Beranda > Artikel > Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan dengan Khasiat Tinggi

Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan dengan Khasiat Tinggi

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Lengkuas adalah rempah-rempah asli Asia Selatan yang terkait erat dengan jahe dan kunyit dan telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama berabad-abad. Secara ilmiah tanaman ini disebut Alpinia galanga dan menjadi rempah-rempah dengan rasa luar biasa yang sering digunakan pada masakan khas negara-negara Asia Selatan seperti Cina, India, Indonesia. Bumbu masak yang berkalori rendah ini memiliki segudang manfaat yang dapat berguna bagi kesehatan Anda sebagai berikut:

Mencegah kanker

Lengkuas dapat membantu melindungi tubuh Anda dari jenis kanker tertentu. Senyawa aktif dalam lengkuas, yang dikenal sebagai galangin, dapat membunuh sel kanker atau mencegahnya menyebar. Banyak penelitian menyoroti kemampuan rempah-rempah ini untuk membunuh dua jenis sel kanker usus besar manusia. Studi lain juga menunjukkan kemampuannya melawan sel kanker payudara, saluran empedu, kulit, dan hati. Hal tersebut erat kaitannya dengan fungsi lengkuas yang dapat peningkatan apoptosis, program penghancuran diri yang digunakan tubuh untuk membunuh sel-sel yang tidak berfungsi termasuk sel kanker.

Meredakan kram otot

Lengkuas dianugerahkan dengan mineral kunci untuk fungsi otot yang optimal yaitu magnesium. Kandungan magnesium yang sangat tinggi dalam akar lengkuas menjadikannya pilihan ideal untuk meredakan kram otot. Selain itu, setelah latihan intensitas tinggi, ketika otot-otot di lengan dan kaki tegang, air hangat yang diresapi dengan bubuk lengkuas dapat langsung meredakan gejala nyeri dan ketidaknyamanan.

Menyehatkan kulit dan rambut

Kita tahu bahwa antioksidan mendukung kesehatan kulit. Selain hal tersebut, antioksidan dalam lengkuas juga dapat menenangkan eksim, luka bakar dan gatal, dan infeksi jamur. Dengan dosis vitamin C yang sehat, lengkuas juga membantu peremajaan kulit. Antioksidan ini juga dapat membantu dalam melawan garis dan kerutan, meningkatkan elastisitas kulit dan banyak lagi. Dalam pengobatan tradisional, lengkuas digunakan untuk menenangkan dan mempercepat luka bakar.

Lengkuas adalah pembangkit tenaga antioksidan, asam lemak, vitamin, dan mineral. Bahkan memiliki sifat antiseptik yang berarti Anda memiliki solusi lengkap untuk segala hal mulai dari kulit kepala kering, ketombe, penipisan rambut, ujung bercabang, dan banyak lagi. Jus lengkuas (atau masker) dapat berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.

Mencegah flu dan penyakit infeksi lain

Minyak esensial yang keluar dari lengkuas pada proses memasak dapat melawan berbagai mikroorganisme. Dengan demikian, lengkuas dapat memperpanjang jangka waktu simpan makanan tertentu. Selain itu, menambahkan lengkuas segar ke dalam resep Anda dapat mengurangi risiko vibriosis, infeksi yang disebabkan oleh makan kerang yang kurang matang. Selanjutnya, penelitian juga menunjukkan bahwa lengkuas dapat membunuh bakteri berbahaya, termasuk E. coli, Staphyloccocus aureus, dan Salmonella Typhi, meskipun efektivitasnya tampaknya bervariasi di antara penelitian. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akar lengkuas dapat melindungi terhadap jamur, ragi, dan parasit.

Lengkuas telah digunakan selama ribuan tahun sebagai pengobatan alami untuk pilek, batuk dan sakit tenggorokan di seluruh Asia. Teh lengkuas membantu melegakan pernapasan dan mengencerkan dahak berkat sifat ekspektorannya. Efek antispasmodik dari rempah-rempah mengurangi dahak, serta melebarkan jalur napas. Ekstrak lengkuas juga membantu mengendalikan dan menenangkan asma dan sindrom gangguan pernapasan akut berkat efek anti-inflamasinya.

Menjaga kesehatan saluran cerna

Lengkuas terdiri dari serat makanan berharga yang memastikan pergerakan usus yang tepat saat menelan makanan berat. Hal ini penting untuk secara efisien meredakan kondisi usus seperti sembelit dan gangguan pencernaan. Terdapat 2 gram dalam 100 gram lengkuas, hal ini mendukung kesehatan usus dan keteraturan usus yang baik. Lengkuas juga mengurangi sekresi asam ludah dan pencernaan sehingga menenangkan saluran pencernaan.

Baca juga: Manfaat Lengkuas untuk Kulit dan Kecantikan Wajah

 

Sumber:

Tungmunnithum D, Tanaka N, Uehara A, Iwashina T. Flavonoids Profile, Taxonomic Data, History of Cosmetic Uses, Anti-Oxidant and Anti-Aging Potential of Alpinia galanga (L.) Willd. Cosmetics. 2020;7(4):89.

International Journal of Pharmaceutical Sciences and Research. 2018;9(11).

Ahlina F, Nugraheni N, Salsabila I, Haryanti S, Da’i M, Meiyanto E. Revealing the Reversal Effect of Galangal (Alpinia galanga L.) Extract Against Oxidative Stress in Metastatic Breast Cancer Cells and Normal Fibroblast Cells Intended as a Co- Chemotherapeutic and Anti-Ageing Agent. Asian Pacific Journal of Cancer Prevention. 2020;21(1):107-117.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :