Beranda > Artikel > Manfaat Labu Siam Rebus

Manfaat Labu Siam Rebus

Manfaat Labu Siam Rebus

Labu siam (Sechium edule) atau dalam bahasa Inggris disebut chayote termasuk dalam famili Cucurbitaceae. Tanaman ini berasal dari Meksiko Tengah dan Amerika Latin, namun sekarang sudah mudah ditemukan di berbagai belahan dunia karena kemampuan adaptasi nya yang tinggi di berbagai jenis cuaca dan iklim. Banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam labu siam membuat sayuran ini mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan kita.

 

Manfaat labu siam untuk kesehatan

Dalam 1 buah labu siam (203 gram) mengandung banyak nutrisi yaitu 9 gram karbohidrat, 2 gram protein dan 4 gram serat. Selain itu sayuran ini juga mengandung banyak mineral dan vitamin yang sangat penting untuk tubuh kita, seperti vitamin C, asam folat, vitamin B6, vitamin K, zinc, kalium, dan magnesium.

Banyaknya nutrisi tersebut membuat labu siam memiliki beragam manfaat:

1. Berfungsi sebagai antioksidan

Studi menunjukan bahwa kandungan antioksidan yang cukup poten dalam labu siam cukup tinggi dan berpotensi melindungi tubuh dari bahaya paparan radikal bebas atau oksidan sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit-penyakit degeneratif seperti jantung dan stroke.

 

2. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Banyaknya bahan bioaktif nabati dan serat dalam labu siam baik untuk kesehatan jantung. Penelitian menunjukan konsumsi serat yang cukup dapat menurunkan risiko timbulnya penyakit jantung. Selain itu kalium dan zinc di dalam labu siam juga penting dalam proses pengaturan tekanan darah sehingga dapat menjaga tekanan darah, juga menurunkan kadar kolestrol dan menghambat peradangan di tubuh.

 

3. Memperbaiki pengaturan gula darah

Labu siam memiliki karbohidrat yang rendah dan serat yang tinggi, di mana kedua hal ini merupakan kombinasi nutrisi yang baik untuk mempertahankan kadar gula darah agar tetap normal. Serat yang tinggi membuat tubuh terasa lebih kenyang dan memperlambat penyerapan karbohidrat, yang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Selain itu, suatu studi menunjukan kandungan dalam labu siam dapat membantu meningkatkan kepekaan insulin (hormon pengatur gula darah).

 

4. Menjaga kesehatan ibu dan bayi selama kehamilan

Asam folat merupakan salah satu mineral penting untuk tubuh, dan fungsi ini menjadi semakin penting saat seseorang hamil atau berencana hamil. Selama masa awal kehamilan, asam folat sangat dibutuhkan bayi untuk proses pembentukan sistem syaraf (otak dan sumsum tulang belakang). Kekurangan asam folat dapat menyebabkan gangguan proses ini dan menyebabkan berbagai penyakit kongenital (saat lahir).

Labu siam merupakan salah satu pilihan karena dalam 1 buah nya mengandung asam folat 40% lebih banyak dibanding kebutuhan harian (RDI, reference daily intake).

 

5. Mengurangi risiko penuaan dini

Salah satu teori penyebab penuaan dini adalah paparan radikal bebas dalam jumlah banyak dan terus-menerus. Hal ini dapat merusak sel-sel tubuh sehingga menurunkan fungsinya secara signifikan. Kan(Hill, 2019; Rosado-Perez et al., 2019; WebMD, 2020)dungan antioksidan dalam labu siam, antara lain vitamin C dan juga zinc, dapat membantu melawan efek radikal bebas dan menghambat pembentukannya. Selain itu vitamin C juga diperlukan untuk membentuk kolagen, salah satu protein utama pada kulit, yang membuat kulit lebih kencang dan tampak lebih muda.

 

6. Menjaga kesehatan hati (liver)

Penyakit hati yang banyak ditemui saat ini salah satunya adalah perlemakan hati (fatty liver) akibat lemak berlebih.  Studi awal dan pada hewan menunjukan bahwa ekstrak labu siam dapat mencegah penumpukan lemak di hati dan menurunkan kadar kolestrol.

 

7. Membantu menjaga saluran pencernaan tetap sehat

Sangat penting menjaga saluran cerna agar tetap sehat, karena dapat meningkatkan proses detoksifikasi dan meningkatkan imunitas, serta memperlancar penyerapan nutrisi dari makanan. Kandungan serat dalam labu siam dapat menjaga kesehatan saluran cerna kita.

Baca juga: Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan

 

Bagaimana mengolah labu siam yang baik?

Labu siam relatif murah dan mudah didapatkan. Setelah dicuci bersih, labu siam dapat dimakan mentah maupun direbus. Setelah direbus, labu siam dapat ditambahkan ke dalam sup atau bistik maupun ditambahkan sebagai bahan membuat salad.

 

Referensi:

Hill, A. (2019, April 9). 10 Impressive Benefits of Chayote Squash. Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/chayote-squash

Rosado-Perez, J., Aguiñiga-Sánchez, I., Santiago-Osorio, E., & Mendoza-Nuñez, V. M. (2019). Effect of Sechium edule var. nigrum spinosum (Chayote) on Oxidative Stress and Pro-Inflammatory Markers in Older Adults with Metabolic Syndrome: An Exploratory Study. Antioxidants (Basel), 8(5), 146.

WebMD. (2020, August). Health Benefits of Chayote. WebMD Medical Reference. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-chayote#1

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :