Beranda > Artikel > Manfaat Lengkuas untuk Kulit dan Kecantikan Wajah

Manfaat Lengkuas untuk Kulit dan Kecantikan Wajah

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

Lengkuas adalah rempah-rempah asli Asia Selatan yang terkait erat dengan jahe dan kunyit dan telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama berabad-abad. Secara ilmiah tanaman ini disebut Alpinia galanga dan menjadi rempah-rempah dengan rasa luar biasa yang sering digunakan pada masakan khas negara-negara Asia Selatan seperti Cina, India, Indonesia. Hampir semua bagian tanaman lengkuas, seperti biji, minyak, dan ramuannya sendiri, digunakan dalam pengobatan tradisional. Sampai hari ini, lengkuas diimpor ke berbagai negara karena rasanya yang nikmat serta khasiatnya yang banyak. Bumbu masak yang berkalori rendah ini memiliki segudang manfaat yang dapat berguna bagi kecantikan Anda sebagai berikut:

Mencegah penuaan dini

Radikal bebas yang terdapat dalam polusi, zat sisa metabolisme sel, serta zat kimia lain yang terpapar pada kulit Anda dapat menyebabkan kulit tampak kusam dan berkerut akibat kematian sel yang terjadi. Kadar antioksidan yang didapat dari lengkuas sangat bermanfaat untuk untuk mencegah radikal bebas untuk masuk ke kulit Anda yang kemudian akan mengurangi kerutan serta mencegah penuaan dini. Antioksidan yang tinggi dari lengkuas diciptakan oleh zat galagin serta vitamin C yang terkandung sebanyak 73% dalam lengkuas. Hal tersebut yang menjadi dasar beberapa industri kosmetik menggunakan ekstrak lengkuas dalam upaya menciptakan formula anti-aging. Vitamin serta mineral lainnya juga dapat membantu dalam menghaluskan dan menjaga kelembapan kulit bila digunakan secara teratur dan benar.

Baca juga: 10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

 

Mengobati eksim dan infeksi kulit lainnya

Selain membantu menangkal penuaan dini, kekuatan anti-inflamasi lengkuas terikat untuk menenangkan peradangan di seluruh tubuh. Gingerol dalam lengkuas merupakan anti-inflamasi yang berperan dalam menghambat sintesis hormon-hormon pemicu inflamasi dari berbagai sebab. Minyak esensial yang terkandung (0,07 – 0,10% pada daun; 0,17 – 0,25% pada rimpang, dan 0,25 – 0,28% pada akar) dalam rempah ini juga perlu mendapat perhatian khusus. Zat ini terkait dengan fungsi meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi. Hal tersebut membuat lengkuas juga  dapat menenangkan eksim, luka bakar dan gatal, dan infeksi jamur.

 

Mencegah dan mengurangi jerawat

Jika Anda memiliki masalah dengan jerawat, lengkuas bisa menjadi obat rumahan untuk menghilangkan jerawat dan flek hitam. Minum jus lengkuas atau menggosokkan daging lengkuas pada kulit secara perlahan dapat mengurangi jerawat dan kulit kusam. Efek antiseptik yang kuat pada lengkuas yang berada di bawah kulit dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Dan bagian terbaiknya adalah, ia melakukannya tanpa mengiritasi kulit.

Pemakaian lengkuas dalam berbagai bentuk pada kulit sejauh ini memang terbukti aman. Namun penting untuk dicatat bahwa belum terdapat batasan konsumsi aman dari penelitian mengenai konsumsi lengkuas secara oral. Penelitian lebih lanjut diperlukan secara umum untuk menentukan berapa banyak lengkuas yang dapat dikonsumsi manusia dengan aman ketika mencoba menuai manfaat kesehatan ini dan menghindari potensi efek samping.

Informasi yang ada terbatas mengenai dosis yang aman atau potensi efek samping dari mengonsumsi lengkuas dalam jumlah yang lebih besar, seperti yang ditemukan dalam suplemen. Satu penelitian pada hewan mengamati bahwa dosis 909 mg per pon (2.000 mg per kg) berat badan mengakibatkan efek samping yang serius, termasuk penurunan tingkat energi, kurang nafsu makan, buang air kecil berlebihan, diare, koma, dan bahkan kematian. Efek samping ini tidak ada pada dosis yang jauh lebih kecil yaitu 136 mg per pon (300 mg per kg) berat badan. Obat herbal ini juga masih diragukan keamannnya bagi anak-anak dan ibu hamil.

Baca juga: Kenali Cara Menghilangkan Minyak Berlebih di Wajah Secara Alami dan Cepat

 

Sumber:

Made Sanjaya I, Ismono I, Taufikurohmah T, Pramudya Wardana A. Phytochemical Properties of Skin Care Cream Containing Essential Oil of Galangal. Proceedings of the Seminar Nasional Kimia – National Seminar on Chemistry (SNK 2018). 2018;.

Tungmunnithum D, Tanaka N, Uehara A, Iwashina T. Flavonoids Profile, Taxonomic Data, History of Cosmetic Uses, Anti-Oxidant and Anti-Aging Potential of Alpinia galanga (L.) Willd. Cosmetics. 2020;7(4):89.

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :