Beranda > Artikel > Mengenal Manfaat Daun Ubi Jalar untuk Lambung dan Berbagai Organ Lain

Mengenal Manfaat Daun Ubi Jalar untuk Lambung dan Berbagai Organ Lain

manfaat daun ubi jalar untuk lambung

Mengenal Manfaat Daun Ubi Jalar untuk Lambung dan Berbagai Organ Lain

Ubi Jalar [Ipomoea batatas (L.) Lam] adalah komoditas panen terpenting keenam di dunia. Jumlah produksinya pun cukup banyak. Selain ubi-nya yang bisa dikonsumsi, ternyata daun dari ubi jalar ini juga memiliki manfaat dalam bidang kesehatan. Salah satunya adalah khasiat daun ubi jalar untuk lambung dan berbagai organ lainnya dalam tubuh Anda. Bahan yang satu ini bisa menjadi alternatif Anda untuk bisa menjaga berbagai organ tubuh agar tetap sehat.

Khasian dan Manfaat Daun Ubi Jalar untuk Organ Tubuh

Daun ubi jalar adalah tanaman iklim tropis sampai sedang yang memiliki bentuk seperti hati. Tidak berbulu serta permukaan atas dan bawah daun berwarna hijau zaitun. Tepinya halus dan tangkai daun panjang tidak berbulu. Daun ubi jalar umumnya dikonsumsi di Kepulauan Samudra Pasifik, Asia, dan Afrika. Daun ubi jalar muda dan dewasa memiliki manfaat kesehatan yang bagus.

Selain umbi ubi jalar, daunnya juga bisa dimakan. Selain rasanya yang enak, gurih, dengan sedikit rasa pahit. Daunnya dikonsumsi dan dimasak sebagai sayuran. Ini adalah sumber antioksidan, Vitamin C, A, thiamin, riboflavin, niacin, dan asam folat. Dibandingkan dengan sayuran berdaun hijau lainnya, daun ubi jalar ini memiliki lebih banyak serat dan nutrisi makanan. Tidak ketinggalan juga kandungan antioxidant nya. Beberapa manfaat yang akan bisa Anda rasakan adalah sebagai berikut ini.

1.Pencernaan yang Lebih Baik

Manfaat yang bisa langsung Anda rasakan dari daun ubi jalar adalah pada lambung. Jumlah serat makanan yang cukup banyak, membantu meningkatkan kelancaran saluran pencernaan yang sehat. Menghilangkan sembelit dan juga membantu mencegah kanker usus besar. Membuat minuman Daun Ubi Jalar benar-benar bekerja sangat baik untuk gangguan gastrointestinal (GI).

Baca Juga: Mengenal Manfaat Jus Alpukat untuk Lambung

2. Mencegah Penyakit jantung

Vitamin K yang ada pada daun ubi jalar dapat membantu mencegah pengapuran arteri yang merupakan salah satu penyebab utama serangan jantung. Vitamin K adalah nutrisi penting untuk mengurangi peradangan dan mencegahnya pada sel-sel yang melapisi pembuluh darah seperti arteri dan vena. Asupan Vitamin K yang didapatkan dari daun ubi jalar dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat dan mengurangi risiko serangan jantung.

Baca Juga: Gejala Awal Penyakit Jantung dan Pencegahan yang Bisa Anda Lakukan

2. Kandungan Antioxidant

Daun ubi jalar telah ditemukan mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi, sehingga cocok dalam memerangi masalah peradangan seperti asma, radang sendi, asam urat, dll. Juga, vitamin membuatnya bagus untuk melawan radikal bebas sehingga mencegah penuaan dini dan penyakit.

3. Mengurangi Inflamasi

Kandungan beta karoten yang tinggi dalam daun ubi jalar adalah senyawa anti-inflamasi utama yang menjadikannya obat penghilang rasa sakit alami. Anda bisa memakannya dengan dikukus, atau dijus untuk mendapatkan manfaat dari sifat penghilang rasa sakitnya.

4. Menjaga Gula Darah

Daun ubi jalar cocok untuk konsumsi diabetes karena mengandung pengatur gula darah yang sangat baik. Membantu menstabilkan dan menurunkan resistensi insulin.

Personal Health Record

5. Mengobati kanker

Vitamin K yang ada pada daun ubi jalar dapat membantu mengurangi kemungkinan kanker usus besar, prostat, hidung, mulut dan perut. Asupan tinggi Vitamin K oleh pasien kanker hati membantu meningkatkan fungsi hati dan mengurangi kemungkinan kanker dan kondisi kardiovaskular.

Baca Juga: Awas! Hindari Makanan Ini bila Anda Penderita Penyakit Autoimun

Tips Konsumsi Daun Ubi Jalar

Daun ubi jalar memiliki berbagai manfaat yang bisa kita nikmati dengan harga yang relatif terjangkau. Tidak heran kalau hal ini membuat banyak peminat tumbuhan ubi jalar yang kaya akan manfaat. Selain daun ubi jalar yang dimanfaatkan sebagai salah satu obat herbal, daun ubi jalar juga bisa dimasak dan memiliki tekstur yang lembut serta tidak pahit yang aman dikonsumsi. Biasanya masyarakat mengkonsumsi daun biji jalar sebagai makanan pendambing berupa lalapan yang disandingkan dengan sambal. Selain itu daun ubi jalar juga bisa ditumis layaknya sayuran lainnya.

Berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin mengkonsumsi daun ubi jalar, simak cara mengolah daun ubi jalar di bawah ini:

  1. Pilih daun ubi jalar yang masih muda dan bertekstur lembut. Daun ubi jalar yang muda memiliki warna hijau muda.
  2. Petik daunnya satu persatu dari bagian batang.
  3. Cuci daun ubi jalar hingga bersih.
  4. Rebus terlebih dahulu daun ubi jalar sampai warnanya berubah. Jangan merebus terlalu lama karena dapat membuat daun berlendir dan tidak lezat.
  5. Jika digunakan untuk lalapan, daun ubi jalar siap dikonsumsi.
  6. Jika hendak ditumis, masak kembali rebusan daun ubi jalar bersama dengan bumbu tumis.

Tips Penggunaan Daun Ubi Jalar Sebagai Obat Herbal

1. Obat Demam Berdarah

Daun ubi jalar dipercaya dapat mengatasi penyakit demam berdara dengue. Untuk dapat menjadikan daun ubi jalar sebagai obat herbal untuk mengatasi demam berdarah, Anda bisa merebus satu ikat daun ubi jalar dengan satu liter air hingga mendidih, kemudian diamkan air rebusan tersebut hingga dingin dan kemudian saring.

Anda dapat mengkonsumsi air rebusan daun ubi jalar sebanyak satu liter setiap harinya. Menurut para ahli, air rebusan daun jalar ini ampuh untuk mengatasi berbagai macam penyakit termasuk demam berdarah.

Baca Juga: 7 Manfaat Jambu Biji Putih untuk Tubuh Manusia

2. Obat Sakit Tenggorokan

Daun ubi jalar bukan cuma ampuh untuk mengatasi demam berdarah. Selain manfaat daun ubi jalar untuk mengatasi demam berdara dengue, ternyata daun ubi jalar juga memiliki manfaat daun mengatasi sakit tenggorokan. Daun ubi jalar berperan sebagai tanaman herbal yang mampu mengatasi sakit tenggorokan karena daun ubi jalar mengandung banyak senyawa aktif.

Anda bisa mengkonsumsi daun ubi jalar dengan cara menjemurnya terlebih dahulu hingga kering. Setelah itu haluskan daun ubi jalar yang sudah kering tadi, lalu seduh dengan air hangat. Untuk mendapatkan manfaat daun ubi jalar yang baik untuk mengatasi sakit tenggorokan, Anda bisa mengkonsumsi seduhan air ubi jalar kering setiap pagi.

Cara Mengkonsumsi Daun Ubi Jalar

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengkonsumsi daun ubi jalar ini, beberapa diantaranya adalah:

  • Bisa dikukus, digoreng atau direbus.
  • Potong daun ubi jalar dan tambahkan ke resep atau tumis dengan bawang putih dan mentega.
  • Tumis daun salam dengan minyak wijen dan jahe. Dan kemudian bumbui dengan merica 
  • ngan kecap dan bawang putih.
  • dan garam.
  • Pengganti terbaik untuk bayam.
  • Digoreng de 
  • Bisa dikonsumsi mentah dengan menambahkannya ke salad.

Nah itulah dia berbagai khasiat daun ubi jalar untuk lambung dan berbagai organ lainnya dalam tubuh Anda. Konsumsi daun ubi jalar untuk menjaga organ tubuh. Selalu jaga kesehatan Anda, dan catat gejalanya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :