Beranda > Artikel > Manfaat Daun Tempuyung untuk Kesehatan

Manfaat Daun Tempuyung untuk Kesehatan

Manfaat Daun Tempuyung

Tempuyung merupakan tanaman herbal yang belum banyak diketahui orang. Tanaman yang memiliki nama Latin Sonchus arvensis dan dapat tumbuh hingga setinggi 1,2 meter ini sudah banyak digunakan dalam pengobatan di zaman dahulu. Tempuyung kali pertama ditemukan di Eropa dan hampir ada di seluruh negara di benua biru hingga menyebar ke seluruh dunia. Zat gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya membuat tanaman ini mempunyai banyak manfaat kesehatan.

Daun tempuyung mengandung asam amino penting untuk tubuh, lemak, protein, hidrokarbon dan senyawa fenol, serta sterol dan flavonoid. Tempuyung juga mengandung mikro nutrien seperti kalium dan natrium yang merupakan ion penting untuk kesehatan tubuh kita, juga mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan.

Kandungan zat-zat gizi tersebut membuat konsumsi daun tempuyung memiliki efek kesehatan, seperti:

 

1. Membantu dalam pengobatan penyakit batu ginjal

Kandungan miuneral dalam ekstrak daun tempuyung mempunyai efek dapat membantu menguraikan zat pembentuk batu ginjal (kalsium karbonat) sehingga batu hancur dan dapat dibuang lewat urine.

 

2. Menurunkan kadar asam urat darah

Konsumsi makanan tinggi purin seperti jeroan, daging merah, dan kacang-kacangan dapat membuat kadar asam urat kita naik. Tingginya kadar asam urat dapat menyebabkan nyeri di sendi kaki dan tangan, juga bila kadar terlalu tinggi dapat terbentuk kristal asam urat dan menjadi salah satu penyebab batu di saluran kemih. Konsumsi daun tempuyung dikombinasikan dengan obat-obatan penurun asam urat dapat melarutkan kristal-kristal tersebut dan mengurangi efek buruknya terhadap tubuh.

 

3. Membantu menjaga tekanan darah

Tingginya tekanan darah seseorang (yang dikenal dengan hipertensi, yaitu tekanan darah lebih dari 140/90) merupakan salah satu faktor risiko utama timbulnya penyakit jantung seperti penyakit jantung koroner dan gagal jantung, dan penyakit syaraf seperti stroke baik stroke sumbatan maupun perdarahan. Selain itu hipertensi yang tidak terkontrol juga dapat menyebabkan gangguan ginjal yang bila tidak segera diatasi dapat menjadi penyakit ginjal kronis yang membutuhkan cuci darah rutin seumur hidup. Konsumsi daun tempuyung dapat membantu mengatur tingkat tekanan darah seseorang, tentunya dikombinasikan dengan mengatur pola hidup sehat dan mengkonsumsi obat bila diperlukan sesuai anjuran dokter.

 

4. Mempunyai efek antioksidan

Radikal bebas atau oksidan yang banyak dijumpai dalam kehidupan kita sehari-hari merupakan penyebab berbagai masalah kesehatan. Radikal bebas yang tinggi dalam darah, yang didapatkan dari paparan polusi, bahan pengawet, dan lain-lain, dapat menyebabkan aktivitas peradangan yang hebat di pembuluh darah, dan mempermudah timbulnya penyakit berat seperti penyakit jantung koroner, diabetes, bahkan kanker. Selain menghindari paparan radikal bebas sebanyak mungkin, diperlukan juga konsumsi antioksidan yang cukup seperti daun tempuyung ini untuk membantu tubuh melawan radikal bebas yang masuk.

 

5. Membantu mempercepat penyembuhan luka

Air yang didapatkan dari daun tempuyung yang ditumbuk dan diperas dapat digunakan sebagai kompres untuk membantu penyembuhan luka bakar dan luka lecet yang ringan, seperti bekas terkena abu rokok atau arang panas. Tentu juga tetap harus memperhatikan kebersihan dan menjaga sterilitas luka tersebut. Air perasan ini tidak boleh digunakan untuk luka terbuka yang dalam dan luka bakar yang berat (hingga melepuh atau pun terbakar hingga seluruh ketebalan kulit), dan tidak disarankan untuk digunakan di area wajah.

 

Meskipun banyak manfaat yang ada di dalam daun tempuyung, penggunaan nya untuk jangka panjang dan dosis yang tepat masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, sehingga tetap diperlukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, terutama bila mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Baca juga: Manfaat Teh Daun Jati Cina untuk Kesehatan

 

Referensi:

CABI. (2019). Sonchus arvensis (perennial sowthistle). CABI. https://www.cabi.org/isc/datasheet/50583

Dr Heben’s Team. (2021). 7 Unexpected Health Benefits of Sonchus Arvensis. DrHealthBenefits.Com. https://drhealthbenefits.com/herbal/herbal-plant/health-benefits-of-sonchus-arvensis

PFAF. (n.d.). Sonchus arvensis – L. PFAF. Retrieved November 17, 2021, from https://pfaf.org/user/plant.aspx?LatinName=Sonchus+arvensis

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :