Beranda > Artikel > Ketahui 5 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Tubuh Anda

Ketahui 5 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Tubuh Anda

manfaat daun sirih merah

Manfaat daun sirih merah diketahui dapat menyehatkan tubuh manusia karena kandungannya. Tidak jarang orang berpikir bahwa daun sirih merah hanya sebatas mitos kesehatan zaman dahulu padahal benar adanya bahwa daun ini memiliki manfaat yang baik bagi tubuh kita.

Untuk itu, melalui artikel ini, Carevo akan memberikan informasi lengkap seputar apa itu daun sirih merah dan manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Daun Sirih Merah

Daun sirih merah termasuk ke dalam jenis tanaman herbal yang merambat dan memiliki nama latin piper crocatum. Tanaman ini memiliki bentuk fisik dengan ciri-ciri batangnya yang berbentuk bulat serta berwarna hijau agak keunguan, kemudian daunnya yang berwarna hijau namun tampak terlihat jelas urat-urat berwarna sama dengan batangnya.

Baca Juga: Manfaat Daun Krokot

Daun sirih merah ini dapat dikonsumsi dengan 2 cara. Cara yang pertama yaitu langsung dikunyah begitu saja setelah dicuci dan cara kedua yaitu dengan direbus, kemudian airnya diminum secara rutin setiap hari.

Tanaman herbal ini memiliki kandungan utama air serta terdapat berbagai senyawa seperti flavonoid, alkaloid, polifenoli, fenol, tanin, saponin, hingga minyak atsiri. Kandungan-kandungan inilah yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. 

Personal Health Record

5 Manfaat Daun Sirih Merah

Berikut ini, ada 5 manfaat daun sirih merah yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Baik untuk Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Manfaat pertama dari daun sirih merah adalah untuk membantu mengobati penderita diabetes. Daun sirih merah ini dapat digunakan sebagai obat tradisional yang mampu menurunkan kadar gula berlebih pada penderita diabetes.

Perlu Anda pahami, daun sirih merah ini hanya dapat membantu menjaga kadar gula dalam tubuh penderita diabetes dan tidak dapat menyembuhkan penyakit ini secara total. Penderita diabetes juga tetap disarankan untuk memiliki pola hidup yang sehat dengan menjaga asupan makanan dan berolahraga.

Baca Juga: Apa Itu Obat Anestesi? Ini Dia Kandungan dan Manfaatnya

2. Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Kandungan polifenol dalam daun sirih merah dapat membantu penyembuhan luka dengan cepat, khususnya untuk luka bakar. Daun sirih merah ini dapat berperan sebagai antiseptik yang dapat mempercepat pembentukan kolagen pada luka yang terbuka.

Baca Juga: Benarkah Antibiotik Membuat Tubuh Menjadi Kebal Obat?

3. Berperan sebagai Antioksidan

Selain berperan sebagai antiseptik, daun sirih merah juga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dalam tubuh manusia dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis seperti kanker. 

4. Menghilangkan Bau Mulut

Kandungan antiseptik yang ada di dalam daun sirih merah dapat membantu menghilangkan bau mulut berlebih. Selain bau mulut, daun ini juga dapat membantu menghilangkan bau badan yang tidak sedap.

5. Membantu Melancarkan Pencernaan

Manfaat terakhir dari daun sirih merah adalah tanaman ini dapat membantu melancarkan pencernaan. Tidak hanya melancarkan pencernaan, daun sirih merah juga dapat membantu mengurangi gejala GERD yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Seperti yang telah Anda ketahui, daun sirih memiliki kandungan utama air di dalamnya sehingga produksi air dalam tubuh akan meningkat. Dengan demikian, sistem pembuangan akan mendapatkan asupan cairan yang cukup untuk melancarkan proses pencernaan.

Jadi, itulah informasi yang dapat kami berikan mengenai 5 manfaat daun sirih merah untuk tubuh Anda. Daun sirih merah memiliki manfaat yang dapat menjaga kesehatan tubuh dari dalam dan juga dari luar.

Sekian informasi dari Carevo. Selalu jaga kesehatan Anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

 

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :