Beranda > Artikel > Manfaat Jus Buah Bit untuk Kesehatan

Manfaat Jus Buah Bit untuk Kesehatan

Manfaat Jus Buah Bit

Apa itu buah bit?

Bit, yang dikenal dengan sebutan beetroot (Beta vulgaris), sebenarnya merupakan salah satu jenis sayuran, namun karena bentuk dan warna nya sering disebut sebagai buah bit. Bit mempunyai banyak warna, ungu tua, kuning, putih, atau merah muda. Rasa yang unik, dipadukan dengan banyak nya nutrisi penting yang terkandung membuat bit menjadi salah satu variasi bahan konsumsi yang menyehatkan.

 

Apa saja manfaat konsumsi bit?

Bit mengandung nutrisi yang esensial bagi tubuh, per 100 gram jus bit mengandung:

  • Kalori : 44
  • Protein : 1,7 gram
  • Lemak : 0,2 gram
  • Serat : 2 gram
  • Vitamin dan mineral : vitamin B6, asam folat, vitamin C, kalium, magnesium, mangan, fosfat, dan zat besi
  • Nitrat inorganik dan pigmen alami

Karena nutrisi-nutrisi tersebut mengkonsumsi bit membawa banyak manfaat kesehatan:

1. Menjaga tekanan darah

Penyakit jantung koroner, termasuk serangan jantung, gagal jantung dan stroke, merupakan penyakit-penyakit penyebab kematian utama di seluruh dunia. Dan tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan salah satu faktor utama yang mencetuskan penyakit tersebut.

Kandungan nitrat yang cukup tinggi dalam bit menunjukan peranan penting untuk mengontrol tekanan darah. Nitrat ini akan diubah menjadi senyawa nitrat aktif di dalam tubuh yang berfungsi melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah akan turun. Tekanan darah yang terkontrol akan menurunkan risiko penyakit-penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan stroke.

 

2. Meningkatkan performa olahraga

Penelitian menunjukan bahwa nitrat dapat membantu kerja mitokondria sel, yang berfungsi menghasilkan energi, menjadi lebih baik dan efektif. Beberapa studi menunjukan bahwa konsumsi jus bit selama 6 hari dapat meningkatkan stamina selama latihan dengan intensitas tinggi (high-intensity excersise) hingga 15-25%. Selain itu bit juga dapat meningkatkan performa olahraga, termasuk bersepeda dan olahraga atletik lainnya. Namun perlu diingat bahwa nitrat akan mencapai puncak setelah 2-3 jam sehingga disarankan untuk mengkonsumsi bit 2-3 jam sebelum beraktivitas.

 

3. Memperbaiki kesehatan saluran pencernaan

Kandungan serat dalam bit dapat mencegah sembelit, peradangan saluran cerna, maupun munculnya benjolan (diverticulitis) dan menjadi makanan bakteri baik di dalam usus yang turut serta menjaga kesehatan usus.

 

4. Menunjang kesehatan otak dan mencegah pikun

Fungsi mental dan kognitif otak akan menurun seiring bertambahnya usia sesorang. Hal ini dipercepat dengan gangguan pasokan aliran darah dan oksigen ke otak. Kandungan nitrat dalam bit dapat membantu memperbaiki aliran darah ke otak terutama area depan (lobus frontalis) yang merupakan pusat berpikir, mengambil keputusan dan daya ingat.

 

5. Membantu menurunkan berat badan

Bit merupakan bahan makanan rendah kalori yang mengandung cukup protein dan bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, serat yang ada dalam bit juga berperan penting dengan menurunkan nafsu makan dan membuat kita merasa lebih kenyang, sehingga akan menurunkan keinginan makan yang berarti menurunkan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

 

6. Membantu mengatasi anemia

Anemia atau kurang darah, yaitu rendahnya kadar hemoglobin, paling sering disebabkan oleh kurangnya zat besi. Bit, yang mengandung zat besi, dapat dijadikan tambahan bahan konsumsi untuk meningkatkan hemoglobin.

Meskipun manfaat buah bit cukup beragam, namun konsumsi yang berlebihan juga dapat menimbulkan dampak kesehatan. Kandungan oksalat dalam buah bit dapat menyebabkan timbulnya batu ginjal, sehingga tidak disarankan dikonsumsi untuk orang dengan penyakit batu ginjal.

Bit dapat dimakan mentah maupun diolah menjadi jus dan salad. Campuran bit dan yogurt juga dapat meningkatkan manfaat kesehatannya.

Baca juga: Manfaat Labu Siam Rebus

 

Referensi:

Asgary, S., Afshani, M. R., Sahebkar, A., Keshvari, M., Taheri, M., Jahanian, E., Rafieian-Kopaei, M., Malekian, F., & Sarrafzadegan, N. (2016). Improvement of hypertension, endothelial function and systemic inflammation following short-term supplementation with red beet (Beta vulgaris L.) juice: a randomized crossover pilot study. Journal of human hypertension, 30(10), 627–632. https://doi.org/10.1038/jhh.2016.34

Larsen, F. J., Schiffer, T. A., Borniquel, S., Sahlin, K., Ekblom, B., Lundberg, J. O., & Weitzberg, E. (2011). Dietary inorganic nitrate improves mitochondrial efficiency in humans. Cell metabolism, 13(2), 149–159. https://doi.org/10.1016/j.cmet.2011.01.004

Coyle, D. (2017, May 26). 9 Impressive Health Benefits of Beets. Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-beets

WebMD. (2020, August). Health Benefits of Beetroot. WebMD Medical Reference. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-beetroot#1

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :