Beranda > Artikel > Kenali 5 Manfaat Daun Suji sebagai Tanaman Herbal

Kenali 5 Manfaat Daun Suji sebagai Tanaman Herbal

manfaat daun suji

Memiliki bentuk yang mirip dengan daun pandang, Anda harus mengetahui bahwa ada begitu banyak manfaat daun suji lebih dari sekadar berfungsi sebagai pewarna alami. Apa saja manfaat daun suji tersebut?

Melalui artikel ini, Carevo akan memberikan informasi penting kepada Anda mengenai berbagai manfaat daun suji yang dapat dijadikan sebagai tanaman herbal. Namun sebelum itu, mari kita memahami terlebih dahulu mengenai apa itu daun suji.

Baca Juga: Manfaat Daun Krokot

Apa Itu Daun Suji

Daun suji atau yang nama latinnya disebut dengan Dracaena angustifolia, merupakan tanaman yang dikenal dengan kandungan klorofilnya yang banyak dan juga memiliki berbagai manfaat. Selain kandungan klorofilnya, daun suji juga memiliki berbagai senyawa seperti alkaloid, flavonoid, tanin, terpenoid, polifenol, glikosida, dan banyak lagi.  

Mayoritas orang mengonsumsi daun suji dengan cara direbus dan diminum airnya setiap hari. Jadi, Anda dapat mencoba mengonsumsi air rebusan daun suji secara rutin agar tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah terkena sakit.

Personal Health Record

Apa Saja Manfaat Daun Suji?

Berikut ini, ada 5 manfaat daun suji yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1 . Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat pertama dari daun suji adalah dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Di dalam daun suji, terdapat senyawa flavonoid yang dapat membantu sel-sel dalam tubuh untuk melawan infeksi.

Senyawa flavonoid tersebut akan membantu tubuh dalam menghasilkan antibodi yang kuat sehingga orang yang mengonsumsi air daun suji akan lebih jarang terkena flu ataupun demam. Selain itu, orang yang mengonsumsi air daun suji akan memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena kanker.

Baca Juga: Manfaat Daun Afrika Untuk Pria yang Jarang Diketahui

2 . Menjaga Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Daun suji juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol yang berlebih dapat memicu berbagai penyakit kronis seperti jantung, stroke, hipertensi, dan masih banyak lagi.

3 . Meredakan Rasa Nyeri Saat Haid

Menstruasi dapat menyebabkan rasa nyeri pada sebagian besar wanita. Meskipun ada berbagai obat-obatan yang tersedia untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, namun biasanya tidak semua orang dapat mengonsumsi obat-obatan penyeri haid karena satu dan berbagai alasan seperti alergi.

Untuk membantu meredakan rasa nyeri saat menstruasi, maka disarankan untuk mengonsumsi air rebusan daun suji. Di dalam daun suji, terdapat kandungan senyawa saponin yang dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh ketika wanita sedang mengalami menstruasi sehingga rasa nyeri akan lebih ringan dibandingkan sebelum mengonsumsi air rebusan daun suji.

Baca Juga: Manfaat Saffron bagi Kesehatan

4 . Melancarkan Sistem Pernapasan

Ekstrak daun suji dapat berfungsi sebagai obat herbal yang dapat membantu melancarkan sistem pernapasan. Daun suji ini cocok untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki riwayat sesak napas atau asma.

5 . Meredakan Sakit Gigi

Manfaat terakhir dari daun suji adalah dapat membantu meredakan sakit gigi. Anda cukup minum air rebusan daun suji ketika mengalami sakit gigi.

Kandungan flavonoid di dalam daun suji dapat membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin meminum obat pereda sakit gigi, cara alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun suji.

Jadi, itulah manfaat daun suji yang perlu Anda ketahui. Anda dapat mengonsumsi daun suji dengan cara direbus atau diekstrak untuk kemudian diolah menjadi berbagai hidangan tertentu yang tentunya menyehatkan untuk tubuh.

Sekian informasi yang dapat Carevo sampaikan untuk Anda. Selalu jaga kesehatan Anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

Article Source:

https://balconygardenweb.com/dracaena-plant-benefits-facts-proven/

http://tropical.theferns.info/viewtropical.php?id=Dracaena+angustifolia

https://kesehatan.kontan.co.id/news/6-manfaat-daun-suji-untuk-kesehatan-yang-belum-banyak-diketahui

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :