Beranda > Artikel > Mengenal Manfaat Jus Alpukat untuk Lambung

Mengenal Manfaat Jus Alpukat untuk Lambung

manfaat jus alpukat untuk lambung

Alpukat menjadi salah satu buah-buah yang sangat sering digunakan sebagai bahan untuk membuat jus atau diolah lagi sehingga menjadi makanan nikmat lainnya. Namun apakah Anda sudah tahu kalau jus alpukan memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, termasuk untuk penderita asam lambung?

Ya, jus alpukat memang memiliki manfaat untuk lambung Anda jika memang teratur dalam mengkonsumsinya. Selain untuk lambung, masih ada manfaat lain dari jus alpukat. Tanpa perlu berlama-lama lagi, mari mengenal manfaat dari jus alpukat untuk tubuh Anda melalui informasi di bawah ini.

Manfaat Jus Alpukat untuk Kesehatan Lambung

Lambung sangat membutuhkan serat agar dapat bekerja maksimal. Termasuk untuk memperlancar buang air besar Anda. Ada berbagai buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan serat yang tinggi, termasuk alpukat.

Benar sekali, alpukat memang memiliki serat yang tinggi sehingga sangat bagus untuk lambung. Selain memperlancar buang air besar, serat di dalam alpukat juga berkontribusi dalam menurunkan berat badan, mengurangi kenaikan gula darah, serta mencegah berbagai penyakit lainnya.

Ketika Anda mengolah 100 gram alpukat untuk jus, maka di dalamnya terkandung 7 gram serat yang merupakan 27% dari RDA. Perlu diketahui bahwa serat di dalam alpukat terdiri dari 25% serat larut dan 75% serat tidak larut.

Serat larut dikenal sebagai nutrisi untuk memberi makan bakteri ramah di usus agar mempertahankan fungsi tubuh tetap optimal. Itulah mengapa Anda dapat menjadikan jus alpukat sebagai minuman andalan dalam mendapatkan asupan serat setiap harinya.

Baca Juga: Manfaat Fiber untuk Kesehatan Organ Pencernaan

Manfaat Jus Alpukat untuk Mengobati Asam Lambung

Seperti yang kita tahu, buah alpukat memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Salah satu manfaat baik buah alpukat adalah untuk mengatasi penyakit asam lambung atau dalam kondisi medis disebut Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

Buah alpukat dikenal mengandung beberapa jenis vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Anda bisa menemui berbagai kandungan yang baik bagi tubuh, seperti zat besi, mangan, fosfor, tembaga, zinc, vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), dan B3 (niasin) dalam jumlah kecil.

Selain itu buah alpukat juga aman dikonsumsi karena buah alpukat termasuk ke dalam buah yang rendah kalori. Menurut penelitian, buah alpukan mengandung 160 kalori, 15 gram lemak sehat yang terdiri dari 2,1 gram lemak jenuh, 1,8 gram lemak tak jenuh ganda, dan 10 gram lemak tak jenuh tunggal dan 2 gram protein. Lemak tak jenuh tunggal sendiri sangat baik untuk membantu meingkatkan kolesterol baik dan mengurangi kadar kolesterol jahat, serta dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, buah alpukat sangat bermanfaat untuk mengobati maag atau GERD karena buah alpukat kaya akan serat yang larut dan tidak larut. Buah alpukat juga mampu untuk menenangkan usus, serta mencegah sembelit serta mencegah peradangan pada usus.

Semua kandungan yang ada dalam buah alpukat ini ampuh untuk mengurangi peradangan, menurunkan asam lambung, meningkatkan kadar kolesterol, serta mengeluarkan cairan empedu dan lambung untuk menjaga tingkat asam lambung.

Selain itu alpukat juga mengandung alkali yang bermanfaat untuk meningkatkan antioksidan pada tubuh dan menjadi salah satu kunci untuk membantu mengurangi refluks asam lambung.

Personal Health Record Carevo

Mengenal Nutrisi di Dalam Buah Alpukat

Sebenarnya ada nutrisi apa saja di dalam buah alpukat? Menurut data yang telah dikumpulkan, buah alpukat 40 gram terdiri dari kandungan:

  • 64 kalori

  • 6 gram lemak

  • 3,4 gram karbohidrat

  • Kurang lebih 1 gram gula

  • 3 gram serat

Alpukat juga menjadi sumber vitamin C,E,K, dan B-6. Selain itu juga ada riboflavin, niacin, folat, asam pantotenat, magnesium, kalium, lutein, beta-karoten, dan asam lemak omega-3.

Banyak yang melihat kalori dalam alpukat itu terlalu besar dan tidak sehat karena berasal dari lemak. Padahal itu adalah pemikiran yang salah. Alpukat memang memiliki lemak, tetapi terhitung sebagai lemak yang sehat dan bermanfaat untuk membantu Anda tetap kenyang. Ketika Anda mengonsumsi lemak, otak langsung menerima sinyal agar mematikan nafsu makan. Manfaat ini yang akhirnya membuat Anda merasa kenyang dan tetap bisa menjaga pola makan dengan baik. 

Baca Juga: 7 Tanda Asam Lambung Naik yang Harus Anda Waspadai 

Mengonsumsi lemak yang ada di dalam alpukat mampu memperlambat pemecahan karbohidrat sehingga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Lemak sehat yang ada di alpukat juga sangat penting untuk sel tubuh, kesehatan kulit, meningkatkan penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, mineral, dan nutrisi lainnya, serta mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengobati asam lambung.

Manfaat Lainnya dari Buah Alpukat

Anda sudah mengenal manfaat jus alpukat untuk kesehatan lambung serta kandungan nutrisi di dalamnya. Sebenarnya masih ada lagi manfaat dari jus alpukat jika Anda mengkonsumsinya secara teratur. Manfaat jus alpukat lainnya adalah:

1. Mengurangi risiko depresi

Alpukat mengandung folat yang tinggi sehingga mampu mengurangi risiko depresi. Folat membantu dalam mencegah penumpukan homosistein, sebuah zat yang dapat mengganggu sirkulasi dan pengiriman nutrisi ke otak, menghambat produksi serotonin, dopamin, dan norepinefrin juga.

Baca Juga:  Anda Merasa Cemas Berlebih? Kenali Gejala Gangguan Kecemasan

2. Melindungi tubuh dari kanker

Folat di dalam alpukat juga melindungi tubuh dari berbagai ancaman kanker. Dari kanker usus besar, lambung, pankreas, dan serviks. Semuanya berkat kemampuan folat dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dan mematikannya juga, sekaligus mendorong proliferasi sel sistem kekebalan tubuh bernama limfosit.

Jadi itulah penjelasan mengenai manfaat jus alpukat untuk kesehatan lambung yang dapat bermanfaat untuk Anda. Selalu perhatikan dan jaga kesehatan Anda, serta catat kondisi Anda dengan Apps Personal Health Record Carevo. Stay healthy!

  • Healthline
    https://www.healthline.com/nutrition/12-proven-benefits-of-avocado
  • MedicalNewsToday
    https://www.medicalnewstoday.com/articles/270406#diet

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics