Beranda > Artikel > Manfaat Kayu Bajakah untuk Kesehatan

Manfaat Kayu Bajakah untuk Kesehatan

Manfaat Kayu Bajakah

Kayu bajakah atau yang dikenal dengan nama latin Spatholobus littoralis Hassk merupakan tanaman yang berasal dari Indonesia, tepatnya dari provinsi Kalimantan Tengah. Walaupun tanaman ini cukup asing di telinga dan kurang populer, namun sudah lama digunakan oleh suku Dayak untuk sebagai pengobatan tradisional untuk berbagai macam penyakit. Tanaman ini mulai dikenal saat tahun 2019, pelajar dari Indonesia memenangkan medali emas pada ajang World Invention Creativity Olympic di Seoul, Korea Selatan. Hal yang menjadi riset mereka adalah efek kayu bajakah terhadap kanker yang dilakukan pada mencit putih.

Telah dilakukan beberapa penelitian untuk mengetahui kandungan pada kayu bajakah yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan tersebut antara lain antioksidan seperti fenolik, flavonoid, tannin dan saponin.

 

Berikut manfaat yang mungkin didapatkan dengan konsumsi kayu bajakah :

1. Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan antioksidan dikenal sangat baik untuk kulit karena dapat mempercepat pertumbuhan kolagen dan juga pembentukan epitel baru atau dikenal dengan nama reepitelisasi. Selain itu, saponin dan tannin juga dapat mempercepat pembentukan pembuluh darah baru untuk menggantikan pembuluh darah yang sudah rusak sebelumnya. Kombinasi manfaat tersebut tentunya dapat membuat kulit yang luka lebih cepat untuk sembuh dan menutup. Dengan proses penyembuhan yang lebih cepat, paparan bakteri atau jamur yang dapat menyebabkan infeksi pada area luka yang terbuka juga dapat dicegah.

2. Mencegah radikal bebas

Efek antioksidan lainnya yang penting adalah mencegah proses pembentukan radikal bebas. Radikal bebas dapat terbentuk dikarenakan berbagai hal seperti paparan sinar ultraviolet, paparan radiasi dan banyak hal lainnya. Radikal bebas sendiri memiliki efek negatif terhadap tubuh seperti mempercepat penuaan dan kematian sel dan dapat menyebabkan penuaan dini. Dengan konsumsi kayu bajakah, diharapkan pembentukan radikal bebas dapat dil=perlambat

3. Pengobatan kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita dan menyebabkan angka kesakitan dan kematian yang tinggi. Terjadinya penyakit ini dikarenakan mutasi dari sel-sel dalam tubuh baik karena genetik ataupun lingkungan sebagai pencetusnya. Kandungan antioksidan seperti flavonoid dalam kayu bajakah yang memiliki efek antikanker dan telah terbukti dalam penelitian yang dillakukan pada hewan coba.

4. Peningkatan imunitas

Secara umum, antioksidan dapat meningkatkan imunitas tubuh secara keseluruhan. Dapat membantu pembentukan sel imun untuk memperkuat sistem pertahanan tubuh terhapat serangan mikroorganisme, bakteri, virus dan penyakit lainnya.

Baca juga: 10 Buah untuk Meningkatkan Imun Tubuh Anda

 

Walaupun banyak manfaat yang mungkin bisa didapatkan dengan konsumsi kayu bajakah, namun penelitian yang dilakukan terhadap tanaman ini masih sangat terbatas. Kebanyakan riset yang dilakukan hanya sebatas uji coba pada hewan percobaan dan dilakukan di Indonesia saja. Karena kemenangan siswa Indonesia di Seoul, banyak masyarakat yang langsung meyakini dengan konsumsi kayu bajakah lalu penyakit kanker dapat sembuh secara langsung. Padahal, sampai saat ini diketahui belum terdapat pengobatan definitif untuk kanker.

Untuk menjadi suatu obat yang dapat digunakan dan beredar bebas, masih banyak tahapan yang harus dilalui. Tahap pertama, yaitu dari penelitian dasar dengan menguji kandungan bahan tersebut dengan ekstraksi lalu dilakukan uji efektivitas zat pada hewan coba. Tahap kedua, dilakukan uji klinis pada manusia meliputi uji keamanan, uji efeektifitas, uji dosis yang tepat dan juga membandingkan dengan terapi yang sudah ada sebelumnya. Lalu tahap terakhir, dilakukan uji klinis dilakukan pada populasi manusia yang lebih luas setelah diproduksi dan dipasarkan.

Maka dari itu, perlu uji coba lebih lanjut untuk memastikan efektifitas dari kayu bajakah dan tidak disarankan untuk hanya mengkonsumsi tanaman ini tanpa mencari pengobatan yang sudah teruji.

Baca juga: 5 Manfaat Akar Bajakah untuk Kesehatan Tubuh

 

Referensi

  1. Ayuchecaria N, Saputera MMA, Niah R. PENETAPAN KADAR FENOLIK TOTAL EKSTRAK BATANG BAJAKAH TAMPALA (Spatholobus littoralis Hassk.) MENGGUNAKAN SPEKTROFOTOMETRI UV-VISIBLE. Jurnal Insan Farmasi Indonesia. 2020 May 30;3(1):132–41.
  2. Risya AU. Potensi Ekstrak  Kayu Bajakah (Uncaria Nervosa Elmer) Terhadap Apoptosis Sel Kanker. :2
  3. Saputera MMA, Ayuchecaria N. UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK ETANOLIK BATANG BAJAKAH TAMPALA (Spatholobus littoralis Hassk.) TERHADAP WAKTU PENYEMBUHAN LUKA. Jurnal Ilmiah Ibnu Sina. 2018 Oct 31;3(2):318–27.
  4. Kooti W, Servatyari K, Behzadifar M, Asadi-Samani M, Sadeghi F, Nouri B, et al. Effective Medicinal Plant in Cancer Treatment, Part 2: Review Study. J Evid Based Complementary Altern Med. 2017 Oct;22(4):982–95.
  5. Marpaung JH. Isolasi dan identifikasi senyawa kimia fraksi n- butanol batang bajakah tampala ( Spatholobus littoralis Hassk.) asal Kal – Tengah. Banjarbaru : Fak . M Unlam / Farmasi, 2013.
  6. Herianto H, Kusuma Z, Nihayati E, Prayogo C. The Plant Wisdom of Dayak Ot Danum, Central Kalimantan. JTropLifeScience. 2018 May 1;8(2):130–43.

 

Pantau kesehatanmu secara rutin dengan aplikasi Carevo. Download Carevo di sini.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :