh, asam amino esensial, dan lain-lain. Karena kandungan nutrisi yang beragam tersebut membuat tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, yaitu:

 

1. Membantu penyembuhan luka

Penelitian menunjukan bahwa ekstrak daun pegagan dapat membantu proses pemulihan luka lebih cepat, berkat kandungan saponin di dalamnya. Hal ini ditunjukkan dari peningkatkan pembentukan kolagen dan kekuatan otot yang membaik di daerah yang terluka, selain itu juga mempercepat pertumbuhan pembuluh darah baru di sekitar daerah yang rusak..

 

2. Membantu memperbaiki gangguan pembuluh darah balik

Gangguan pembuluh darah balik (venous insufficiency) dapat menyebabkan munculnya varises di kaki atau pembengkakan. Kandungan ekstrak daun pegagan dapat memperkuat struktur pembuluh darah balik ini sehingga diharapkan dapat meredakan gejala yang memburuk seperti bengkak dan nyeri. Selain itu, pegagan juga membantu memperbaiki pembentukan dan fungsi jaringan ikat di pembuluh darah pada penderita kencing manis (diabetes melitus).

 

3. Dapat membantu mengurangi kecemasan dan gangguan tidur

Kurang tidur dapat membuat tubuh mudah lelah dan sulit berkonsentrasi yang pada akhirnya dapat mengganggu kualitas hidup kita. Kecemasan dan stres merupakan salah satu faktor penyebab gangguan tidur ini. Ekstrak pegagan memiliki efek mirip seperti obat anticemas, karena kandungan nya yang mempunyai peran penting dalam pengaturan pusat cemas dan memori.

 

4. Meningkatkan fungsi kognitif

Sebuah studi menunjukan konsumsi ekstrak pegagan dapat meningkatkan fungsi kognitif dan secara simultan juga menghambat timbulnya pikun. Hal ini merupakan peranan penting dari antioksidan yang terkandung di dalam tanaman ini. Studi lain juga menyebutkan bahwa kandungan zat dalam tanaman Centella asiatica ini mempunyai efek melawan penumpukan racun sistem syaraf yang merupakan penyebab penyakit pikun yang paling banyak ditemukan, yaitu Alzheimer dan merupakan salah satu kandidat obat yang baik untuk melawan penyakit tersebut.

 

5. Membantu mengurangi bentuk stretch marks

Kandungan terpenoid di dalam daun pegagan mempunyai efek meningkatkan pembentukan kolagen, yang berfungsi mengencangkan kulit. Konsumsi ekstrak tanaman ini dapat mencegah terbentuknya stretch marks baru dan mempercepat pemulihan stretch marks yang sudah ada.

 

6. Dapat membantu meredakan nyeri sendi

Kadar zat antiperadangan di dalam pegagan dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengurangi nyeri akibat radang sendi.

 

Secara umum tanaman pegagan cukup aman dikonsumsi, baik dalam bentuk seduhan teh, digunakan sebagai ekstrak, maupun dioleskan di kulit, namun tanaman ini juga dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti: mudah mengantuk, nyeri kepala dan badan terasa seperti melayang, diare, dan gangguan fungsi hati. Tanaman ini tidak untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, selain itu pada penderita gangguan liver juga tidak disarankan untuk mengkonsumsinya.

Baca juga: Manfaat Daun Krokot

 

Referensi:

Gohil, K. J., Patel, J. A., & Gajjar, A. K. (2010). Pharmacological Review on Centella asiatica: A Potential Herbal Cure-all. Indian journal of pharmaceutical sciences, 72(5), 546–556. https://doi.org/10.4103/0250-474X.78519

Croncleton, E. (2018, September 18). Everything You Need to Know About Gotu Kola. Healthline. https://www.healthline.com/health/gotu-kola-benefits

WebMD. (2021). Health Benefits of Gotu Kola. WebMD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-gotu-kola#2

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :