Beranda > Artikel > 7 Manfaat Jus Pisang Untuk Kesehatan

7 Manfaat Jus Pisang Untuk Kesehatan

manfaat jus pisang

Mengkonsumsi jus menjadi tren yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Mulai dari sekadar jus buah seperti apel, hingga jus sayuran yang dicampur dengan buah. Salah satu jus buah yang baik untuk kesehatan adalah jus pisang. Buah manis yang satu ini ternyata juga sangat enak dibuat menjadi jus. Yuk, cari tahu manfaat jus pisang untuk kesehatan Anda.

Inilah 7 Manfaat Jus Pisang Untuk Kesehatan

Pisang adalah buah yang sangat sehat serta mengandung banyak mineral dan vitamin yang baik. Selain rasanya yang manis dan nikmat, pisang juga bermanfaat untuk kesehatan Anda. Pisang merupakan salah satu buah yang disarankan untuk meningkatkan energi Anda. 

Saat ini masyarakat sangat menyukai mengkonsumsi kandungan nutrisi buah-buahan dengan cara memakan buah tersebut secara langsung ataupun dibuat menjadi jus. Sama halnya dengan pisang, sebenarnya buah yang satu ini sangat lezat jika dikonsumsi secara langsung. Namun ada beberapa orang yang menyukai jika buah yang satu ini dijadikan jus.

Pisang mengandung banyak nutrisi penting, seperti banyak serat dan antioksidan. Satu pisang ukuran sedang (118 gram) akan mengandung:

  • Kalium: 9% dari RDI
  • Vitamin B6: 33% dari RDI
  • Vitamin C: 11% dari RDI
  • Magnesium: 8% dari RDI
  • Tembaga: 10% dari RDI
  • Mangan: 14% dari RDI
  • Karbohidrat bersih: 24 gram
  • Serat: 3,1 gram
  • Protein: 1,3 gram
  • Lemak: 0,4 gram

Saat Anda merasa lapar dan ingin makan makanan ringan, pisang adalah pilihan yang tepat dan sehat. Buah yang ini adalah gudang nutrisi dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat yang akan bisa Anda dapatkan ketika mengonsumsi jus pisang ini adalah sebagai berikut ini. 

1. Pencernaan yang lebih baik

Serat adalah salah satu kandungan yang ada di dalam pisang. Hal yang satu ini sangat berguna dalam saluran pencernaan. Serat membantu makanan untuk dicerna dengan baik. Kemampuan menyerap air dari serat ini akan bisa melembutkan feses dan mencegah terjadinya sembelit. Jika Anda menderita sembelit, mengkonsumsi jus pisang adalah obat yang bagus.

2. Kekuatan otak

Mengkonsumsi pisang untuk sarapan pagi sangat bermanfaat bagi anak-anak karena pisang bekerja dengan baik untuk meningkatkan daya ingat. Pisang kaya akan potasium, sebuah elemen khusus yang bekerja dengan baik untuk membuat fokus dan meningkatkan kekuatan otak dalam memahami berbagai informasi.

3. Suplemen diet yang baik

Berbagai nutrisi seperti vitamin, serat, dan mineral seperti kalium serta magnesium terkandung di dalam jus pisang. Karena kandungan berbagai nutrisi ini, jus pisang sangat baik dikonsumsi dalam program diet. Tambahkan minuman yang satu ini dalam menu diet Anda untuk menurunkan berat badan.

4. Mencegah stroke

Mengkonsumsi pisang secara teratur akan membantu mengurangi kemungkinan terkena stroke. Hal ini disebabkan karena kandungan kalium yang tinggi dalam pisang.

Baca Juga : Makanan untuk Penderita Stroke yang Aman untuk Dikonsumsi

5. Meningkatkan energi

Glukosa, fruktosa, sukrosa, dan maltosa adalah gula yang secara alami ditemukan dalam jus pisang. Jenis gula ini membantu untuk memberikan energi. Jika Anda memilih untuk berolahraga, mengonsumsi pisang dapat memberi Anda energi instan.

6. Mencegah sakit perut

Beberapa kandungan dalam pisang bekerja dengan baik untuk merangsang sel-sel yang membentuk lapisan lambung untuk melindungi perut dari asam yang dibuat oleh lambung itu sendiri. Selain itu, pisang juga bisa menghilangkan semua bakteri yang menyebabkan sakit maag.

Baca Juga : Pantangan Makanan Penderita Sakit Maag

7. Mengendalikan kolesterol

Pektin merupakan salah satu unsur serat larut yang membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Serat yang larut dalam air menurunkan kolesterol LDL dan tidak memengaruhi kolesterol HDL.

Baca Juga : Cara Melancarkan Peredaran Darah yang Tersumbat

Itu dia berbagai manfaat jus pisang untuk kesehatan Anda. Mengkonsumsi jus adalah pilihan yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Selalu perhatikan dan jaga kesehatan Anda, serta catat kondisi Anda dengan Apps PHR Carevo. Stay healthy!

  • Health Benefits Time
    https://www.healthbenefitstimes.com/health-benefits-of-banana-juice/
  • MedicineNET
    https://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=60420

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :