Beranda > Artikel > Manfaat Jus Alpukat untuk Ibu Hamil

Manfaat Jus Alpukat untuk Ibu Hamil

Buah dan sayur memiliki konsentrasi serat, vitamin, mineral, serta antioksidan yang tinggi. Kurangnya konsumsi buah dan sayur dalam pola diet sehari-hari dikaitkan dengan berbagai penyakit kronik seperti penyakit jantung koroner, kadar kolesterol darah yang tinggi, osteoporosis, hingga berbagai jenis kanker. Selain dapat mencegah kejadian penyakit kronik, serat-serat yang terkandung dalam buah dan sayur dapat memperlancar pasase usus dan menjaga keseimbangan bakteri usus. 

Nutrisi yang cukup memegang peranan yang penting pada masa kehamilan yang akan berkaitan dengan perkembangan janin, kelancaran persalinan, dan komposisi ASI setelah persalinan. Oleh sebab itu, seorang wanita hamil harus memenuhi kebutuhan zat nutrisi dari berbagai makanan yang bervariasi, baik dari kuantitas maupun kualitas, untuk menjaga pertumbuhan janin yang optimal. Alpukat merupakan buah yang baik untuk ibu hamil karena mengandung yang tinggi akan asam folat dan kalium yang sering terabaikan oleh ibu hamil. Alpukat juga memiliki kandungan serat, lemak tidak jenuh, antioksidan dan zat gizi benefisial lainnya yang secara kumulatif dikaitkan dengan peningkatan derajat kesehatan ibu,

Satu buah alpukat memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Kalori: 227 kkal
  • Protein: 2,7 gram
  • Lemak: 21 gram (mayoritas lemak tidak jenuh dengan MUFA 13,3 gram dan PUFA 2,5 gram)
  • Karbohidrat: 11,8 gram

 

Berikut Lebih Lengkapnya untuk Manfaat Alpukat bagi Wanita Hamil

  1. Kaya akan asam folat

Kekurangan asam folat terutama pada awal kehamilan dapat menyebabkan cacat janin akibat kegagalan penutupan tuba neural yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf janin.

  1. Membantu Mengatasi Anemia

Defisiensi zat besi pada kehamilan dapat menyebabkan pertumbuhan janin terhambat dan dapat meningkatkan kejadian komplikasi persalinan. Alpukat juga mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi pada usus.

  1. Membantu Pencernaan

Alpukat memiliki kadar serat yang tinggi sehingga baik untuk membantu proses pencernaan dan mengurangi konstipasi serta rasa kembung yang sering dialami wanita hamil.

  1. Kaya akan Vitamin

Alpukat mengandung vitamin B1, B2, B5, B6, C, E, dan K yang esensial untuk diet ibu hamil dan penting untuk perkembangan janin yang optimal. Berbagai vitamin seperti vitamin C dan vitamin E berperan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas. Selain vitamin C dan E, alpukat juga memiliki kadar suatu antioksidan poten, lutein yang tinggi.

  1. Melegakan Morning Sickness

Morning sickness merupakan gejala yang sering ditemukan pada trimester pertama kehamilan. Alpukat dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi dapat memperbaiki keluhan morning sickness.

  1. Menjaga Kadar Gula dan Kolesterol dalam Darah Tetap Optimal

Konsumsi rutin dari alpukat dapat membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik). Konsumsi alpukat rutin juga dapat menjaga kadar glukosa darah dalam rentang normal.

  1. Memperbaiki Gejala Kram Tungkai Bawah

Kram tungkai bawah merupakan gejala yang sering dialami selama kehamilan. Alpukat memiliki kadar kalium yang lebih tinggi dari pisang. Kalium, bersama dengan kalsium dalam alpukat dapat mengurangi gejala kram tungkai bawah pada kehamilan.

  1. Menstimulasi Perkembangan Otak Janin

Satu cup alpukat mengandung 22 mg choline yang esensial untuk perkembangan otak janin.

  1. Kaya akan Mineral

Alpukat kaya akan mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, zink, dan masih banyak lagi yang bersifat esensial untuk perkembangan janin selama kehamilan.

  1. Kaya akan Lemak Baik

Kalori yang lebih dibutuhkan selama kehamilan untuk perkembangan janin dan alpukat kaya akan kandungan lemak baik yang esensial untuk perkembangan otak serta pemenuhan kebutuhan kalori wanita hamil.

  1. Menurunkan Risiko Preeklampsia

Preeklampsia adalah suatu keadaan dimana tekanan darah ibu hamil meningkat, disertai dengan gangguan fungsi organ ibu yang dapat menghambat pertumbuhan janin. Kadar kalium yang tinggi dalam buah-buahan seperti alpukat dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan dapat menurunkan kejadian preeklampsia pada ibu hamil.

 

Referensi

  • Pem D, Jeewon R. Fruit and Vegetable Intake: Benefits and Progress of Nutrition Education Interventions- Narrative Review Article. Iran J Public Health. 2015;44(10):1309-1321.
  • Comerford KB, Ayoob KT, Murray RD, Atkinson SA. The Role of Avocados in Maternal Diets during the Periconceptional Period, Pregnancy, and Lactation. Nutrients. 2016;8(5):313. Published 2016 May 21. doi:10.3390/nu8050313
  • Malachi R (2021). 14 Reasons To Eat Avocados During Pregnancy. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/reasons-eat-avocadoes-pregnancy_0085824/. 

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :