Beranda > Artikel > Ketahui Manfaat Mandi dengan Air Hangat

Ketahui Manfaat Mandi dengan Air Hangat

manfaat mandi dengan air hangat

Mandi merupakan suatu hal yang wajib dilakukan untuk mendapatkan hidup bersih dan sehat, serta terhindar dari berbagai macam penyakit. Ada kalanya seseorang ketika mandi, menggunakan air biasa dan ada pula yang menggunakan air hangat. Tetapi apakah ada manfaatnya? Dalam artikel ini mari kita ketahui bersama manfaat mandi dengan air hangat.

 

Apakah manfaat mandi?

Mandi merupakan salah satu agenda wajib yang setiap orang butuhkan setiap hari, baik sebelum memulai aktivitas di pagi hari, maupun saat setelah selesai beraktivitas di sore atau malam hari. Apakah ada manfaat selain untuk menjaga kebersihan? Jawabannya adalah ada. Ternyata masih ada banyak manfaat lain yang bisa Anda peroleh bila mandi, inilah manfaat lainnya:

1. Mandi dapat menghindarkan diri Anda terserang penyakit

Pada penelitian membuktikan bahwa dengan mandi, maka dapat mengurangi jumlah bakteri atau kuman yang menempel di kulit tubuh Anda. Bagi Anda yang memiliki luka di kulit, mandi dapat mengurangi risiko bakteri atau kuman masuk melalui celah-celah kulit yang terluka.

2. Meningkatkan konsentrasi

Bila Anda perhatikan dengan mandi kebanyakan orang akan menjadi segar dan meningkatkan konsentrasi orang tersebut.

3. Menjaga penampilan

Kenyamanan diri maupun orang lain menjadi suatu hal yang wajib. Dengan mandi yang rutin, maka penampilan Anda akan terjaga dan membuat orang lain turut nyaman dekat dengan Anda.

 

Bolehkah mandi terlalu sering?

Setiap tindakan yang dilakukan berlebihan pun juga tidak baik bagi seseorang. Salah satunya adalah mandi. Bila Anda mandi terlalu sering akan membuat kulit Anda rusak karena terlalu kering. Ditambah lagi busa sabun bisa menyebabkan iritasi pada kulit jika terlalu sering mengenai kulit. Selain itu kelenjar minyak akan mengalami kerusakan bila terlalu sering terkena sabun.

 

Berapa kalikah frekuensi mandi yang baik?

Mandi juga turut memperhatikan usia seseorang karena berbeda-beda rekomendasinya. Berikut ini adalah frekuensi mandi untuk masing-masing orang berdasarkan usianya:

1. Bayi

Memandikan anak bayi tidak perlu terlalu sering. Ketika bayi beranjak mulai memakan makanan padat dan mulai bisa merangkak, berjalan disinilah diperlukan mandi yang rutin.

Baca juga: Ikuti Tips dan Cara Memandikan Bayi dengan Benar Berikut Ini

2. Anak-anak

Pada kalangan anak-anak yang tinggal di lingkungan tropis, mandi sebisa mungkin satu – dua kali dalam sehari, karena pada lingkungan tropis, suhu udara terasa lebih panas sehingga bisa mencetuskan keringat dan mudah tertempel kotoran. Bila tidak dimandikan maka kotoran bisa menumpuk dan menjadi sumber penyakit.

3. Orangtua

Elastisitas dan penurunan jumlah kelenjar minyak membuat orangtua rentan mengalami kulit kering, jadi mereka cukup membasahkan kulit atau bisa dengan mempergunakan sabun bayi.

 

Manfaat mandi dengan air hangat

Ketika kulit bersentuhan dengan air hangat, maka dari otak akan mengeluarkan senyawa yang disebut endorphin. Salah satu hormonal yang memberikan rasa bahagia dan relaks. Selain itu dengan air hangat juga memperlancar aliran darah.

Pada suatu penelitian, mandi dengan air hangat juga merangsang produksi hormonal antiinflamasi yang tentu akan membuat tubuh seseorang menjadi tidak mudah terserang penyakit. Pada otot, mandi air hangat memberikan efek berupa melemaskan otot, mengurangi ketegangan otot. Ketika Anda sedang tertekan, otot-otot Anda akan berkontraksi dan akhirnya menimbulkan ketegangan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Texas, Amerika Serikat ternyata mandi dengan air hangat 90 menit (1,5 jam) sebelum tidur malam, dapat memberikan efek baik, berupa meningkatkan kualitas tidur seseorang. Air hangat mampu mengendurkan otot-otot yang tegang dan di penelitian tersebut bisa membantu seseorang untuk tertidur 10 menit lebih cepat dibandingkan waktu normal nya orang tersebut tidur.

Bagi orang yang sedang mengalami depresi dan tertekan, ternyata mandi dengan air hangat dapat membantu orang tersebut menjadi relaks dan tenang. Karena ternyata air hangat merangsang tubuh orang tersebut untuk memproduksi hormon endorphin dan noradrenalin yang menurunkan stress.

Mempunyai hidup yang sehat, bebas pikiran / stress merupakan mimpi setiap orang. Mandi dengan air hangat bisa membantu mengurangi rasa tertekan, rasa stress, dan menginduksi tubuh untuk relaks sehingga Anda dapat tidur dengan nyenyak. Namun dikarenakan masih terbatas penelitian yang dilakukan, oleh karena itu, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui saran yang terbaik, terkait pemanfaatan mandi dengan air hangat dan efek samping yang bisa terjadi bila paparannya terlalu lama.

Baca juga: Cara Melakukan Sauna yang Aman untuk Kesehatan

 

Daftar Pustaka

  1. 4 Reasons to Take a Bath. Cleveland Clinic. Diakses pada: 2022, 18 Maret. Dari: https://health.clevelandclinic.org/reasons-to-take-a-bath/
  2. Dresden D. What’s the best shower frequency? Medical News Today. Diakses pada: 2022, 18 Maret. Dari: https://www.medicalnewstoday.com/articles/324682
  3. Healthline Editorial Team. Having Trouble Sleeping? Try a Hot Bath Before Bed. Healthline. Diakses pada: 2022, 18 Maret. Dari: https://www.healthline.com/health-news/having-trouble-sleeping-try-a-hot-bath-before-bed

Bagikan ke orang terdekat anda

Baca juga :

We will contact you shortly

Thank you for contacting the Carevo team, our team will

immediately contact you with related topics