Beranda > Artikel > 7 Manfaat Kacang Kenari yang Jarang Diketahui

7 Manfaat Kacang Kenari yang Jarang Diketahui

manfaat kacang kenari

Banyak orang yang masih belum mengetahui bahwa ada begitu banyak manfaat kacang kenari yang dapat menyehatkan tubuh. Apakah Anda juga masih belum mengetahui apa saja manfaat dari kacang kenari?

Kacang kenari dapat diolah ke dalam berbagai jenis makanan mulai dari kue, permen, bahkan Anda juga dapat mengonsumsi dalam bentuk kacang begitu saja. Tekstur dan rasanya yang nikmat membuat hampir sebagian besar orang menyukai kacang kenari.

Apabila Anda sering mengonsumsi kacang kenari, maka silakan simak artikel berikut ini. Carevo akan memberikan informasi mengenai berbagai manfaat dari kacang kenari yang tanpa disadari memiliki dampak baik bagi tubuh Anda.

Apa Itu Kacang Kenari?

Sebelum mempelajari manfaat dari kacang kenari, mari kita sedikit menelaah kembali apa itu kacang kenari. Kacang kenari atau yang orang luar sering sebut dengan walnut merupakan kacang-kacangan dengan nama latin Canarium ovatum.

Kacang kenari ini memiliki bentuk fisik yang mirip seperti otak manusia, hanya saja ukurannya tentu jauh lebih kecil. Selain itu, kacang kenari memiliki cangkang yang sangat tebal dan sulit untuk dipecahkan.

Di dalam kacang kenari tersebut, ada begitu banyak kandungan seperti magnesium, fosfor, vitamin B6, zat besi, dan masih banyak lagi. Kandungan-kandungan itulah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Personal Health Record

Apa Saja Manfaat Kacang Kenari?

Berikut ini, setidaknya ada 7 manfaat dari kacang kenari yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat pertama dari kacang kenari adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan, sangat disarankan untuk mengonsumsi kacang kenari secara rutin.

Kalori dalam kacang kenari sangatlah besar, namun tubuh Anda hanya menyerap kurang dari 25% kalorinya. Maka dari itu, kacang kenari ini dapat membantu mengontrol nafsu makan yang dapat membuat Anda lebih mudah dalam menurunkan berat badan.

2. Memperkuat Tulang

Kandungan mineral dan mangan dalam kacang kenari sangatlah baik untuk tulang. Dengan mengonsumsi kacang kenari, Anda dapat memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena osteoporosis.

Baca Juga: 5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Diabetes

3. Menjaga Kadar Gula Darah

Bagi penderita diabetes, kacang kenari dapat membantu menjaga kadar gula darah yang masuk ke dalam tubuh. Namun perlu diingat, dengan mengonsumsi kacang kenari saja tidak akan cukup untuk menjaga kadar gula darah apabila tidak disertai dengan pola hidup yang sehat.

4. Menangkal Radikal Bebas

Di dalam kacang kenari, terdapat kandungan urolithin yang dapat membantu menangkal radikal bebas. Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari risiko kanker, jantung, dan penyakit berbahaya lainnya.

Baca Juga: 6 Manfaat Gula Jawa yang Manis untuk Kesehatan Tubuh

5. Menjaga Kadar Lemak Dalam Tubuh

Tubuh manusia membutuhkan lemak, namun lemak yang berlebih tentu akan memicu berbagai macam penyakit khususnya jantung. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi kacang kenari, kadar lemak dalam tubuh akan lebih terjaga.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan, cobalah untuk mengonsumsi kacang kenari secara rutin. Kandungan di dalam kacang kenari dapat membantu memproduksi lemak butirat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan.

Baca Juga: Inilah Cara Menurunkan Gula Darah dengan Kayu Manis

7. Mempertajam Fungsi Otak

Manfaat terakhir dari kacang kenari adalah dapat mempertajam fungsi otak. Apabila Anda memiliki anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, kacang kenari dapat bermanfaat untuk mempertajam fungsi otak serta meningkatkan proses berpikirnya.

Jadi, itulah informasi yang dapat kami berikan mengenai 7 manfaat kacang kenari yang jarang diketahui. Selalu jaga kesehatan Anda dan catat kondisinya dengan aplikasi Personal Health Record dari Carevo.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :