Beranda > Artikel > Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan

Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan

manfaat daun salam

Apa itu Daun Salam?

Daun salam sering digunakan dalam berbagai masakan sebagai rempah, pada umumnya digunakan pada masakan berkuah. Daun salam memberikan rasa yang khas dan kompleks terhadap makanan, memiliki rasa sedikit pahit dan mint bila dikeringkan. Daun salam berasal dari pohon Laurus nobilis. Berbagai artikel meng-klaim bahwa daun salam memiliki manfaat bagi kesehatan karena mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, serta memiliki komponen antioksidan. Namun manfaatnya dalam kesehatan tidak seluruhnya telah terbukti secara medis.

Di dalam 1 sendok makan daun salam (1.8 gram), mengandung 6 kalori, 0.1 gram protein, 1.4 gram karbohidrat, dan 0.2 gram lemak (sangat rendah, bukan lemak tersaturasi). Daun salam mengandung zat besi, magnesium, dan vitamin A. Kandungan karbohidrat di dalam daun salam merupakan karbohidrat kompleks, yang artinya kaya akan serat dan rendah gula. Kandungan zat besi (besi non-heme) di dalam daun salam cukup tinggi, yaitu sebesar 0.8mg dalam 1 sendok makan. Zat besi merupakan mineral penting untuk tubuh. Namun karena bentuknya yang merupakan besi non-heme, mengonsumsi vitamin C akan membantu penyerapan zat besi tersebut ke dalam tubuh. Kandungan magnesium di dalam daun salam ialah sebesar 2.2mg per 1 sendok makan. Magnesium penting untuk mendukung fungsi saraf, otot, dan tulang. Vitamin A yang terkandung di dalam daun salam membantu fungsi imun, penglihatan, dan reproduksi.

 

Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan

Berikut ini ialah manfaat daun salam untuk kesehatan:

1. Kaya akan vitamin A, vitamin C, zat besi, dan magnesium. Vitamin dan mineral tersebut membantu menjaga kesehatan secara umum.

2. Beberapa studi meneliti mengenai efek daun salam untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dan kanker usus besar. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efeknya.

3. Studi tahun 2008 menunjukkan bahwa mengonsumsi kapsul yang mengandung 1 – 3 gram daun salam per hari dapat menurunkan kadar glukosa dan kolesterol pada pasien dengan diabetes. Hal ini disebabkan karena daun salam mengandung polyphenol, yang berkerja sebagai antioksidan kuat. Bila Anda memiliki riwayat diabetes, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

4. Daun salam berpotensi mempercepat penyembuhan luka dengan cara mengurangi inflamasi pada area luka. Penelitian ini dilakukan terhadap hewan, dan masih memerlukan studi lebih lanjut.

5. Daun salam berpotensi sebagai antibakteri dan antimikroba, dengan menghambat pertumbuhan bakteri di dekatnya.

6. Memperlancar pencernaan. Berdasarkan studi tahun 2019 dalam Medicinal Plants of South Asia Journal, daun salam bermanfaat untuk meredakan raa nyeri perut, infeksi pada saluran pencernaan, perut kembung, konstipasi, serta diare.

Daun salam dalam bentuk utuh tidak dapat dicerna, oleh karena itu, konsumsi daun salam adalah dengan mencincang halus daun salam ataupun dalam bentuk bubuk. Hindari konsumsi daun salam dalam jangka waktu lama. Hingga saat ini belum ada rekomendasi ilmiah mengenai dosis konsumsi daun salam dalam menimbulkan efek samping, namun sebaiknya konsumsi berlebihan dan dalam jangka waktu lama dihindari.

 

Penulis : dr. Madelina Serenita

 

Baca juga : Inilah Manfaat Daun Katuk untuk Wajah Anda

 

Bibliography

The Benefits of Drinking Bay Leaf Tea. (2015, April 1). Retrieved from flushing hospital medical center: https://www.flushinghospital.org/newsletter/the-benefits-of-drinking-bay-leaf-tea/

Fanous, S. (2021, September 17). 5 Possible Uses for the Bay Leaf. Retrieved from Healthline: https://www.healthline.com/health/5-possible-uses-for-bay-leaf

Bay Leaf. (n.d.). Retrieved from Web MD: https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-685/bay-leaf

Cassoobhoy, A. (2020, August 24). Health Benefits of Bay Leaves. Retrieved from Nourish by Web MD: https://www.webmd.com/diet/health-benefits-bay-leaves#1

Staughton, J. (2021, August 11). Top 7 Benefits Of Bay Leaves. Retrieved from Organic facts: https://www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/bay-leaves.html

Frey, M. (2021, October 4). Bay Leaf Nutrition Facts and Health Benefits. Retrieved from Verywell fit: https://www.verywellfit.com/the-benefits-of-bay-leaves-4587138

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :