Beranda > Artikel > Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan dan Cara Penggunaannya

Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan dan Cara Penggunaannya

manfaat kunyit putih untuk kesehatan

Kunyit putih, atau tanaman dengan nama latin Zedoary, adalah tanaman akar yang sering digunakan untuk membuat obat. Metode tradisional untuk menyiapkan tanaman ini bermula dengan mencucinya menggunakan banyak air untuk menghilangkan sebagian besar protein dan nutrisi yang larut dalam air. Pembilasan juga dimaksudkan untuk menghilangkan racun yang belum teridentifikasi. Kunyit putih kerap digunakan sebagai obat tradisional untuk sakit perut, kehilangan nafsu makan, gangguan pencernaan, sebagai pengusir nyamuk, dan banyak kondisi lainnya, tetapi tidak ada bukti ilmiah yang baik untuk mendukung penggunaan ini. Berikut beberapa manfaat kunyit putih bagi kesehatan:

 

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Ramuan kunyit putih merupakan obat tradisional yang digunakan untuk mengobati masalah pada sistem pencernaan terutama pada saluran pencernaan sejak zaman kuno. Ramuan dan minyak esensial yang dapat bermanfaat dalam mengobati gangguan pencernaan, kolik, kehilangan nafsu makan, nyeri perut, perut kembung, kecacingan, dan buang air besar tidak teratur. Ramuan ini juga dianggap sebagai bantuan alami untuk mencegah ulserasi karena stres.

Pengaplikasian minyak kunyit putih juga terbukti aman untuk digunakan pada kulit dan efektif dalam meredakan nyeri perut. Tambahkan 3 tetes minyak esensial kunyit putih dengan minyak almond dan pijat lembut di perut Anda untuk merasakan manfaatnya. Selain itu Anda juga dapat menambahkan 2 tetes minyak ini ke air mandi hangat untuk merangsang pencernaan Anda dan meningkatkan nafsu makan. Menambahkan 2 hingga 3 tetes minyak kunyit putih ke dalam diffuser Anda juga akan membantu meningkatkan nafsu makan Anda, mengurangi sensasi muntah dan mempercepat proses pencernaan.

Baca juga: Ini Dia Manfaat Buah Alpukat untuk Pencernaan Kita

 

Mengurangi Peradangan dan Mengurangi nyeri

Sifat anti-inflamasi kunyit putih dapat membantu memerangi peradangan, mengobati luka, dan penyakit kulit lainnya. Selain itu, kunyit putih adalah salah satu solusi alami terbaik untuk orang yang terkena radang sendi. Satu studi menemukan bahwa senyawa kurkumin yang terdapat didalamnya dapat mengurangi rasa sakit pada tubuh Anda dan dapat memberikan aktivitas analgesik yang lebih baik daripada aspirin.

 

Membantu Memperkuat Sistem Pernafasan

Lendir dan dahak menyumbat saluran hidung yang dapat menyebabkan penyakit pernapasan seperti pilek, asma, dan batuk, serta menyebabkan masalah pernapasan. Mengkonsumsi ekstrak kunyit putih setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit pernapasan karena memiliki efek pengenceran lendir saluran pernapasan.

Menambahkan 3 tetes minyak kunyit putih ke air yang mengepul dan menghirup uap obat melepaskan aroma minyak ini juga dapat membantu Anda melonggarkan dahak dan endapan lendir dan memudahkan pernapasan. Anda juga dapat menambahkan 2 tetes minyak ini ke dalam minyak gosok Anda dan pijat lembut di leher, dada dan punggung untuk mengobati hidung tersumbat, dingin dan tersumbat.

Baca juga: Tanda-tanda Paru Anda Bermasalah

 

Mencegah kanker

Kunyit putih kaya akan antioksidan. Hal ini mencegah pertumbuhan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan. Minyak atsiri kunyit putih juga memiliki sifat antioksidan yang baik. Hal tersebut membuat kunyit putih memainkan peran penting dalam menghentikan metastasis kanker atau penyebaran kanker dari satu organ ke organ lain. Namun diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitasnya dalam mengatasi kanker.

Baca juga: Gejala Kanker Darah yang Wajib Diketahui Sejak Dini

 

Menurunkan Kadar Gula Darah dan Kolestrol

Mengkonsumsi Kunyit putih setiap hari dapat menurunkan kadar gula darah Anda. Selain itu, membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Tingkat kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung yang parah seperti serangan jantung. Penelitian terkini menunjukkan bahwa minum teh yang disiapkan dengan kunyit putih dapat menurunkan kolesterol total dan dapat meningkatkan kolesterol high-density lipoprotein (HDL atau “kolestrol baik”) pada pria dengan kolesterol tinggi. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi hal tersebut.

Baca juga: Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi

 

Manfaat untuk Masalah Wanita

Konsumsi kunyit putih saat haid dapat meredakan nyeri haid. mempercepat haid, serta mengobati keputihan. Minyak esensial kunyit putih juga efektif dalam mengobati sakit perut, amenore dan masalah menstruasi tertentu lainnya. Tambahkan 3 tetes minyak ini ke air mandi hangat atau kompres panas untuk membantu meredakan nyeri dan ketidaknyamanan menstruasi. Anda juga dapat mencampur 4 hingga 5 tetes minyak kunyit putih dengan minyak kelapa dan memijatnya dengan lembut di area perut bagian bawah untuk bantuan lebih cepat.

 

Keamanan

Ibu hamil dan menyusui tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kunyit putih karena tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk mengetahui bagaimana hal itu dapat mempengaruhi bayi. Orang yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah dan obat tekanan darah sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kunyit putih.

Dosis kunyit putih yang tepat tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang tepat. Perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu aman. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk dan konsultasikan dengan apoteker atau dokter Anda atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakan.

 

 

Sumber:

Shi H, Tan B, Ji G, et al. Zedoary oil (Ezhu You) inhibits proliferation of AGS cells. Chin Med. 2013;8:13. Published 2013 Jun 28. doi:10.1186/1749-8546-8-13

essentialoilbenefits.org/zedoary-essential-oil/

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :