Beranda > Artikel > 5 Manfaat Kayu Manis dan Jahe untuk Tubuh

5 Manfaat Kayu Manis dan Jahe untuk Tubuh

Manfaat Kayu Manis dan Jahe untuk Tubuh

Kayu manis dan jahe telah digunakan selama berabad-abad oleh manusia di seluruh dunia untuk mendapatkan nutrisi dan efek herbal untuk kesehatan. Dengan kalori yang rendah, campuran ini biasanya dijadikan sebagai minuman untuk mencegah kenaikan gula darah. Jadi, dengan konsumsi minuman campuran rempah ini, dapat meningkatkan kualitas hidup  terutama jika diikuti dengan gaya hidup yang sehat, makan-makanan bergizi dan juga olahraga teratur.

Berikut adalah kandungan nutrisi dalam sajian teh kayu manis dan jahe :

1. Teh

Kandungan dalam teh baik teh hitam (black tea) atau teh hijau (green tea) memiliki kandungan flavonoid berupa catechin yang merupakan antioksidan poten yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Walaupun teh hijau memiliki kandungan flavonoid yang sedikit lebih tinggi, namun keduanya dapat digunakan menjadi campuran dasar minuman kayu manis dan jahe

2. Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang telah digunakan di dalam pengobatan Asia untuk mengobati mual, muntah dan diare selama berabad-abad. Kemampuannya untuk menghilangkan mual juga dijadikan salah satu pengobtan tradisional pada wanita hamil yang memiliki gejala mual pada ibu hamil ataupun pasien yang sedang menjalani pengobatan kemoterapi.

3. Kayu manis

Kayu manis memiliki kandungan utama cinnamaldehyde dan antioksidan koline, polifenol, betakaroten, alfa karoten, likopen, lutein dan zeaxantin yang cukup tinggi sehingga efeknya dapat melawan inflamasi dan mecegah radikal bebas

 

Berikut adalah beberapa uraian manfaat konsumsi kayu manis dan jahe untuk tubuh :

1. Meningkatkan imun tubuh

Kandungan nutrisi yang kaya dalam kayu manis dan jahe baik dari vitamin, mineral dan antioksidan berkontribusi untuk membuat sel-sel dalam tubuh berfungsi lebih optimal sehingga secara keseluruhan dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan terhindar dari paparan infeksi dan penyakit

2. Mengurangi inflamasi

Inflamasi yang dapat terjadi dalam sel tubuh dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan akhirnya kerusakan organ. Dengan adanya kerusakan tersebut, maka meningkatkan resiko terjadinya penyakit kardiovaskular, kanker, arthritis, alzheimer, sindrom metabolik dan penyakit lainnya. Zat aktif dalam kayu manis dan jahe dapat mencegah hal tersebut terjadi

3. Mencegah kerusakan sel

Kerusakan sel dapat terjadi karena berbagai hal seperti penambahan usia, paparan radiasi, paparan zat toksik, polusi maupun gaya hidup yang tidak sehat. Kandungan antioksidan dalam campuran minuman tersebut dapat mengurangi terbentuknya reactive oxygen species (ROS) dan dapat mencegah kerusakan sel dalam tubuh

4. Menurunkan kadar gula darah

Baik jahe dan kayu manis memiliki kandungan yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan cara kerjanya mirip dengan insulin yang dapat mendistribusikan gula yang dikonsumsi ke dalam jaringan sehingga dapat digunakan sebagai energi. Cara kerja lainnya yaitu  dengan memperbaiki resistensi insulin atau respon tubuh yang kurang terhadap hormon insulin. Hal tersebut dapat menyebabkan kadar gula darah menjadi turun dan utilisasi dalam tubuh lebih baik.

5. Menjaga berat badan ideal

Selain baik untuk lambung dan dapat mengobati gejala mual dan muntah. Konsumsi campuran minuman ini juga dapat membuat tubuh lebih kenyang dan menghindari konsumsi cemilan yang mengandung banyak kalori dan tidak sehat. Selain itu, penelitian yang dilakukan pada hewan coba juga memiliki kesimpulan bahwa jahe dan kayu manis dapat mengurangi kolesterol total dalam tubuh. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui mekanismenya.

Baca juga: Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan dengan Khasiat Tinggi

 

Referensi

  1. Mashhadi NS, Ghiasvand R, Askari G, Hariri M, Darvishi L, Mofid MR. Anti-Oxidative and Anti-Inflammatory Effects of Ginger in Health and Physical Activity: Review of Current Evidence. Int J Prev Med. 2013 Apr;4(Suppl 1):S36–42.
  2. Ginger. NCCIH. Available from: https://www.nccih.nih.gov/health/ginger
  3. From ginger to cinnamon: Burn fat by speeding up your metabolism with these foods. The Indian Express. 2018. Available from: https://indianexpress.com/article/lifestyle/ food-wine/how-to-lose-weight-food-to-lose-weight-5375440/
  4. What Are the Health Benefits of Tea With Ginger, Cinnamon & Anise? Available from: https://www.livestrong.com/article/544272-what-are-the-health-benefits-of-tea-with-ginger-cinnamon-anise/

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :