Beranda > Artikel > Manfaat Lengkuas Bagi Pria Dewasa

Manfaat Lengkuas Bagi Pria Dewasa

Manfaat Lengkuas bagi Pria

Lengkuas adalah rempah-rempah asli Asia Selatan yang terkait erat dengan jahe dan kunyit dan telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama berabad-abad. Sama dengan jahe dan kunyit, lengkuas dapat dimakan segar atau dimasak dan merupakan tambahan yang populer untuk banyak masakan Cina, Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Rempah-rempah ini juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit tertentu, karena dipercaya dapat membantu mengobati infeksi, mengurangi peradangan, melawan berbagai jenis kanker bahkan meningkatkan kesuburan pria.

Baca juga: Inilah Manfaat Minyak Zaitun untuk Pria

 

Sebuah studi tahun 2014 mengungkapkan bahwa ekstrak etanol lengkuas secara signifikan meningkatkan spermatogenesis (proses pembentukan sperma) pada tikus. Selain itu, telah terbukti bahwa suplemen harian jus delima dan lengkuas meningkatkan motilitas sperma tiga kali lipat. Dalam satu penelitian lain pada hewan juga didapatkan jumlah dan motilitas sperma meningkat pada tikus yang diberi ekstrak lengkuas saja.

Peningkatan stres oksidatif dalam cairan mani dapat menjadi salah satu penyebab utama kerusakan pembentukan sperma dan sistem reproduksi pria. Stres oksidatif yang bisa diperoleh akibat polusi, zat-zat berbahaya yang dikonsumsi, serta hasil akhir dari metabolisme sel ini dapat mengakibatkan infertilitas pria dan juga sebagai faktor kegagalan teknik reproduksi. Zat galagin, yang terdapat dalam lengkuas, telah diindikasikan dalam beberapa penelitian memiliki aktivitas antioksidan yang kuat. Sehingga penelitian memperkirakan peningkatan kualitas mani oleh lengkuas mungkin dikaitkan dengan aktivitas pemulungannya terhadap stres oksidatif yang mempengaruhi kandungan lipid dan protein sperma. Selain zat tersebut, sejumlah kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam lengkuas juga sangat bermanfaat membantu meningkatkan efeknya terhadap pembentukan sperma dan peningkatan motilitas sperma. Galangin dapat mengurangi apoptosis (program pembunuhan sel) melalui penghambatan beberapa jalur reaksi kimia yang menghasilkan peningkatan kualitas sperma dan mengurangi kerusakan DNA. Beberapa penelitian lain juga sering menghubungkan rempah ini dengan stamina. Ramuan jamu yang umumnya juga mengandung berbagai herbal seperti lengkuas dan jahe dinyatakan dapat meningkatkan stamina dan gairah pria dalam berhubungan. Campuran tanaman herbal tersebut dapat meningkatkan produksi hormon pria (testosteron) serta meningkatkan metabolisme pria. Hal ini juga tentunya sangat bermanfaat dalam meningkatkan fertilitas seorang pria. Namun sayangnya masih belum terdapat penelitian lebih lanjut mengenai perbandingan khasiat jahe dan lengkuas dalam hal ini, dan apakah efek yang dirasakan tetap sama bila keduanya dikonsumsi secara terpisah.

Namun penting untuk dicatat bahwa penelitian yang ada berasal dari penelitian pada hewan atau percobaan laboratorium dan saat ini tidak ada penelitian yang diterbitkan secara langsung yang mengaitkan lengkuas dengan manfaat ini pada manusia. Oleh karena itu, penelitian ilmiah yang lebih kuat diperlukan untuk menarik kesimpulan tegas. Selain itu, penelitian lebih lanjut diperlukan secara umum untuk menentukan berapa banyak lengkuas yang dapat dikonsumsi manusia dengan aman ketika mencoba menuai manfaat kesehatan ini dan menghindari potensi efek samping.

Informasi yang ada terbatas mengenai dosis yang aman atau potensi efek samping dari mengonsumsi lengkuas dalam jumlah yang lebih besar, seperti yang ditemukan dalam suplemen. Satu penelitian pada hewan mengamati bahwa dosis 909 mg per pon (2.000 mg per kg) berat badan mengakibatkan efek samping yang serius, termasuk penurunan tingkat energi, kurang nafsu makan, buang air kecil berlebihan, diare, koma, dan bahkan kematian. Efek samping ini tidak ada pada dosis yang jauh lebih kecil yaitu 136 mg per pon (300 mg per kg) berat badan.

Baca juga: Manfaat Daging Kambing untuk Pria

 

Sumber:

Mazaheri M, Shahdadi V, Nazari Boron A. Molecullar and biochemical effect of alcohlic extract of Alpinia galanga on rat spermatogenesis process. Iran J Reprod Med. 2014;12(11):765-770.

Fedder M, Jakobsen H, Giversen I, Christensen L, Parner E, Fedder J. An Extract of Pomegranate Fruit and Galangal Rhizome Increases the Numbers of Motile Sperm: A Prospective, Randomised, Controlled, Double-Blinded Trial. PLoS ONE. 2014;9(10):e108532.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :